eprintid: 15542 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/55/42 datestamp: 2022-06-30 02:54:07 lastmod: 2022-06-30 02:54:07 status_changed: 2022-06-30 02:54:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Alfid, Wahyu creators_name: Ramadhan, Said creators_name: Wahdiyati, Dini creators_id: diniwahdiyati@uhamka.ac.id title: Representasi Maskulinitas Pria Dalam Iklan-Iklan Djarum Black Cappuchino Di Media Massa (Analisis Semiotika Roland Barthes) ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Maskulinitas di umpamakan seperti sekeping mata uang dalam berbagai macam iklan-iklan rokok, karna iklan rokok menuju pada sisi emosi dan kesamaan. Produk rokok selalu di asumsikan dengan nilai–nilai kejantanan, pemberani, petualang dan kesuksesan. Di zaman modern ini Makna denotatif dan konotatif maskulinitas pria yang direpresentasikan dan maskulinitas pria dimitoskan serta praktik ideology yang mempengaruhi iklan-iklan Djarum Black Cappuchino dengan mengunakan analisis semiotika Roland Barthes untuk membongkar makna denotative, konotatif, mitos dan ideology dalam iklan rokok peneliti ini melihat tampilan iklan rokok merupakan sebuah wacana yang mengandung banyak makna di dalamnya pada iklan- iklan Djarum Black Cappucino dari ke tiga versi, perfect ingridients, anti tumpah, kopi in stik, karena berbeda dengan iklan rokok yang lainya iklan rokok ini lebih memberikan pesan bahwa rokok Djarum Black Cappucino sama dengan segelas kopi Cappucino, iklan ini juga mau mengubah kopi mejadi rokok dalam arti di zaman yang modern ini cara menikmati kopi tidak harus diseduh dengan air panas, tidak perlu di gelas, bisa sambil jalan, bisa dimasukan kedalam saku baju dan anti tumpah adalah mengarah kepada rokok Djarum Black Cappucino yang mempunyai aroma serta rasa seperti kopi Cappucino. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elvinaro, & Lukiati Komala Erdinaya, 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Bungin, B. 2001. Imaji Media Massa: Konstruksi dan Makna Realitas Sosial Iklan Televisi dalam Masyarakat Kapitalistik. Yogyakarta: Jendela. Eriyanto. 2008. Analisis Framing Kontruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: PT LKiS Printing Cemerlang. Eriyanto. 2001. Analisis Wacana : Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKis. Fiske, John. 2004. Cultural and Communication Studies: Sebuah Pengantar Paling Komperensif, Alih Bahasa: Yosal Iriantara dan Idi Subandy Ibrahim. Yogyakarta dan Bandung: Jalasutra. Hardt, H. 1992. Critical Communication Studies : Sebuah Pengantar Komprehensif Sejarah Perjumpaan Tradisi Kritis Eropa dan Tradisi Pragmatis Amerika. Yogyakarta: Jalasutra. Kountur, Ronny. 2003. Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta : PPM, Anggota Ikapi. Kriyantono, Rachmat.2010. Teknik Praktis Riset Komunikasi : Disertai Contoh PraktisRiset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta : Prenada Media Grup. McQuail,1987, Teori Komunikasi Massa ed.2, Jakarta : Erlangga Morissan.2005. Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Tanggerang : Ramdina Prakarsa. Madjadikara, Agus S. 2005. Bagaimana Biro Iklan Memproduksi Iklan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. Morisan. 2007. Periklanan dan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Tanggerang: Ramadina Prakarsa Poerwandari, K. 2007. Pendekatan kualitatif dalam penelitian psikologi. Jakarta: PSP3 Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Rakhmat, Jalaluddin. 2007. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya. Suparno, P. (1997). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta : Kanisius. Sari, Ari Tris Ochtia, Ramdhani, Neila dan Eliza, Mira. 2003. Empati dan Perilaku Merokok di Tempat Umum. Jurnal Psikologi Yin, Robert K. 2004. Studi Kasus, Desain dan Metode. Jakarta: Raja Grafindo. Vardiansyah Dani. 2008. FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI SUATU PENGANTAR. Jakarta: PT INDEKS. Skripsi: Siti Nur Cholifah. 2010. Maskulinitas Laki-Laki dalam Rubrik Man Manual pada Majalah Perempuan Cosmopolitan Indonesia (Analisis Semiotika Roland Barthes). ). Jakata: UHAMKA. Yaser Dwi Yasa. 2012. Representasi kebebasan pers mahasiswa dalam film Lentera Merah. Jakata: UHAMKA Faryzhki Mawardi. 2005. Wisudawan Monyet dalam Iklan Analisis Semiotika Visual Roland Barthes terhadap iklan layanan masyarakat versi wisuda monyet di televisi. Jakata: UHAMKA Adrrian Syam, Lutfi. 2016. Konstruksi Peran Muslimah Dalam Membangun Toleransi Beragama Pada Tayanga Features (Analisis Isi Kualitatif Terhadap Program “Buku Harian Muslimah” Di RTV). Jakata: UHAMKA. Nuryani, City. 2012. Analisis Isi Kualitatif Mengenai Realitas Prostitusi di Ibukota Jakarta dalam Film The Sexy City. Jakarta: UHAMKA. Sartika, Forestya. 2015. Konstruksi Balas Dendam Perempuan Terhadap Laki-laki dalam Film Nakalnya Anak Muda (Analisis Isi Kualitatif). Jakarta: UHAMKA. Rohmah, Ainur. 2013. Konstruksi Pesan Motivasi Dalam Film Negeri 5 Menara (Analisis Semiotik Model Roland Barthes). Surabaya: Uin Sunan Ampel. Johansen Sinaga, Holmes. 2012. Analisis Isi Pesan Nilai Sosial Dalam Iklan Pepsodent Di Televisi. Medan: Universitas Sumatera Utara. Referensi Website : https://profil.merdeka.com/indonesia/m/muhammad-mahendradatta/ Diakses pada tanggal 20 Februari 2017 Pukul 09:20 http://republikpos.com/2015/12/profil-yusuf-mansur-dan-cerita-hidupnya Diakses pada tanggal 20 Februari 2017 Pukul 10:05 http://elfitaharefaku.blogspot.co.id/2016/05/contoh-makalah-diskriminasi.html?m=1, Diakses pada tanggal 13 Maret 2017 Pukul 16:40 https://generusjaktim2.wordpress.com/hukum/dalil-bersyukur-dan-niat-karena-alloh/ Diakses pada tanggal 12 Dec 2017 Pukul 12:24 https://kbbi.web.id/otonomi Diakses pada tanggal 12 Dec 2017 Pukul 12:27 https://www.youtube.com/watch?v=lu81mY96wEE Diakses pada tanggal 12 Dec 2017 Pukul 12:40 https://www.google.com/search?q=kamus+inggris+indonesia Diakses pada tanggal 12 Dec 2017 Pukul 13:11 citation: Alfid, Wahyu dan Ramadhan, Said dan Wahdiyati, Dini (2017) Representasi Maskulinitas Pria Dalam Iklan-Iklan Djarum Black Cappuchino Di Media Massa (Analisis Semiotika Roland Barthes). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15542/1/FISIP_ILKOM_WAHYU%20ALFID_1306015113.pdf