eprintid: 15539 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/39 datestamp: 2022-06-30 02:40:39 lastmod: 2022-06-30 02:40:39 status_changed: 2022-06-30 02:40:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Ariska, Lindy creators_name: Ahmad, Mubarak title: Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media dalam jaringan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media dalam jaringan pada siswa kelas V SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Penelitian ini dilatar belakangi siswa yang mengalami kesulitan dalam pembelajaran IPS, yang biasanya guru memberikan materi dengan metode ceramah di gantikan dengan siswa menemukan sendiri dengan bimbingan Guru. Skripsi ini bertujuan, untuk mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat. Penelitian ini merupakan penelitian berjenis kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat . Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VA, VB,SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat. Sedangkan sampel yang digunakan adalah kelas VA yang diambil dengan teknik Probability sampling jenis cluster sampling. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode test. Berdasarkan hasil penelitian yang akan menjawab permasalah yang diangkat oleh peneliti, yaitu: apakah ada Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media dalam jaringan terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat. Pengaruh pada penelitian ini ditunjukkan dengan membandingkan rata-rata nilai Pre-Test dengan nilai Post-Test. Dapat dilihat dari perhitungan uji-t diperoleh Thitung = 16,13 dan Ttabel = 2,000. Karena Thitung > Ttabel dengan dk 60 dan tingkat signifikansi 5%, maka dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil Post-Test lebih tinggi dari rata-rata hasil Pre-Test. Berdasarkan data yang ada, diperoleh rata-rata hasil Pre-Test sebesar 64 dan rata-rata hasil Post-Test sebesar 80. Dari pengujian hipotesis dan nilai rata-rata dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing melalui media dalam jaringan berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat. Simpulan ini semoga bermanfaat dan berguna untuk siswa dalam kegiatan proses pembelajaran. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: ANITAH, S. (2019).pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA pada pembelajaran tematik peserta didik kelas v SDN 5 jatimulyo Aan Kurniasih,22. Apriyanti, b. (2017). Pengaruh model pembelajaran inkuiri sosial terhadap hasil belajar ips siswa kelas V SDN 1 kampung baru kota bandar lampung. puskur, 27. Gunawan, R. (2016). pendidkan ips filosofi,konsep,dan aplikasi. bandung: Alfabeta. H.Karwono, H. M. (2017). Belajar dan pembelajaran serta pemanfatan sumber belajar. DEPOK: PT RAJGRAFINDO PERSADA. Hamiyah. (2017). pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi pencemaran lingkungan VII di MTS darul amin palangka raya. Aminah , 15. Kompri. (2017 Belajar faktor-faktor yang mempengaruhi.yogyakarta media akademi. NI Nyoman Parwati, P. P. (2018). BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. DEPOK: PT RAJA GRAFINDO PERSADA. Nuh, M. (2014). sejarah indonesia . jakarta : Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud. Nurdiansyah, E. (2019). pengaruh penerapan model pemeblajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar ipa pada pembelajaran tematik kelas v sdn jatimulyo. Aan Kurningsih, 28. Priansa, D. J. (2017). pengembangan strategi&modelpembelajaran.Bandung cv Pustaka setia Purwanto. (2019). pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA pada pembelajaran tematik peserta didik kelas v SDN 5 Jatimulyo Aan Kurniasih,22. Rusman. (2016) model-model pembelajaran,Jakarta PT raja grafindo persada. Slameto. (2019). pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar IPA pada pembelajaran tematik peserta didik kelas v SDN 5 Jatimulyo Aan Kurniasih,22. Sugiyono. (2017). statistik untuk penilaian . bandung: Alfabeta. Thobroni, M. (2015). Belajar pembelajaran Yogyakarta : Ar-ruzz media . Tutik Rachmawati, D. (2015). teori belajar dan pembelajaran yang menddik Yogyakarta.Gava media Wahidmurni, H. (2017). metodologi pembelajaran IPS. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA. Silalahi,U (2018).Metodologi analisis data dan interpretasi hasil untuk penelitian sosial kuantitatif.Bandung.PT Refika Aditama Anshori,M dan sri iswati (2017).metodologi penelitian kuantitatif.surabaya :Airlangga University press Tersiana,A(2018) Metodologi penelitian,Yogyakarta :penerbit. Sudaryono.(2018) Metodologi penelitian.Depok :Rajawali pres Arikunto,S (2018).Dasar-dasar evaluasi pendidikan.jakarta :Bumi aksara. Cahyono,Y.D (2015 :104) E-learning (EDMODO) Sebagai media pembelajaran sejarah.jurnal penelitian. Dian Wahyuningsih,I.F (2017 :3 ).E-learning teori dan aplikasi. Bandung :informatika Bandung https://www.tribunnews.com/nasional/2020/03/02/begini-awal-mula-virus-corona-bisa-masuk-ke-indonesia cerita tentang covid 19 Anam,K,(2016).Pembelajaran Berbaris inkuiri metode dan aplikasi.Yogyakarta :pustaka belajar Arisca,M (2017) Penerapan model pembelajaran inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar di MIS Masyariqul anwar (MMA)1V Lahadisi,(2014),INKUIRI : sebuah strategi menuju pembelajaran bermakna .jurnal Al-Ta’dib. Asnidar,Khabibah,S & Sulaiman,R,(2018) The effectiveness of guide inquiri learning for cmparison topics.journal of physics :conference series Hanafy,M S.(2014).Konsep belajar dan pembelajaran lentera Pendidikan :Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Arifuddin,A & Arrosyid,S,R.(2017) Pengaruh metode demonstrasi terhadap hasil belajar IPA Al-ibtida : Jurnal pendidikan Guru MI Arifuddin,Ahmad,dkk.(2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berfikir siswa kelas IV madrasah ibtidayah.Al-ibtida : Jurnal Pendidikan Guru MI. Astuti,S.P.(2015) Pengaruh kemampuan awal dan minat belajar terhadap prestasi belajar Fisika : Jurnal ilmiah Pendidikan Dewi,E.P Suyatna,A Abdurrahman (2017) Efektivitas model dengan model inkuiri terbimbing untuk menumbuhkan keterampilan proses Sains Siswa pada materi kalor :Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah. Nasution,U,S (2016) Perbedaan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Stad dan Nht : Jurnal Matematic Remme,B.V (2014).Pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap prestasi belajar Siswa kelas X SMA Katolik : Jurnal KIP,3(2),583-587 citation: Ariska, Lindy dan Ahmad, Mubarak (2020) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing melalui media dalam jaringan terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Kebun Jeruk 01 Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15539/1/FKIP_PGSD_1601025298_LINDY%20ARISKA.pdf