%0 Thesis %9 Bachelor %A Makbullah, Mawardi %A Yatri, Ika %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:15561 %I Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka %T Pengaruh Penggunaan Teknik Mind Map Terhadap Motivasi Belajar IPS Peserta Didik Kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15561/ %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan teknik Mind Map terhadap motivasi belajar IPS pada peserta didik Kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur pada semester 1 tahun ajaran 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi Product Moment sebanyak 28 soal pernyataan dengan keseluruhan soal yang valid. Sedangkan pada uji realibilitas menggunakan Alfa Cronbach memperoleh Rhitung 0,726 > Rtabel = 0,374, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Pada uji hipotesis dengan membandingkan perolehan skor rata-rata kondisi akhir kelas eksperimen adalah 102,17 dan kelas kontrol 88,03, maka dengan demikian hipotesis diterima yang menyatakan bahwa adanya pengaruh teknik Mind Map terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan teknik Mind Map terhadap motivasi belajar IPS peserta didik kelas IV SDN Cijantung 03 Pagi Jakarta Timur.