eprintid: 15543 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/43 datestamp: 2022-06-30 03:20:55 lastmod: 2022-06-30 03:20:55 status_changed: 2022-06-30 03:20:55 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sevtiawanti, Feni Ade creators_name: safrul, Kodri creators_id: feniade1997@gmail.com creators_id: ksafrul@yahoo.co.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara pada semester I 2020/2021. Penelitian ini menguunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen. Populasi ini berjumlah 60 siswa. Sedangkan Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan menetapkan jumlah sampel yang akan diambil. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Pada uji validitas menggunakan pilihan ganda dengan menggunakan korelasi point biserial dari sebanyak 40 butir soal pilihan ganda dengan 30 butir soal pilihan ganda yang valid, dan 10 butir drop/tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus K-R20. Perhitungan uji normalitas (Liliefors) model Make a Match dapat disimpulkan hasil pengujian normalitas pada hasil belajar IPS adalah Lhitung = 0,1333 < Ltabel = 0,161 yang artinya variabel X dan Y tersebut memiliki data yang berdistribusi normal. Kemudian perhitungan hasil uji homogenitas (uji fisher) model Make a Match terhadap hasil belajar siswa dari hasil pengujian diperoleh Fhitung = 1,59 dan Ftabel= 1,86 dengan taraf signifikansinya α = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Fhitung < Ftabel = (1,59 < 1,86) maka dapat disimpulkan bahwa data penelitisn variabel X dan Y tersebut homogen. Pada uji hipotesis menggunakan uji t, didapat Thitung = 13,6203 > Ttabel = 2,0021 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan terdapat pengaruh dari Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDN Pluit 03 Pagi date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmadi, Khoiru, Iif, Sofan Amri. 2011. Mengembangkan Pembelajaran IPS Terpadu. Jakarta : Prestasi Pustaka. Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta. Asmani, Ma’mur, Jamal . 2016. Tips Efektif Cooperative Learning. Yogyakarta : Diva Press. Djamarah, Bahri, Syaiful, Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta. Gunawan, Rudy. 2013. Pendidikan IPS Filosofi, Konsep dan Aplikasi. Bandung : Alfabeta. B. Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung : Alfabeta. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia. Jihad, Asep, Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo. Mursitho, Joko. 2011. Mengajar Dengan Sukses Menciptakan Suasana Riang Gembira di Kelas. Jakarta : Pustaka Tunasmedia. Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Saefudin, Asis, H. 2014. Pembelajaran Efektif. Bandung : Rosda Karya. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media. Susanto. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran (ke-1). Prenadamedia Group. Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung, Alfabeta. Supardan, Dadang. 2015. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta : Bumi Aksara. Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Suprijono, Agus. 2016. Model-model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta : Pustaka Pelajar. Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group. Yuliantini, Pendidikan Guru, J., & Dasar, S. (n.d.). pengaruh make a match berbantuan kartu teka teki terhadap hasil belajar ips siswa kelas iv. In Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD (Vol. 5, Issue 2). Undang Undang Republik Indonesia. (2003). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 citation: Sevtiawanti, Feni Ade dan safrul, Kodri (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15543/1/FKIP_PGSD_1601025302_FENI%20ADE%20SEVTIAWANTI.pdf