eprintid: 15552 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/55/52 datestamp: 2022-06-30 03:27:33 lastmod: 2022-06-30 03:27:33 status_changed: 2022-06-30 03:27:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setiawan, Edy creators_name: Muchlis, Sugiman title: Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas XI (Studi Kasus Di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan) ispublished: pub subjects: LB1603 subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Penelitian Ini Menggunakan Metode Kualitatif, Karena Ingin Mengetahui Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas XI (Studi Kasus Di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan). Tekhnik Pengumpulan Data Yaitu Triangulasi Dengan Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Dan Angket. Angket Disebar Kepada 75 Siswa Kelas XI SMA Cenderawsih 1 Jakarta Selatan. Hal Ini Dapat Dilihat Berdasarkan Hasil Angket Yaitu Bahwa Peranan Guru PAI Sebagai Motivator Sangat Penting Bagi Siswa Demi Meningkatan Akhlak Siswa Kelas XI Di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan Sudah Sesuai. Guru PAI Sebagai Educator, Leader, Fasilitator, Dan Motivator Terkait Dengan Ajaran Agama Islam Berperan Penting Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa. Peran Guru PAI Sebagai Motivator Siswa Kelas XI Yang Dapat Dilihat Dari Guru PAI Sebagai Pemimpin Dalam Kelas Sebesar 89%. Kemudian Guru PAI Bisa Membangkitkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Sebesar 83%. Lalu, Strategi Guru PAI Bisa Menumbuhkan Motivasi Siswa Kelas XI Sebesar 71%. Dalam Meningkatan Akhlak Siswa Kelas XI Yang Dapat Dilihat Dari Perbuatan Yang Berakhlakul Karimah Siswa Kelas XI Dapat Diterapkan Siswa Sebesar 80%. Kemudian Akhlak Salah Satu Ajaran Agama Islam Dapat Diterapkan Oleh Siswa Kelas XI Sebesar 63%. Lalu, Faktor Internal Dan Eksternal Dalam Pembentukan Akhlak Siswa Kelas XI Sebesar 89%.Selain Itu, Pergaulan Remaja Pada Saat Ini Sangat Membutuhkan Perhatian Dan Motivasi Khusus Dari Guru PAI Maupun Guru Lain Yang Berperan Sebagai Tenaga Pendidik. Orangtua Juga Berperan Penting Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Karena Faktor Lingkungan Juga Sangat Berperan Penting Dalam Peningkatan Akhlak Siswa. Peningkatan Akhlak Kelas XI Di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan Hasilnya Cukup Memuaskan Karena Pada Tahun Ini Siswa Tidak Ada Lagi Membolos Di Jam Pelajaran Berlangsung, Dan Tidak Ada Yang Berpakaian Ketat Khususnya Para Siswi Nya date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Al-Abrasy, Muhammad Al-Athiyah. Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam.Terj. Bustomi A. Ghoni dan Jauhar Bahri. Jakarta: Bulan Bintang, 1970. Asmani, Jamal Ma‟mur. Tips Menjadi Guru Inspiratif, kreatif, dan Inovatif . Diva Press, 2011 Daradjat, Zakiah. Dkk.IlmuPendidikan Islam. Jakarta: BumiAksara, 1996. Djatnika, Rachmat. Sistem Ethika Islami (AKHLAK MULIA). Surabaya: Pustaka Islami, 1985. Fathurrohman, Pupuh dan M Sobry Sutikno. Strategi Belajar Mengajar:Melalui Penanaman Konsep Umun dan Konsep Islami. Bandung: PT Refika Aditama, 2007. Idrus, Muhammad. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Yogyakarta: PT Gelora Aksara Pratama, 2009. Ilyas,Yunahar. Kuliah Akhlaq Cet. XI. Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam LPPI 2011. Isjoni.Guru Sebagai Motivator Perubahan. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2009. J. Moleong, Lexy. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995. Majid, Abdul dan Dian Andayani. Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006. Mc Ewan, Elaine K. Karakter Yang Harus Dimiliki Guru Yang Sangat Efektif. Jakarta: PT Indeks, 2014. Muhaimin, H. Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2014. Mujib, Abdul et.al..Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana, 2006. Mutholi‟ah. Konsep Diri Positif Penunjang Prestasi PAI Cet. I. Semarang: Gunung Jati, 2002. Nata, Abuddin. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam Cet. II. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2001. __________. Akhlak Tasawuf Cet XI. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2012. Pratiwi, Nur. Peran Guru Akidah Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa di MIN Jejeran Wonokromo Pleret Bantul. Yogyakarta, 2013. (Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan) Purwanto, Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung:PT Remaja Rosda Karya, 2011. Rayulis. Metodelogi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia,2010. Reid, Gavin. Memotivasi Siswa di Kelas: Gagasan dan Strateg. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media, 2009. Sardiman. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers, 2007. Sarosa, Samiaji. Penelitian Kualitatif Dasar-Dasar. Jakarta: Indeks, 2012. Shaleh, Abdul Rachman. Pendidikan Agama & Pembangunan Watak Bangsa. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada, 2005. Slameto. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta, 2010. Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2010. ________. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta, 2013. Syah, Muhibbin. Psiologi pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2013. Umar, Husein. Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi Kedua. Jakarta: Rajawali, 2013. Usman, Moh. Uzer. Menjadi Guru ProfesionaL. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2005. Windiyani, Tustiyana.Instrumen Untuk Menjaring Data Interval. Nominal, Ordinal Dan Data Tentang Kondisi, Keadaan, Hal Tertentu Dan Data Untuk Menjaring Variabel Kepribadian(Jurnal Pendidikan Dasar, ISSN 2086-7433, Vol.3; No.5. Universitas Pakuan Bogor, 2012. citation: Setiawan, Edy dan Muchlis, Sugiman (2017) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas XI (Studi Kasus Di SMA Cenderawasih 1 Jakarta Selatan). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15552/1/FAI_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM_1307015013%20_EDY%20SETIAWAN.pdf