TY - THES PB - Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15535/ AV - public N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan metode pembelajaran Simulasi Jenis Sosiodrama pada siswa kelas V SDN Palmerah 19 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel yang digunakan adalah Sampel Jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal invalid. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 diperoleh Rhitung > Rtabel yaitu 0,91 > 0,413, maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji Normalitas dengan menggunakan uji Liliefors diperoleh Pre-test Lo < Lt yaitu 0,157 < 0,190 dan Post-test Lo < LLt yaitu 0,095 < 0,190, maka dapat disimpulkan bahwa kedua data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung < Ftabel yaitu 1,07 < 2,15 maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesisi digunakan uji t-test diperoleh Thitung > Ttabel yaitu 6,249 > 2,025. Dengan demikian Ho di tolak dan H1 diterima, yang menyatakan bahwa adanya pengaruh metode pembelajaran simulasi jenis sosiodrama terhadap hasil belajar IPS materi Jenis-jenis Usaha Masyarakat siswa kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran simulasi jenis sosiodrama terhadap hasil belajar IPS materi Jenis-jenis Usaha Masyarakat siswa kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat. A1 - Irawan, Herry A1 - Sya'ban, Ali M1 - bachelor ID - repository15535 TI - Pengaruh Metode Simulasi Jenis Sosiodrama Terhadap Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas V SDN Palmerah 19 Pagi Jakarta Barat Y1 - 2020/// ER -