%T Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantu Media Tangram Pada Siswa Kelas IV SDN Pejagalan 05 Pagi Jakarta Utara %L repository15533 %A Lutfia Syafrudin %A Meyta Dwi Kurniasih %X Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media tangram di kelas IV Sekolah Dasar Negeri Pejagalan 05 Pagi pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan model Kemmis Taggart, mulai dari proses perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dokumentasi dan angket. Instrumen yang digunakan antara lain lembar observasi aktivitas siswa dan guru, tes formatif , soal evaluasi, catatan lapangan, lembar angket dan dokumentasi kegiatan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantu media tangram pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Pada siklus I, rata-rata hasil belajar siswa diperoleh nilai 65,31 dan ketuntasan siswa sebesar 75%. Sedangkan pada siklus II, nilai rata-rata yang diperoleh adalah 67,92 dan ketuntasan siswa mencapai 83,33%. Apabila dipersentasikan, peningkatan nilai rata-rata siswa mencapai 7,05% dan ketuntasan siswa naik 3,03%. %I Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka %D 2020