eprintid: 15541 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/41 datestamp: 2022-06-30 02:51:59 lastmod: 2022-06-30 02:51:59 status_changed: 2022-06-30 02:51:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Anggraeni, Astriyani Nur creators_name: Mayarni, Mayarni creators_id: astriyaninura@gmail.com creators_id: mayarni@uhamka.ac.id title: Persepsi Siswa Terhadap Model Pembelajaran Hypnoteaching Mata Pelajaran IPA di Abad 21 Kelas IV SDN Cipedak 03 Jakarta Selatan ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Persepsi merupakan hasil dari pemikiran individu, persepsi muncul ketika seseorang dihadapkan pada suatu objek. Penelitian ini dilakukan dalam mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran hypnoteaching. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil persepsi siswa dari penerapan model pembelajaran hypnoteaching pada mata pelajaran IPA materi bunyi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar. Dilakukan di kelas IV A dengan jumlah 30 siswa SDN Cipedak 03. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif yang berisi hasil dari angket yang diisi oleh siswa. Hasil penelitian yang dilakukan adalah terlihat ada korelasi antara persepsi siswa dengan penerapan model pembelajaran hypnoteaching dengan uji analisis data didapat korelasi sebesar 0,372, yang kemudian dilanjutkan dengan uji t dengan didapatkan Thitung > Ttabel, yakni 2,119 > 2,048 ini berarti ada korelasi yang signifikan antara penerapan model pembelajaran hypnoteacing dengan persepsi siswa. Sedangkan dengan deksripsi data angket, terlihat garis besar siswa setuju dengan penerapan model pembelajaran hypnoteaching di Abad 21 ini khususnya dimasa pandemi ini. Penerapan model pembelajaran hypnoteaching dalam mata pelajaran IPA kelas IV SDN Cipedak memperlihatkan adanya persepsi yang berbeda saat menggunakan model pembelajaran hypnoteaching dengan tanpa menggunakan model pembelajaran hypnoteaching. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: A’irin, N. (2018). Pembelajaran IPA Abad 21. CV. Intishar Publishing. Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. In Perpustakaan Nasional Katalog Dalam Terbitan (KDT) (Vol. 392, Issue 2). https://doi.org/10.1007/s00423-006-0143-4 Al - Tabany, T. I. B. (2014). Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenadamedia Group. Benny, P. (2017). Media & Teknologi dalam Pembelajaran. KENCANA. Chairunnisa. (2011). Persepsi Siswa Terhadap Metode Pembelajaran Guru Dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Di Smk Al-Hidayah Ciputat. 98. Daryanto, & Syaiful, K. (2017). Pembelajaran Abad 21. PENERBIT GAVA MEDIA. Haryono. (2019). Pembelajaran IPA Abad 21. Kepel Press. Huda, M. (2014). Model - Model Pengajaran dan Pembelajaran. Pustaka Pelajar. Ichsan, S. (2015). Hypnosis For Student. Mizan Media Utama. Jaw, H. (2014). Lembar Validasi Lks. In Academia. https://www.google.com/search?rlz=1C1GGRV_enID784ID784&sxsrf=ALeKk006WfMrGRwN_JYYzT1umzdxCyL8Ug%3A1589182229800&ei=Ff-4Xs6xMJu7rQGdnITwDA&q=jaw+haryacademia&oq=jaw+haryacademia&gs_lcp=CgZwc3ktYWIQAzIHCCEQChCgAToECAAQRzoFCCEQoAE6BQgAEM0CUOkzWIxFYOpGaABwAXg Julianti, M. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Hypnoteaching Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Agama Islam Di Kelas VII SMP Kartika II-2 Bandar Lampung. 2(September). Kamelta, E. (2013). Pemanfaatan Internet Oleh Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. CIived, 1(2), 142–146. Laksana, D. N. L. (2016). Miskonsepsi dalam materi ipa sekolah dasar. 5(2), 166–175. Martha, Z. D., Adi, E. P., & Soepriyanto, Y. (2018). E-book berbasis Mobile learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 109–114. Nurkholis. (2013). Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Indonesian. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24–44. file:///C:/Users/Diana/Downloads/530-Article Text-1025-1-10-20160318.pdf Nuryadi, & Rahmawati, P. (2018). Persepsi siswa tentang penerapan model pembelajaran berbasis proyek ditinjau dari kreativitas dan hasil belajar siswa. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 3(1), 53–62. Pinaryo. (2016). Persepsi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo Terhadap Program Kewirausahaan Mahasiswa. Aristo, 2(2), 53. https://doi.org/10.24269/ars.v2i2.22 Salami. (2017). Hypnotic Teacher Dan Hypnoteaching. III(1), 34–44. Sisdiknas. (2003). Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. 1, 147–173. Sudrajat, A. (2003). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. 1. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian (pp. 93–142). Sulastri, Y. L., & Hakim, L. L. (2014). Pembelajaran Berbasis Mobile. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 19(2), 173. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v19i2.458 Sunanih. (2018). Unsur-unsur Metode Hypnoteaching. 3, 247–253. Sutrisman, D. (2018). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, Dan Mahasiswa (Guepedia (ed.); 1st ed.). Guepedia. Syaodih, E., Hartati, T., Handayani, H., & Deswari, N. (2015). Membangun Imajinasi dan Kreativitas Anak Melalui Literasi (E. Syaodih, T. Hartati, H. Handayani, & N. Deswari (eds.)). Tarmiji, Basyah, M. N., & Yunus, M. (2011). Persepsi Siswa Terhadap Kesiapan Guru Dalam Proses PEmbelajaran. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah, 1(1), 182–184. Tri Handoko, Imam Tahyudin, E. S. (2011). Aplikasi Mobile Learning Tutorial Pengkabelan dalam Mata Kuliah Jaringan Komputer II di STMIK AMIKOM Purwokerto. Jurnal Telematika, 4(1), 25–35. Widi, W. A., & Eka, S. (2014). Metodologi Pemebelajaran IPA. PT Bumi Aksara. Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match Untuk Pembelajaran Ipa Yang Menyenangkan. TAMAN CENDEKIA: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 1(1), 52. https://doi.org/10.30738/tc.v1i1.1579 Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592 Yustisia. (2012). HYPNOTEACHING : Seni Ajar Mengeksplorasi Otak Peserta Didik. AR-RUZZ MEDIA. Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan (Edisi Pert). citation: Anggraeni, Astriyani Nur dan Mayarni, Mayarni (2020) Persepsi Siswa Terhadap Model Pembelajaran Hypnoteaching Mata Pelajaran IPA di Abad 21 Kelas IV SDN Cipedak 03 Jakarta Selatan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15541/1/FKIP_PGSD_1601025301_ASTRIYANI%20NUR%20ANGGRAENI.pdf