eprintid: 15533 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/33 datestamp: 2022-06-30 02:04:41 lastmod: 2022-06-30 02:04:41 status_changed: 2022-06-30 02:04:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Syafrudin, Lutfia creators_name: Kurniasih, Meyta Dwi creators_id: utfiasss.ls@gmail.com creators_id: meyta.dkurniasih@uhamka.ac.id title: Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Tangram Pada Siswa Kelas IV SDN Pejagalan 05 Pagi Jakarta Utara ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media tangram di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pejagalan 05 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model Kemmis Taggart, mulai dari proses perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi dan angket. Instrumen yang digunakan antara lain lembar observasi aktivitas siswa dan guru, tes formatif , soal evaluasi, catatan lapangan, lembar angket dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media tangram pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa diperoleh nilai 65,31 dan ketuntasan siswa sebesar 75%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 67,92 dan ketuntasan siswa mencapai 83,33%. Apabila dipersentasikan, peningkatan nilai rata-rata siswa mencapai 7,05% dan ketuntasan siswa naik 3,03%. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abidin, Z. (2016). PENERAPAN PEMILIHAN MEDIA PEMBELAJARAN. Edcomtech, 1(1), 9–20. Afnan Puji Astuti, D. (2010). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Sekolah, 102–109. Alfin, J. (2013). Analisis karakteristik siswa pada tingkat sekolah dasar. Prosiding Halaqah, 190–205. Andini, N., Aminah, M., & Hndayani, H. (2019). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TANGRAM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS PADA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR. Widyagogik, 7(1), 27–37. Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958 Anidar, J. (2014). Teori Belajar Menurut Aliran Kognitif Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Beauchamp, G. A. (1975). Curriculum Theory (W. Linois (ed.); 6th ed.). The KAGG Press. Chabiba, P. N. (2015). PENGARUH MODEL PBL (PROBLEM BASED LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI LUAS BIDANG DI SEKOLAH DASAR. PGSD, 03. Choiroh, M., & Sidoarjo, U. M. (2018). Pengaruh Media Tangram Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. 2(April), 5–12. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v2i1.1959 Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. (2015). Panduan Penilaian Untuk Sekolah Dasar (SD). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Faturrohman, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran Modern. Garudhawaca. Fhrurrozi dan Syukrul Hamdi. (2017). Metode Pembelajaran Matematika. Universitas Hamzanwadi Press. Fitria, Y. (2017). EFEKTIVITAS CAPAIAN KOMPETENSI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI SEKOLAH DASAR. INOVASI PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH, 1(2), 34–42. Hartati, L. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(3), 224–235. https://doi.org/10.30998/formatif.v3i3.128 Isrok’atun dkk. (2020). Pembelajaran Matematika dan Sains Secara Integratif melalui Situation-Based Learning. UPI Sumedang Press. Jahja, Y. (2015). Psikologi Perkembangan. Prenadamedia Group. Jl, P. P., Soekarno, I., & Malang, U. N. (2018). Perkembangan fisik motorik dan perseptual serta implikasinya pada pembelajaran di sekolah dasar. 8293, 21–28. Kemendikbud. (2013). Bahan Ajar Pengelolaan Pembelajaran Tematik. Kemendikbud. Kustandi, C., & dan Sutjipto. (2013). Media Pembelaaran; Manual dan Digital. Ghalia Indonesia. Machali, I. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. IIII, 71–94. https://doi.org/10.14421/jpi.2014.31.71-94 Masrinah, E. N., Aripin, I., Gaffar, A. A., Biologi-fkip, P. S. P., & Majalengka, U. (2019). PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA. 924–932. Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya. Ngalimun. (2013). Strategi dan Model Pembelajaran. Aswana Pressindo. Nur, S., Pujiastuti, I. P., & Rahman, S. R. (2016). Efektivitas Model Problem Based Learning ( Pbl ) terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. 2(2), 133–141. Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model Pembelajaran. Nizamia Learning Center. Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi, 23, 103–111. PAI, D. (2013). Pedoman Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran PAI. Kementerian Agama RI. Permendikbud. (2014). Kurikulum 2013 sekolah dasar/madrasah ibtidahiyah. Rahman, T. (2018). Aplikasi Model-model Pembelajaran dalam Penelitian Tindakan Kelas. CV. Pilar Nusantara. Riamma. (2013). Penerapan Metode Permainan dengan Berbantu Tangram Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Datar. Penelitian Bidang Pendidikan, 19. Sagala, S. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. CV Alfabeta. Saminanto. (2010). Ayo Praktek PTK. RaSAIL Media Group. Santrock, J. . (2006). Perkembangan Anak. Erlangga. Sastra Negara, H. (2014). Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Upaya Meningkatan Minat Matematika Siswa Sekolah Dasar. Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1. Shanda, A. (2018). Pembuatan Media Tangram Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas V Sekolagh Dasar Negeri 103 Pekanbaru. Shobirin, M. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. DEEPUBLISH. Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya (6th ed.). PT. Rineka Cipta. Sukmadinata. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya. Suprijono. (2013). Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar. Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Syahputra, E. (2020). Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Haura Publishing. Tafanao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN THE ROLE OF INSTRUCTIONAL MEDIA TO IMPROVING. Komunikasi Pendidikan, 2(2). Tim Penyusun Kamus PPPB. (1995). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka. Trianingsih. (2016). Pengantar Praktik Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar. Pendidikan Guru MI, 3, 197. Triyono. (2018). PENELITIAN TINDAKAN KELAS : APA DAN BAGAIMANA MELAKSANAKANNYA ? https://doi.org/10.13140/RG.2.2.26385.12649 Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran. Prenadamedia Group. Zuliana, E. (2014). Pengaruh model problem based learning berbantuan kartu masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa sekolah dasar. citation: Syafrudin, Lutfia dan Kurniasih, Meyta Dwi (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Tangram Pada Siswa Kelas IV SDN Pejagalan 05 Pagi Jakarta Utara. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15533/1/FKIP_PGSD_1601025278_LUTFIA%20SYAFRUDIN.pdf