eprintid: 15561 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/61 datestamp: 2022-06-30 03:51:11 lastmod: 2022-06-30 03:51:11 status_changed: 2022-06-30 03:51:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Makbullah, Mawardi creators_name: Yatri, Ika creators_id: MawardiMakbullah.1a@gmail.com creators_id: ikayatri@uhamka.ac.id title: Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Map Terhadap Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan teknik Mind Map terhadap motivasi belajar IPS pada peserta didik Kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur pada semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi Product Moment sebanyak 28 soal pernyataan dengan keseluruhan soal yang valid. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan Alfa Cronbach memperoleh Rhitung 0,726 > Rtabel = 0,374, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Pada uji hipotesis dengan membandingkan perolehan skor rata-rata kondisi akhir kelas eksperimen adalah 102,17 dan kelas kontrol 88,03, maka dengan demikian hipotesis diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh teknik Mind Map terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik Mind Map terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A.M, Sardiman (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada. -------------------, (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada. A.S, Ridwan (2019). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rajagrafindo Persada. Buzan, T (2013). Buku Pintar Mind Map. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Darmadi, H (2017). Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa.Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama. Daryanto, & Karim, S (2017). Pembelajaran Abad 21.Yogyakarta: Gava Media. Gunawan, R (2016). Pendidikan IPS. Bandung: CV ALFABETA. J.P, Donni (2017). Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran.Bandung : CV PUSTAKA SETIA. Kurniasih, I (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajran. Kata Pena CV Solusi Distribusi Printrich, P.R (2012). Motivasi dalam Pendidikan.The University of nortfh carolina at Greensboro. Jakarta: PT Indeks. Saman, A &, Arifin, A (2018). Bimbingan dan Konseling Belajar.Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama. Sugiono, (2016). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV ALFABETA ----------, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV ALFABETA ----------, (2018). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: CV ALFABETA Supardan, D (2015). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : PT Bumi Aksara. Usman, dkk (2017). Konsep Dasar IPS. Palembang: Noerifki Offset Wardani, R (2017). Model-Model Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan. Monogiri: Triken Publisher Widiawati, E (2017). Metode dan Model Pembelajaran. Pati: CV Al Qalam Media Lestari citation: Makbullah, Mawardi dan Yatri, Ika (2020) Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Map Terhadap Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15561/1/FKIP_PGSD_1601025328_MAWARDI%20MAKBULLAH.pdf