%A Cahaya Melati Ningrum %A Wahidin Wahidin %I Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi dari siswa, guru, dan orang tua siswa SD terhadap pembelajaran online selama Covid-19. Selama Pandemic Covid-19 mewabah di Indonesia, Pemerintah membuat kebijakan untuk merubah sistem pembelajaran di Indonesia dari pembelajaran luring (offline) menjadi pembelajaran daring (online) untuk sementara waktu, hal ini dilakukan dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di area sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa SD, guru SD, orang tua siswa SD yang melakukan pembelajaran online selama Covid- 19. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket kuesioner, wawancara mendalam, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa, guru, dan orang tua siswa SD menilai pembelajaran online membosankan, pembelajaran online yang dilakukan membuat guru menjadi lebih pintar dalam teknologi, pembelajaran membuat pemahaman siswa gerhadap suatu materi tidak mendalam, dalam pelaksanaan pembelajaran online peran orang tua siswa sangat penting dalam keberhasilan pembelajaran. Faktor yang menjadi penghambat kesuksesan pelaksanaan pembelajaran online diantaranya, yaitu faktor perbedaan latar belakang sosial, kemampuan guru dalam pemanfaatan IT untuk menyampaikan materi kepada siswa, faktor pendidikan orang tua dan factor ekonomi keluarga yang masih rendah, budaya masyarakat yang masih kurang antusias terhadap pentingnya pendidikan, dan kurangnya perhatian dari orang sekitar terhadap perkembangan pribadi siswa sehingga menjadikan pelaksanaan pembelajaran online terkesan susah dan menyulitkan. %L repository15537 %D 2020 %T Persepsi Siswa, Guru, dan Orang Tua Terhadap Pembelajaran Onlinne Selama Covid-19