eprintid: 15545 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/55/45 datestamp: 2022-06-30 03:04:06 lastmod: 2022-06-30 03:04:06 status_changed: 2022-06-30 03:04:06 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Adhawiah, Zakiah creators_name: Hariyati, Farida creators_name: Rohim, Syaiful creators_id: idha_004@yahoo.com title: Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Agama SLB Negeri 7 Jakarta Timur dengan Siwa Tunarungu dalam Pembelajaran Ibadah Shalat (SMALB-B) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: “Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Agama SLB Negeri 7 Jakarta Timur dengan Siwa Tunarungu dalam Pembelajaran Ibadah Shalat (SMALB-B). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Agama dan interaksi simbolik verbal dan nonverbal guru dengan siswa tunarungu dalam pembelajaran Ibadah Shalat. Peneliti Menggunakan Teori Interaksi Simbolik, Model Komunikasi Interaksional untuk melihat Pola komunikasi Antarpribadi yang di pakai oleh guru saat mengajar di kelas. Metode penelitian ini menggunakan paradigma kontruktivisme, pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, dan metode studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara mendalam dengan 10 informan kunci dan 2 informan pendukung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi yang guru sampaikan kepada murid yaitu jenis pola komunikasi antarpribadi guru agama memberikan edukasi dalam pembelajaran Ibadah Shalat dengan metode seperti membuka forum diskusi dan menanyakan satu persatu kepada para siswa apakah mereka memahami pelajaran yang guru ajarkan di kelas. Interaksi Simbolik seperti dalam proses pembelajaran guru menyampaikan isi materi pelajaran shalat dengan menggunakan abjad jari tangan kata perkata di eja dengan abjad jari tangan seperti R-U-K-U-K, bahasa isyarat seperti mempraktekkan gerakan-gerakan dalam shalat dan menggunakan bahasa oral (lisan) seperti mengucapkan bacaan-bacaan shalat dengan gerak bibir kemudian siswa membaca gerak bibir yang guru ucapkan. Kontribusi penelitian ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai pola komunikasi antarpribadi dan interaksi simbolik dari bahasa verbal dan nonverbal yang disampaikan guru dengan murid yang berkebutuhan khusus (tunarungu) serta mengefektifkan praktek komunikasi antarpribadi dalam proses pembelajaran ibadah shalat di kelas. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Anugrah, Dadan & Kresnowiati Winny. 2007. Komunikasi antar budaya. Jakarta: Jala Permata. Budyatna, Muhammad & Leila Ganiem. 2011. Teori Komunikasi Antarpribadi. Jakarta: Kencana. Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana. Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Efendi, Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: PT Bumi Aksara. Effendi, Onong Uchjana. 2003. Ilmu Teori Dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. Endraswara, Suwardi. 2006. Penelitian Kebudayaan ideologi epistimologi aplikasi. Yogyakarta: Pustaka Widyatama. Gassing, S Syarifuddin & Suryanto. 2016. Public Relations. Yogyakarta: Andi Gunawan, Imam. 2016. Metode Penelitian Kualitatif Teori Dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara. Husnan, Djaelani & Hasan Shaleh. 1997. Kuliah Ibadah. Jakarta: IKIP Muhammadiyah Jakarta. Ishar, Abang. 2016. Sejarah Kesultanan Melayu Sanggau. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. Jahja, Yudrik. 2011. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana. Kriyantono, Rachmat. 2014. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Liliweri, Alo. 2015. Komunikasi Antar-Personal. Jakarta: Kencana. Moleong, J Lexy. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Mulyana, Deddy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi Dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. ____________. 2008. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurudin. 2004. Sistem Komunikasi Indonesia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. Riswandi. 2009. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Santoso, Edi & Mite Setiansah. 2010. Teori Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu. Syarifuddin, Amir. 2003. Garis-Garis Besar Fiqh. Jakarta: Kencana. Yususf, M Pawit.2010. Komunikasi Instruksional Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara. Widiasworo, Erwin. 2017. Inovasi Pembelajaran: Berbasis Life Skill & Enterpreneurship. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Widjaja. 2010. Komunikasi: Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bumi Aksara. Sumber internet http://e-journal.ilkom.fisip-unmul.ac.id. Amrin Tegar Siregar. 2015. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman. https//e-journal.iainsalatiga.ac.id. Imam Subqi. 2016. Fakultas Dakwah dan Komunikasi IAIN Salatiga. http;//repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle. M.Syaghilul Khoir. Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Pertunjukkan Imam Sholat Dan Tafsir Politik Agama. Syaiful Rohim, 2017. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas HAMKA Jakarta. https:// www.google.co.id/gerakan bahasa isyarat Yadinayayogyakarta. https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://uicihss.uhamka.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/7-POLA-PENYIMPANGAN-PERILAKU.pdf&ved=2ahUKEwjaxNefjtjdAhVLr48KHTVxDy0QFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw2F4qDKw9wMV4g5X2kUPvOv http://jipd.uhamka.ac.id/index.php/jipd/article/view/50/21 citation: Adhawiah, Zakiah dan Hariyati, Farida dan Rohim, Syaiful (2018) Pola Komunikasi Antarpribadi Guru Agama SLB Negeri 7 Jakarta Timur dengan Siwa Tunarungu dalam Pembelajaran Ibadah Shalat (SMALB-B). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15545/1/FISIP_ILKOM_ZAKIAH%20ADHAWIAH_1406015129.pdf