eprintid: 15560 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/60 datestamp: 2022-06-30 03:46:32 lastmod: 2022-06-30 03:46:32 status_changed: 2022-06-30 03:46:32 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Rismanto, Diky creators_name: Purwanto, Sigid Edy creators_id: sigid@uhamka.ac.id title: Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Susukan 03 Pagi ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya penelitian eksperimen model pembelajaran problem based learning dengan hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri Susukan 03 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2019 – 2020. Sampel penelitian ini berjumlah 64 siswa. Teknik eksperimen yang digunakan adalah teknik non equivalent control group design. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biseral sebanyak 50 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 20 soal drop. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh rhitung > rtabel yaitu 0,916 > 0,361, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Pre-Test L0 < Lt yaitu 0,885 < 0,886 dan Post-Test L0 < Lt yaitu 0,862 < 0,886, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji Homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 0,053 < 1,84, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada hipotesis digunakan uji t-test diperoleh thitung < ttabel yaitu -1102,041 < 2,042. Dengan demikian H0 diterima dan H1 ditolak, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas V SDN Susukan 03 Pagi. Oleh karna itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Problem Based Learning terhadap hasil belajar matematika Siswa kelas V SDN Susukan 03 Pagi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A. Van De Walle Jhon. 2006. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jakarta : Erlangga. A.M Sardiman. 2011. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT Raja Grafindo Persada. Agus Suprijono.2013. Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Pelajar. Amir M. Taufiq. 2009. Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning . Jakarta. Amri Sofan & Iif Khoiru Ahmadi. 2010. Proses Pembelajaran Inovatif Dan Kreatif Dalam Kelas. Jakarta. Andesta Lia. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Matermatika Peserta Didik Di Kelas IV MIN 11 Bandar Lampung. Diakses pada tanggal 1 Februari 2020 pukul 11.22 WIB. Arikunto Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta. B. Uno Hamzah , dkk. 2012. Belajar Dengan Pendekatan PAIKEM. Jakarta. PT Bumi Aksara. _____. 2009. Mengelola Kecerdasan Dalam Pembelajaran. Jakarta. PT Bumi Aksara. Djamarah Syaiful Bahri. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. H. Idris Meity. 2014. Strategi Pembelajaran Yang Menyenangkan. Jakarta. PT Luxima Metro Media. Hamalik Oemar. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara. _____. 2015. Kurikulum dan Pembelajaran . Jakarta: Bumi Aksara. Heruman. 2010. Model Pembelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya. Jihad Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta. Multi Pressindo. Kasyadi Soeparlan, dkk. 2014. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Tanggerang. Pustaka Mandiri. Kosasih E.. 2014. Strategi Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. Margahayu Permai. Kurniasih Imas dan Berlin Sani. 2015. Ragam Pengembang Model Pembelajaran Untuk Peningkatkan Profesionalitas Guru. Katapena. Parwati Ni Nyoman, dkk. 2019. Belajar Dan Pembelajaran. Depok. Rajawali Pers. Riduan. 2009. Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta. Riyanto Yatim. 2009. Paradigma Baru Pembelajaran. Perputakaan Nasional. _____. 2014. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup. Rizema Putra Sitiatava. 2012. Berbagai Alat Bantu Untuk Memudahkan Belajar Matematika. Jogjakarta. Diva Press. Siregar Eveline. 2010. Teori Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta. Ghalia Indonesia. Sudjana Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT Remaja Rosdakarya. Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suprijono Agus. 2015. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada media Grup. Suseno Iman. 2013. Statistika Dalam Penelitian Pendidikan. Jakarta: UNINDRA Press. Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-progresif. Jakarta : Kencana. Wahyu Purnomo Yoppy. 2015. Pembelajaran Matematika Untuk PGSD. Jakarta : Erlangga. Wulandari Tri. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa kelas 5 SDN Naggulan. Diakses pada tanggal 23 Desember 2019 pukul 20.00 WIB. Yamin Maritis . 2013. Strategi Dan Metode Dalam Model Pembelajaran. Jakarta. Referensi (GP Press Grub) . citation: Rismanto, Diky dan Purwanto, Sigid Edy (2020) Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Susukan 03 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15560/1/FKIP_PGSD_1601025317_DICKY%20RISMANTO.pdf