eprintid: 15535 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/35 datestamp: 2022-06-30 02:26:17 lastmod: 2022-06-30 02:26:17 status_changed: 2022-06-30 02:26:17 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Irawan, Herry creators_name: Sya'ban, Ali creators_id: herryirawan700@gmail.com creators_id: ali_syaban@uhamka.ac.id title: Pengaruh Metode Simulasi Jenis Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran Simulasi Jenis Sosiodrama pada siswa kelas V SDN Palmerah 19 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal invalid. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh Rhitung > Rtabel yaitu 0,91 > 0,413, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Pre-test Lo < Lt yaitu 0,157 < 0,190 dan Post-test Lo < LLt yaitu 0,095 < 0,190, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,07 < 2,15 maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesisi digunakan uji t-test diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 6,249 > 2,025. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran simulasi jenis sosiodrama terhadap hasil belajar IPS materi Jenis-jenis Usaha Masyarakat siswa kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran simulasi jenis sosiodrama terhadap hasil belajar IPS materi Jenis-jenis Usaha Masyarakat siswa kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ali, S. H. G. (2013). Prinsip-prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta Didik. Al-Ta’dib : Jurnal Tarbiyah STAIN Kendari, 6(1), 1–12. Apsari, N. N. P. I. P. P. S. R. A. (2018). Belajar dan Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada. Arikunto, S. (2012). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. PT. Bumi Aksara. Budiarti, Y. (2015). Pengembangan Kemampuan Kreativitas Dalam Pembelajaran. PROMOSI (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 61–72. https://doi.org/10.24127/ja.v3i1.143 Fitriana, L. (2017). Pengaruh Metode Simulasi Terhadaap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VIII di Mts. Darussalam Al-Kubro Desa Moyot Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. [Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram]. In Institiut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Hamalik, O. (2015). Proses Belajar Mengajar. PT. Bumi Aksara. Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5 Harianto, S. (2015). Metode Quantum Learning dengan Learning Style VAK (Visual, Auditorial dan Khinestetik) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kresna Bina Insan Prima. Ikhwan, A. (2017). Metode Simulasi Pembelajaran dalam Perspektif Islam. ISTAWA: Jurnal Pendidikan Islam, 2, 1–34. Indriasari, E. (2016). Meningkatkan Rasa Empati Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 190–195. Kusdiwelirawan, A. (2014). Statistika Pendidikan. Uhamka Press. Kusnianingsih, L. (2015). Penerapan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Wunut, Tulung, Klaten [Pendidikan Pra Sekolah dan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta]. In Universitas Negeri Yogyakarta. https://doi.org/10.1377/hlthaff.2013.0625 Liyani. (2017). Pengaruh Metode Simulasi Terhadap Ketuntasan Belajar Siswa Pada Tema 8 Lingkungan Sahabat Kita di Kelas V Min Krueng Mak Aceh Besar [Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh 1438]. In Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Darussalam, Banda Aceh1438. https://doi.org/10.1002/ejsp.2570 Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. PT. Remaja Rosdakarya. Mudlofir, A., & Rusydiyah, E. F. (2016). Desain Pembelajaran Inovatif Dari Teori ke Praktik. PT. Rajagrafindo Persada. Netriwati. (2015). Penggunaan Metode Simulasi Untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Pendidikan kewarganegaran di Kelas V SDN 15 VI Kampung Kecamatan Canduang. P3SDM Melati Publishing. Pratama, N. D., Muiz, Z., & Fakaubun, F. (2018). Penggunaan Metode Sosiodrama Dalam Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Arab. Pembelajaran Bahasa, Sastra Dan Budaya Arab Di Indonesia, 93–102. Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–68. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna Riadi, E. (2015). Metode Statistika Parametrik & Nonparametrik. PT. Pustaka Mandiri. Siswaningrum, E. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Melalui Model Role Playing di SDN Karangmojo IV, Karangmojo Gunung Kidul. Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta. Wahyudi, A. (2019). Pengaruh pembelajaran kontekstual berbasis sosiodrama terhadap hasil belajar bahasa indonesia. Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Magelang. citation: Irawan, Herry dan Sya'ban, Ali (2020) Pengaruh Metode Simulasi Jenis Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15535/1/FKIP_PGSD_1601025285_HERRY%20IRAWAN.pdf