eprintid: 15531 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/31 datestamp: 2022-06-29 10:16:07 lastmod: 2022-06-29 10:16:07 status_changed: 2022-06-29 10:16:07 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zuliantini, Evelin creators_name: Iba, Khairil creators_id: evelinzuliantini@yahoo.com creators_id: khairil.dosen@gmail.com title: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Prestasi Belajar IPA Tema Panas Dan Perpindahannya Pada Siswa Kelas V Sdn Makasar 09 Pagi Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap prestasi belajar IPA siswa. Hipotesis penelitian adalah “Terdapat Pengaruh Prestasi Belajar IPA menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL)”. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VA sebagai kelas eksperimen dan VB sebagai kelas kontrol SDN Makasar 09 Pagi Jakarta Timur pada semester genap tahun ajaran 2019-2020. Sampel yang diteliti sebanyak 64 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada subjek penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba instrumen untuk mengetahui validitas dan reliabilitas. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas mengginakan lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji Fisher. Pada kelas eksperimen, pengujian normalitas didapat Lhitung= 0,137 dan kelas kontrol Lhitung = 0,145. Ltabel pada kelas eksperimen dan kontrol adalah 0,157. Karena pada kedua kelompok Lhitung < Ltabel maka disimpulkan data kedua kelompok berdistribusi normal. Uji homkgenitas diperoleh Fhitung= 2,45 dengan Ftabel= 31,1 = 4,16. karena Fhitung