eprintid: 15536 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/36 datestamp: 2022-06-30 02:31:01 lastmod: 2022-06-30 02:31:01 status_changed: 2022-06-30 02:31:01 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Angraeni, Kartia Nur creators_name: Rahmiati, Rahmiati creators_id: Nkartia085@gmail.com creators_id: rahmiati@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV A Kebun Bawang 09 Petang Jakarta Utara ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh model pembelajaran Picture And Picture terhadap hasil belajar IPS tema 1 subtema 1 pembelajaran 1&5 peserta didik Kelas IV SDN Kebun Bawang 09 Petang Jakarta Utara pada semester 1 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desai Quasi Experimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pada Uji Validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biseral sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 31 soal valid dan 9 soal Drop sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rtt 0,877 > Rtabel 0,344, maka data tersebut memiliki instrument yang reliable. Selanjudnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Chi Kuadrat diperoleh dari kelas eksperimen yaitu X2 hitung 7,33 < X2 tabel 7,81 berarti berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan Uji f (fisher) diperoleh fhitung 8,575< ftabel 1,816 , bedasarkan hasil uji homogenitas menyatakan data varias kelompok berdistribusi homogeny. Pada uji hipotesis digunakan Uji-t independent diperoleh Uji-t 2,394 > t tabel 1,998 maka dengan demikian Ho ditolak H1 diterima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Picture And Picture terhadap hasil belajar IPS tema 1 subtema 1 pembelajaran 1&5 peserta didik kelas IV SDN K ebun Bawang 09 Petang Jakarta Utara. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Dr. Ahmad Susanto, M. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di sd. jakarta: prenadamedia group. Dr. aunurrahman, M. (2013). Belajar Dan Pembelajaran. AL Fabeta, CV. Dr. Ihsana El Khuluqo, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jogjakarta: Pustaka Pelajar. Dra. Evelin Siregar, M. (2017). Teori Belajar Dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Hamalik, p. D. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara. hid, n. (2016). mode pembelajaran spetakular. yogjakarta: AR.RUZZ MEDIA. Kusdiwelirawan. (2014). Statistik Pendidikan . jakarta: uhamka press. Lastrijanah, L. P. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap hasil belajar siswa. Jurnal pendidikan guru sekolagh dasar. mudjiono, D. (2015). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. parwati, N. N. (2018). Belajar Dan Pembelajaran. Depok: PT RajaGravindo. sani, i. k. (2015). ragam pengembangan model pembelajaran. kata penar. Siyoto, s. &. (2015). Dasar Metode Penelitian. yogyakarta: literasi media publishing. Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. jakarta: PT. kharisma putra utama. Sugiyono. (2017). Metode penelitian Kuantitatif,kualitatif dan kombinasi . baNDUNG: Alfabeta. yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian : kuatitatif, Kualitatif, dan kombinasi, dan penelitian gabungan. jakarta: kencana. yusup. (2018). Uji Validitas dan Reabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. jurnal ilmiah pendidikan, Volume 7. citation: Angraeni, Kartia Nur dan Rahmiati, Rahmiati (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV A Kebun Bawang 09 Petang Jakarta Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15536/1/FKIP_PGSD_1601025292_KARTIA%20NUR%20ANGRAENI.pdf