eprintid: 15551 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/51 datestamp: 2022-06-30 03:28:25 lastmod: 2022-06-30 03:28:25 status_changed: 2022-06-30 03:28:25 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Febriharyani, Mila creators_name: Ali Sya'ban, Ali creators_id: milafebriharyanii@gmail.com creators_id: ali_syaban@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Bunyi Kelas IV SDN Pela Mampang 13 Pagi ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis mata pelajaran IPA materi bunyi kelas IV di SDN Pela Mampang 13 Pagi pada semester 1 tahun ajaran 2020-2021. Jenis penelitian ini adalah Pre-Experimental Designs dengan desain penelitian One Group Pretest-Postest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Nonprobability Sampling dengan teknik Sampling Jenuh. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas IV dan sampel yang digunakan ialah kelas IV berjumlah 32 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis (Pretest dan Postest). Pada uji validitas digunakan dengan analisis Bivariate Correlation Product Moment sebanyak 15 soal uraian dengan 13 soal valid dan 2 soal tidak valid. Pada uji reliabilitas menggunakan Cronbanch’s Alpha diperoleh nilai 0,843 maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Berdasarkan nilai pretest rata-rata sebesar 61,38 dan nilai postest rata-rat sebesar 78,25. Analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas Shapiro-Wilk nilai signifikasi pada pretest sebesar 0,096 sedangkan untuk postest terdapat nilai signifikasi sebesar 0,68 dengan signifikan > 0,05 maka data berdisribusi normal. Uji Homogenitas Levene nilai signifikasi sebesar 0,237 dengan signifikan > 0,05 maka homogen. Untuk uji hipotesis menggunakan metode Paired Sample T-test diperoleh Thitung yaitu sebesar 16,436 dengan df 30 rtabel diperoleh 2,042. Maka Thitung = 16,436 > Ttabel = 2,042. Kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak maka terdapat pengaruh model pembelajaran Quantum Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa mata pelajaran IPA materi bunyi kelas IV SDN Pela Mampang 13 Pagi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aisyah, S. (2015). Perkembangan Peserta Didik & Bimbingan Belajar. Deepublish. Alvian, D. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Ipa Pokok Bahasan Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanan Siswa Kelas Iv Sdn Kepatihan 06 Jember. Aquinas, J. I., Ambarita, A., Intan, P., Janah, N. U. R., & Tarigan, H. (2020). Pengaruh Model Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran Matematika Kelas V SDN. Jurnal Ilmiah Aquinas, 2, 187–207. Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Aris Shoimin. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Asih Widi Wisudawati, E. S. (2015). Metodologi Pembelajaran IPA. Bumi Aksara. Bobbi DePorter, M. R. & S. S.-N. (2014). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learnig di Ruang-Ruang Kelas. Kaifa. Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyenangkan. Ar-Ruzz Media. Fisher, A. (2017). Berpikir Kritis Sebuah Pengantar (G. Sagara (ed.)). Erlangga. Haryono. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21. Kepel Press. Hasbullah. (2013). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Rajawali Pers. Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187. Karim, D. & S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Gava Media. Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5), 175–179. Kuswana, W. S. (2011). Taksonomi Berpikir. PT Remaja Rosdakarya. Kuswana, W. S. (2012). Taksonomi Kognitif: Perkembangan Ragam Berpikir. PT Remaja Rosdakarya. Lestari, I. Z. & I. (2019). Berpikir Kritis Dalam Konteks Pembelajaran (Erminawati (ed.)). Erzatama Karya Abadi. Montolalu, C., & Langi, Y. (2018). Pengaruh Pelatihan Dasar Komputer dan Teknologi Informasi bagi Guru-Guru dengan Uji-T Berpasangan (Paired Sample T-Test). d’CARTESIAN, 7(1), 44. Ni Kt. Maha Putri Widiantari, I Md. Suarjana, N. K. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Dalam Pembelajaran Matematikan. e-Journal PGSD Universitas Penddikan Ganesha, 4(1). Oktaviani, M. A., & Notobroto, H. B. (2014). Perbandingan Tingkat Konsistensi Normalitas Distribusi Metode Kolmogorov-Smirnov, Lilliefors, Shapiro-Wilk, dan Skewness-Kurtosis. Jurnal Biometrika dan Kependudukan, 3(2), 127–135. Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers. Rusyana, A. (2014). Keterampilan Berpikir: Pedoman Praktis para Peneliti Keterampilan Berpikir. Ombak. Sugiyono. (2015). Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Suhada, I. (2017). Perkembangan Peserta Didik. PT Remaja Rosdakarya. Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Bumi Aksara. Yusandika, A. D. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 39–45. Zusette Ruslinda Wamiau*, Lusiawati Dewi, S. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Macromedia Flash Cs 6 Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Jurnal Pendidikan Sains, 7(2), 164–171. citation: Febriharyani, Mila dan Ali Sya'ban, Ali (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA Materi Bunyi Kelas IV SDN Pela Mampang 13 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15551/1/FKIP_PGSD_1601025305_MILA%20FEBRIHARYANI.pdf