eprintid: 15532 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/32 datestamp: 2022-06-29 10:20:47 lastmod: 2022-06-29 10:20:47 status_changed: 2022-06-29 10:20:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Suswanto, Aurura Diang creators_name: Giyanti, Sri creators_id: Auroradiangg@gmail.com creators_id: sri_giyantiuhamka@gmail.com title: Peranan orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran Anak Dirumah Berbasis Digital Di Era Pandemi Covid-19 Kelas IV di SDN Manggarai 09 Pagi ispublished: pub subjects: L subjects: T1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah adanya peranan orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak di rumah berbasis digital di era pandemi Covid – 19. Selama Pandemi Covid – 19 mewabah di Indonesia, Pemerintah membuat kebijakan untuk merubah sistem pembelajaran di Indonesia dari pembelajaran luring (offline) menjadi pembelajaran daring (online) untuk sementara waktu, hal ini dilakukan dalam rangka upaya pencegahan penyebaran Virus Corona di area sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa SD, orang tua siswa SD, guru SD yang melakukan pembelajaran online selama Covid-19. Metode pengumpulan Data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa tahapan persiapan kesediaan orang tua dalam menyediakan sarana dan prasarana untuk pembelajaran anak di rumah berbasis digital sudah dilakukan para orang tua selalu menyediakaan sarana dan prasarana seperti hp/laptop, buku bacaan, pulsa/kuota internet. Walaupun setiap orang tua memiliki kendala yang harus di hadapi seperti penambahan biaya untuk pembelian kuota internet. Tahapan pelaksanaan peran orang tua dalam mendampingi pembelajaran anak di rumah, sebagian orang tua selalu mendampingi anak – anak nya ketika proses pembelajaran berbasis digital sedang berlangsung, karena adanya Pandemi Covid-19 ini semua sistem pembelajaran diubah dan diganti menjadi pembelajaran online, dimana mau tidak mau semua orang tua harus berperan penting dan mendampingi anak – anak nya dalam kegiatan proses pembelajaran sedang berlangsung. Upaya orang tua dalam memperlancar proses pembelajaran anak di rumah berbasis digital, setiap orang tua selalu berupaya untuk memperlancar proses pembelajaran anak di rumah berbasis digital. Upaya yang dilakukan para orang tua biasanya dengan cara menyediakan sarana dan prasarana, hp/laptop, buku bacaan dan pulsa/kuota internet dan upaya lainnya bisa berupa mendampingi dan memberi support untuk anak – anak nya. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmasi, Abu. (1991). Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Anisah, A. S. (2017). Pola asuh orang tua dan implikasinya terhadap pembentukan karakter anak. Jurnal Pendidikan Uniga, 5(1), 70–84. Darmalaksana, W., Hambali, R., Masrur, A., & Muhlas, M. (2020). Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, 1–12 Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif: Suatu Pendekatan Teoretis Psikologis. PT Rineka Cipta. file:///C:Document Fadlillah, Muhammad. (2012). Desain Pembelajaran Paud. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Hamalik, Oemar. 1993. Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar . Tarsilo. Bandung. M. Syahran Jailani, ”Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab dalam Anak Usia Dini”, Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 8 No. 2, tahun 2014, hlm. 248. Kartono, Kartini. 1985. Peran Keluarga Dalam Membantu Anak. CV Rajawali. Jakarta. Kholil, A. (2020). Panduan Orangtua Mendampingi Anak Belajar dari Rumah dengan MIKIR. Diambil 26 Mei 2020, dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Guru Berbagi) website: https://guruberbagi.kemdikbud.go.id/artikel/panduan-orangtuamendampingi-anak-belajar-dari-rumah-dengan-mikir/ Morrow, L.M. dan Young. 1997. A Family Literacy Program Connecting School and Home: Effects on Attude Motivation and Literacy Achievement. Journal of Educational Psychology, 89 (4). Slameto. (2013). 5 Fakta Pendidikan di Tengah Wabah Corona. Diambil 26 Mei 2020, dari detiknews website: https://news.detik.com/kolom/d-4969335/5-fakta-pendidikan-di-tengah-wabah-corona Sugiyono, P. . (2017). metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D) (Sugiyono (ed.); cetakan ke). Alfabeta. Susanti. 2007. Memanfaatkan Waktu Belajar secara Efektif. http://www.yahoo.co.id/jurnalpendidikan.search. Thaberani,Hasbullah, 1994. Rahasia Sukses Belajar . Raja Grafindo Persada. Jakarta. venni siska. (2018). peran orang tua dalam proses belajar. Media Indonesia. https://mediaindonesia.com/read/detail/186172-peran-orangtua-dalam-proses-belajar citation: Suswanto, Aurura Diang dan Giyanti, Sri (2020) Peranan orang Tua Dalam Mendampingi Pembelajaran Anak Dirumah Berbasis Digital Di Era Pandemi Covid-19 Kelas IV di SDN Manggarai 09 Pagi. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15532/1/FKIP_PGSD_1601025275_AURURA%20DIANG%20SUSWANTO.pdf