eprintid: 15556 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/55/56 datestamp: 2022-06-30 03:38:17 lastmod: 2022-06-30 03:38:17 status_changed: 2022-06-30 03:38:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Choirunnisa, Ginatia Rifka creators_name: lismawati, lismawati creators_id: lismawati@uhamka.ac.id title: Pemetaan Struktur Pendidikan Agama Islam Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya Ulumuddin ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Pembelajaran Yang Baik Dan Efektif Dapat Mengembangkan Potensi Peserta Didik Untuk Selanjutnya Dapat Diterapkan Di Kehidupan Yang Sebenarnya. Teori Pembelajaran Menjadi Penting Saat Proses Pembelajaran Di Kelas Tidak Membuahkan Hasil Yang Diinginkan. Fokus Penelitian Dalam Skripsi Ini Adalah (1) Bagaimanakah Teori Pembelajaran Menurut Al-Ghazali, (2) Bagaimanakah Teori Pembelajaran Menurut Edwin Ray Guthrie, (3) Bagaimanakah Persamaan Dan Perbedaan Teori Pembelajaran Menurut Al-Ghazali Dan Edwin Ray Guthrie. Adapun Tujuan Peneliatan Ini Yakni (1) Agar Dapat Mengetahui Teori Pembelajaran Menurut Al-Ghazali (2) Agar Dapat Mengetahui Teori Pembelajaran Menurut Edwin Ray Guthrie (3) Agar Dapat Mengetahui Perbandingan Persamaan Dan Perbedaan Pemikiran Al-Ghazali Dan Edwin Ray Guthrie Tentang Teori Pembelajaran. Penelitian Ini Menggunakan Jenis Penelitian Kualitatif, Pengumpulan Data Menggunakan (Library Research), Dengan Mencari, Mengumpulkan, Membaca, Menyusun, Serta Menganalisis Buku-Buku Yang Sesuai Dengan Judul Skripsi “Teori Pembelajaran Menurut Al-Ghazali Dan Edwin Ray Guthrie”. Dengan Demikian, Pembahasan Dalam Skripsi Ini Dilakukan Berdasarkan Telaah Pustaka Serta Beberapa Tulisan Yang Terdapat Relevansi Dengan Objek Kajian Yang Diteliti. Berdasarkan Hasil Penelitian Skripsi Ini Adalah: Hasil Penelitian Ini Menunjukkan, Adanya Beberapa Persamaan Dan Perbedaan Antara Pemikiran Al- Ghazali Dan Edwin Ray Guthrie Tentang Teori Pembelajaran. Adapun Persamaan Dapat Dilihat Dari Pandangan Mereka Tentang Proses Pembelajaran Dan Tujuan Pembelajaran, Adapun Hasil Analisis Mengenai Perbedaan Pandangan Mereka Ada Pada Sistem, Metode Pembelajaran Dan Tujuan Pendidikan. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Kadir, Abdul. Dasar-dasar Pendidikan. (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2012) Baharuddin dan Makin, Muh. Pendidikan Humanistik. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2011) Soleh, Khudori. Skeptisme Al-Ghazali. (Malang: UIN Malang, 2009) Rusn, Abidin Ibnu. Pemikiran Al-Ghazali Tentang Pendidikan. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset, 2009) Suwito. Sejarah Sosial Pendidikan Islam. (Jakarta: Kencana, 2008) Soleh, Khudori. Wacana Baru Filsafat Islam. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2012) Frank, Griffel. Al-Ghazali‟s Philosophical Teology. (England: Oxford University Press, 2009) Ridjaluddin. Filsafat Pendidikan Islam. (Jakarta: Pusat Kajian Islam FAI Uhamka, 2009) Safroni,Ladzi. Al-Ghazali Berbicara Tentang Pendidikan Islam. (Malang: Aditya Media Publishing, 2013) Qayyum, Abdul. Surat-surat Al-Ghazali. (Bandung: MIZAN, 1985) Chamid, Nur. Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam. (Yogyakarta, Pustaka Pelajar, 2010) Ramayulis. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: Radar Jaya Offset Jakarta, 2015) Salim, Moh Haitami dan Syamsul Kurniawan. Studi Ilmu Pendidikan Islam. (Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2012) Ramayulis. Filsafat Pendidikan Islam. (Jakarta: Radar Jaya Offset Jakarta, 2015) Muhaimin. Paradigma Pendidikan Islam. (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012) Arifin, Muzayyin. Kapita Selekta Pendidikan Islam. (Jakarta: Bumi Aksara, 2014) Uhbiyati, Nur. Ilmu Pendidikan Islam. (Bandung: Pustaka Setia, 1998) Hawi, Akmal. Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013) Alavi, Ziauddin. Pemikiran pendidikan Islam pada abad Klasik dan Pertengahan. (Bandung: Percetakan Angkasa, 2003) Abdussalam, Suroso. Arah dan Asas Pendidikan Islam. (Jakarta: Elba Fitrah Mandiri Sejahterah, 2010) Gunawan, Heri. Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. (Bandung: Alfa Beta, 2012) Nizar, Samsul. Pendidikan Islam. (Jakarta: Kencana Prenada Media Grup, 2013) Fauzan. Kurikulum pendidikan Islam. (Aceh: Sefa Bumi Persada, 2013) Mujtahid. Reformulasi Pendidikan Islam. (Malang: UIN Malang Press, 2011) Muhaimin. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam . (Jakarta: Rajagrafindo Persada, 2014) Sisdiknas. eprints.dinus.ac.id/14666/1/uu_20-2003_sisdiknas.pdf http://eprints.dinus.ac.id/14666/1/uu_20-2003_sisdiknas.pdf (diakses 13 Juli 2017) Fathurrohman, Muhammad. Konsep pemikiran pendidikan Islam al-Ghazali dan al-Zarnuji. (Jakarta: SBMB Rumah Cinta Ilmu, 2017) Ashraf, Muhammad. The Book of Knowladge, Section 1, 2003 dari https://www.ghazali.org/works/bk1-sec-1.htm (diakses 13 Juli 2017) Anshori. Transformasi Pendidikan Islam. (Jakarta: Gaung Persada Press, 2010) Karim, Fazll ul. Revival of Religious learning Imam Ghazali‟s Ihya Ulumiddin. (Pakistan: Darul Ishaat urdu Bazar Karachi) https://archive.org/details/IhyaUlumAlDinVol1 (diakses 13 Juli 2017) Hamid, Moh Sholeh. Metode Edutainment. (Jogjakarta: Diva Press, 2011) Sudrajat, Akhmad. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran ,http://103.23.244.11/Direktori/FIP/JUR._PEND._LUAR_SEKOLAH/197012101998022-IIP_SARIPAH/Pengertian_Pendekatanx.pdf (diakses 17 Juli 2017) Daryanto. Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: Rineka Cipta, 2008) Sukardi. Evaluasi Pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara, 2011) Solihin, M. Muchlis. Pengembangan Evaluasi Pendidikan Agama Islam Berbasis Ranah Afektif, vol. 2, No. 1 (2007) dari http://www.ejournal.stainpamekasan.ac.id/index.php/tadris/article/v iew/210 (diakses 10 Juli 2017) Mulyadi. Evaluasi Pendidikan. (Malang: UIN Maliki Press, 2014) Arifin, Zainal. Evaluasi Pembelajaran. (Jakarta: Academia.edu, 2012) http://www.academia.edu/download/44822784/34-Evaluasi- Pembelajaran.pdf (diakses 10 juli 2017) Hamzah dan Satria Koni. Assesment Pembelajaran. (Jakarta: Bumi Aksara, 2012) Widoyoko, Eko Putro. Evaluasi Program Pembelajaran. (Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011) Hidayat, Kosadi dkk. Evaluasi Pendidikan dan Penerapanmua dalam Pengajaran Bahasa Indonesia. (Bandung: Alfabeta, 1994) Noor, Juliansyah. Metodelogi Penelitian. (Jakarta: Kharisma Putra Utama, 2015) Soewadji, Jusuf. Pengantar Metodelogi Penelitian. (Jakarta, Mitra Wacana Media, 2012) Nazir, Moh. Metode Penelitian. (Bogor: Ghalia Indonesia, 2014) Musfiqon. Panduan Lengkap Metodelogi Penelitian Pendidikan. (Jakarta: Prestasi Pustaka Raya, 2012) Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (mixed Methods). (Bandung: Alfabeta, 2013) Gunawan, Imam. Metode Penelitian Kualitatif. (Jakarta: Bumi Aksara, 2016) Al-Ghazali, Imam. Ihya Ulumuddin Vol. I, terj. Maulana Fazlul Karim. (New Delhi: Lohati Fine Art Press, 1982) Wikipedia, https://en.wikipedia.org/wiki/Kimiya-yi_sa%27%C4%81dat (diakses 18 Juli 2017) al-Ghazali, Imam. Ihya Ulumuddin, Terj. Purwanto (Bandung: Penerbit Marja’, 2006) al-Ghazali Imam. Ihya Ulumuddin Vol. IV, terj. Maulana Fazlul Karim, http://ghazali.org/books/ihya-v4.pdf, (diakses pada 29 Juli 2017) al-Ghazali, Imam. Ihya Ulumuddin Vol. IV, terj. Maulana Fazlul Karim. (New Delhi: Lohati Fine Art Press, 1982) citation: Choirunnisa, Ginatia Rifka dan lismawati, lismawati (2017) Pemetaan Struktur Pendidikan Agama Islam Menurut Imam Al-Ghazali Dalam Kitab Ihya Ulumuddin. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15556/1/FAI_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM_1307015018%20_GINATIA%20RIFKA%20CHOIRUNNISA.pdf