eprintid: 15540 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/40 datestamp: 2022-06-30 02:46:20 lastmod: 2022-06-30 02:46:20 status_changed: 2022-06-30 02:46:20 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wangi, Bella Puspita Randu creators_name: Ibrahim, Nini creators_id: bellapuspitarw@gmail.com creators_id: nini_ibrahim@uhamka.ac.id title: Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Bahagia 06 Kabupaten Bekasi ispublished: pub subjects: K1 subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan disiplin belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SDN Bahagia 06 Kabupaten Bekasi pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Korelasi Product Moment. Sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Pada uji validitas menggunakan kuesioner atau angket sebanyak 25 soal dengan 24 soal valid dan 1 soal invalid. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rhitung = 0,820 > Rtabel 0,320, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan One Sample Kolmogorov-Smirnov diperoleh Sig. 0,200 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji linearitas dengan menggunakan deviation from linearity diperoleh 0,296>0,05, maka dapat disimpulkan bahwa antara variabel disiplin belajar dan hasil belajar mempunyai hubungan linear. Pada uji hipotesis digunakan uji korelasi diperoleh r hitungnya adalah -0,089 lebih besar dari r tabel untuk N=58 dengan taraf signifikansi 5% yang dilihat dari tabel sebesar 0,258 sehingga -0,089 < 0,258. Uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,008. Uji koefisien terdapat bahwa penelitian ini memperoleh nilai konstan sebesar 94,953 sedangkan koefisien garis regresinya sebesar -0,065. Maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya tidak ada hubungan yang signifikan pada disiplin belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V SDN Bahagia 06 Kabupaten Bekasi. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Alwan, M. H. (2017). Jurnal EduFisika Vol.02 No.01 Juli . Faktor-Faktor Yang Mendorong Siswa MIA SMAN Mengikuti Bimbingan Belajar Luar Sekolah Di Kecamatan Telanaipura Kota Jambi, 28. Ayuning Raresik, D. W. (2016). e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Vol:4 No:1 2016. Analisis Faktor-Faktor yang mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas V SD Gugus VI, 10. Ayuwanti, I. (2016). Jurnal SAP Vol.1 No.2 Desember 2016. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di SMK Tuma'Ninah Yasin Metro, 107. Baharuddin. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Daryanto. (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Penerbit Gava Media. Djazari, M., Rahmawati, D., & Nugroho, M. A. (2013). Jurnal Nominal Vol II No II. Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing Dan Knowledge Self-Efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Fise UNY, 195-201. Farhrohman, O. (2017). Primary Vol.9 No.1 Juni 2017. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD/MI, 26-27. Haryono, S. (2016). Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol.3 No.3 November 2016. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi, 264. Hijriani, A., & dkk. (2016). Jurnal Informatika Mulawarman Vol. 11 No.2,September 2016. Implementasi Metode Regresi Linear Sederhana Pada Penyajian Hasil Prediksi Pemakaian Air Bersih PDAM WAY RILAU Kota Bandar Lampung Dengan Sistem Informasi Geografis, 38. Kompri. (2017). Belajar; Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Yogyakarta: Media Akademi. Kristiyanti. (2016). Skripsi. Hubungan Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Se-Gugus Diponegoro Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang, 94. Kusdiwelirawan. (2017). Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Nai, F. A. (2017). Teori Belajar Dan Pembelajaran Implementasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Smp, Sma, dan Smk. Yogyakarta: Grup Penerbitan CV Budi Utama. Parwati, N. N. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada. Pratiwi, N. K. (2015). Jurnal Pujangga Volume 1, Nomor 2, Desember . Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan Di Kota Tangerang, 80-83. Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia. Priyatno, D. (2014). SPSS 22: Pengolahan Data Terpraktis. Yogyakarta: C.V Andi Offset. Rahartiwi, M. (2016). Skripsi. Hubungan Antara Kedisiplinan Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Gugus Srikandi Semarang Barat, 165-168. Rahmayanti, V. (2016). Jurnal SAP Vol.1 No.2 Desember 2016. Pengaruh Minat Belajar Siswa Dan Persepsi Atas Upaya Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP Di Depok, 212. Reventiary, M. P. (2016). Jurnal Manajemen Vo.6 No.1 Juni 2016. Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Merek Customade (Studi di Merek Dagang Customade Indonesia), 4. Rosma, E. (2016). Jurnal Pesona Dasar Vol.3 No.4 Oktober 2016. Hubungan Kedisiplinan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Di SD Negeri 10 Banda Aceh, 46. Rusdiansyah, Z. I. (2016). Jurnal Pilar Nusa Mandiri Vol. 12 No.2 September. Peranan Bauran Harga Terhadap Peningkatan Penjualan Alat Kesehatan, 213. Rusman. (2017). Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. Saidatul, A., & dkk. (2019). Jurnal Etika Demokrasi Vol 4 Juni No.2 . Hubungan Antara Kedisiplinan Siswa Dengan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas XII di SMA Somba Opu Sungguminasa Kabupaten Gowa, 87. Sari, B. P. (2017). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vo.2 No.2 Juli. Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Melalui Manajemen Kelas, 235. Simbolon, P. H. (2018). SEJ ( School Education Journal) Vol.8 No.2 Juni 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV SDN Nomor 14 Simbolon Purba, 123. Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka cipta. Sriyanti, L. (2013). Psikologi Belajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak. Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sukmanasa, E. (2016). Jurnal Kreatif PGSD Universitas Pakuan 2016. Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, 14-15. Surdin, T. M. (2017). Jurnal Penelitian Pendidikan Geografi Vol.1 No.1 April 2017 . Hubungan Antara Disiplin Belajar Di Sekolah Dengan Hasil Belajar Geografi Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Kendari, 6. Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group. Yuliardi, R., & Nuraeni, Z. (2017). Statistika Penelitian Plus Tutorial Spss. Yogyakarta: Innosain. Zainidar Aslianda, I. N. (2017). Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Vol.2 No.1 Februari 2017. Hubungan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Banda Aceh, 241. citation: Wangi, Bella Puspita Randu dan Ibrahim, Nini (2020) Hubungan Antara Disiplin Belajar Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SDN Bahagia 06 Kabupaten Bekasi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15540/1/FKIP_PGSD_1601025299_BELLA%20PUSPITA%20RANDU%20WANGI.pdf