eprintid: 15557 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/57 datestamp: 2022-06-30 03:41:40 lastmod: 2022-06-30 03:41:40 status_changed: 2022-06-30 03:41:40 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wijayanti, Nanik creators_name: Nurafni, Nurafni creators_id: nanikwijaya27@gmail.com creators_id: Nurafni@uhamka.ac.id title: Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pembagian Pecahan Berdasarkan Kecerdasan Emosional di SDN Dukuh 09 Pagi Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pemecahan masalah matematika materi pembagian pecahan siswa berdasarkan kecerdasan emosional siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Dukuh 09 Pagi Jakarta Timur pada semester II Tahun 2019-2020. Metode yang digunakan adalah Deskriptif. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes angket kecerdasan emosional, tes soal pembagian pecahan, dan wawancara terhadap dua siswa di kelas V. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes angket kecerdasan emosional yang terdiri dari 40 pernyataan. Hasil tes angket dihitung berdasarkan skor yang diperoleh siswa dan dikategorikan menjadi dua, yaitu kecerdasan emosional tinggi dan kecerdasan emosional rendah. Setelah mendapatkan hasil skor tertinggi dan terendah, siswa diberi tes soal materi pembagian pecahan setelah itu di wawancara sesuai dengan tes soal pembagian pecahan yang sudah dikerjakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pemecahan masalah yang digunakan siswa kelas V SDN Dukuh 09 Pagi Jakarta Timur dalam menyelesaikan soal materi pembagian pecahan, subjek KA mampu memahami masalah, mampu membuat rencana penyelesaian, mampu melaksanakan rencana, tidak mampu melihat kembali hasil yang sudah KA kerjakan. Ketika ditanya hasilnya KA kesulitan saat menjelaskan prosesnya, namun kebalikannya dengan subjek AA, subjek AA mampu memahami masalah, mampu membuat rencana penyelesaian, mampu melaksanakan rencana, mampu melihat kembali hasil yang sudah dikerjakan dan dapat menjelaskan dengan benar sesuai dengan langkahlangkah pemecahan masalah.Maka dapat disimpulkan bahwasannya tinggi atau rendahnya tingkat Kecerdasan Emosional anak tidak serta merta diikuti dengan kemampuan penyelesaian masalah yang baik dan benar yang meliputi langkah-langkah pemecahan masalah seperti : memahami masalah, membuat rencana penyelesaian, melaksanakan rencana, dan melihat kembali. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abdul, D., & Lidinillah, M. (2012). Model Disain Didaktis Pembagian Pecahan Berbasis Pendidikan Matematika Realistik. November, 978–979. Astuty, K. Y., & Wijayanti, P. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Dalam Menyelesaikan Soal Matematika PAda Materi Pecahan Di SDN Medokan Semampir I/259 Surabaya. MATHEdunesa, 3(2), 1–7. Azmi, Z., Nasution, A. A., & Wardayani, W. (2018). Memahami Penelitian Kualitatif dalam Akuntansi. Akuntabilitas, 11(1), 159–168. https://doi.org/10.15408/akt.v11i1.6338 Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151– 160. Fadhilaturrahmi. (2017). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Pada Materi Pecahan. Jurnal Basicedu, 1(1), 1–9. Fasha, A., Johar, R., & Ikhsan, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 53–64. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11995 Fatah, R. (2017). Mengelola Kecerdasan Emosi. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 198–213. Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 553–558. Julika, S., & Setiyawati, D. (2019). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(1), 50. https://doi.org/10.22146/gamajop.47966 Kurniasih, I., & Sani, B. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 Konsep dan Penerapan. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–162. Lulu Endar Wati, Yusmansyah, R. W. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Prestasi Belajar. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 3(3), 1–13. Muhsinin, M. A. (2016). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di SDN Sregat III Kabupaten Blitar. Nillas, L. (2003). Division of fractions: Preservice teachers’ understanding use of problem solving strategies. The Mathematics Educator, 7(2), 96–113. Polya, G. (1945). How to Solve It A New Aspect of Mathematical Method. In The Mathematical Gazette (Vol. 30, p. 181). https://doi.org/10.2307/3609122 Purnomo, Y. W. (2015). Pembelajaran Matematika untuk PGSD: Bagaimana Guru Mengembangkan Penalaran Proporsional Siswa. January 2015, 47. Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sd Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Model Diskursus Multy Representation (Dmr). EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 9(1), 35. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176 Said, A. N., & Rahmawati, D. (2018). PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, KECERDASAN EMOSIONAL DAN KECERDASAN SPIRITUAL TERHADAP SIKAP ETIS MAHASISWA AKUNTANSI (Studi Empiris Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Negeri Yogyakarta). Nominal, Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 7(1). https://doi.org/10.21831/nominal.v7i1.19357 Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Sugiyono, P. D. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270 Sumbodo, W. (2014). Journal of Mechanical Engineering Learning. 3(2), 115– 124. Tuminah, T. (2015). Menghasilkan produk modul Pembelajaran matematika pada materi pecahan untuk siswa kelas VII SMP/MTs. 2504, 1–9. Ufie, A., Kualitatif, P., Nugrahani, F., Parupalli, S. R., Nteli, A., Zafiri, M., Kolokytha, E., Loutrouki, S., Valsamidis, S., Florou, G., Nursalam, 2016, metode penelitian, Okada, Y., Sawaumi, T., Ito, T., Erasmus, N., Overwater, I. E., Parupalli, S. R., Miskam, N. N., Saidalvi, A., … Saebani. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. 信阳师范学院, 1(1), 32. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.758 wanna amalia. (2017). Menyelesaikan Masalah Pada Siswa Palembang Menyelesaikan Masalah Pada Siswa Sma Aisyiyah 1 Palembang. Wardani, A. W. (2018). PENERAPAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7, 1– 9. Wijayanti, A. E. (2019). Analisa Kesulitan Siswa Kelas Dua SDN Wonoplintahan II Dalam Pemecahan Masalah Pembagian Bilangan Dua Angka. Psikologi Perkembangan, October 2013, 1–224. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Wiyono, A., Anggo, M., & Kadir, K. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kendari. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 6(2), 113. https://doi.org/10.36709/jppm.v6i2.9121 Wulansari, K. R. (2014). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Remaja. citation: Wijayanti, Nanik dan Nurafni, Nurafni (2020) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Pembagian Pecahan Berdasarkan Kecerdasan Emosional di SDN Dukuh 09 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15557/1/FKIP_PGSD_1601025312_NANIK%20WIJAYANTI.pdf