TY - THES AV - public PB - Universitas Muhammadiyah Prof DR.Hamka UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15543/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara pada semester I 2020/2021. Penelitian ini menguunakan metode kuantitatif dengan pendekatan Quasi Eksperimen. Populasi ini berjumlah 60 siswa. Sedangkan Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan menetapkan jumlah sampel yang akan diambil. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 30 siswa. Pada uji validitas menggunakan pilihan ganda dengan menggunakan korelasi point biserial dari sebanyak 40 butir soal pilihan ganda dengan 30 butir soal pilihan ganda yang valid, dan 10 butir drop/tidak valid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus K-R20. Perhitungan uji normalitas (Liliefors) model Make a Match dapat disimpulkan hasil pengujian normalitas pada hasil belajar IPS adalah Lhitung = 0,1333 < Ltabel = 0,161 yang artinya variabel X dan Y tersebut memiliki data yang berdistribusi normal. Kemudian perhitungan hasil uji homogenitas (uji fisher) model Make a Match terhadap hasil belajar siswa dari hasil pengujian diperoleh Fhitung = 1,59 dan Ftabel= 1,86 dengan taraf signifikansinya ? = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan Fhitung < Ftabel = (1,59 < 1,86) maka dapat disimpulkan bahwa data penelitisn variabel X dan Y tersebut homogen. Pada uji hipotesis menggunakan uji t, didapat Thitung = 13,6203 > Ttabel = 2,0021 dengan taraf signifikan 0,05. Hal ini menunjukan bahwa Ho ditolak dan terdapat pengaruh dari Model Make a Match Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa SDN Pluit 03 Pagi TI - Pengaruh Model Pembelajaran Make a Match Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDN Pluit 03 Pagi Jakarta Utara Y1 - 2020/// ID - repository15543 M1 - bachelor A1 - Sevtiawanti, Feni Ade A1 - safrul, Kodri ER -