eprintid: 15530 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/30 datestamp: 2022-06-29 10:09:58 lastmod: 2022-06-29 10:09:58 status_changed: 2022-06-29 10:09:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Indrawati, Nadilla Bissmika creators_name: safrul, safrul creators_id: nadillabissmika@gmail.com creators_id: safrul_kodri@uhamka.ac.id title: Penerapan Metode Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN LOJI 2 Bogor ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar materi Perubahan Energi dan Energi Alternatif dengan menggunakan metode Explicit Instruction mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN LOJI 2 Bogor. Penelitian ini dilakukan di SDN LOJI 2 Bogor. Di dalam penelitian ini terdapat subjek yaitu seluruh siswa kelas IV A yang terdiri dari 27 siswa dan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan tes formatif, lembar observasi guru dan siswa, lembar aktifitas siswa, catatan lapangan dan dokumentasi. Metode penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memahami Perubahan Energi dan Energi Alternatif menggunakan metode Explicit Instruction. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II masing-masing siklus terdiri 2 pertemuan. Dan disetiap siklus terdapat perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil Penelitian siklus I siswa yang belum mencapai KKM sebanyak 14 siswa, dengan persentase 51,85% , sedangkan pada siklus II siswa yang belum mencapai KKM berkurang menjadi 3 siswa, dengan persentase 40,74%. Dan pada siklus I siswa yang sudah mencapai KKM sebanyak 13 siswa, dengan persentase 48,14%, sedangkan pada siklus II siswa yang sudah mencapai KKM 16 siswa, dengan persentase 59,25%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode Explicit Instruction bermanfaat pada pembelajaran IPA, dari setiap siklus telah mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 74 dan meningkat pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 81 Dari hasil pelaksanaan tindakan kelas melalui siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa dengan metode Explicit Instruction dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Perubahan Energi dan Energi Alternatifdi kelas IV SDN LOJI 2 Bogor. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ardana, P. W., Suniasih, N. W., & Ganing, N. N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas Vi Sdn 17 Dangin Puri Kota Denpasar Tahun Ajaran 2013/2014. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3744/2999 Astrawan, I. G. B. (2013). Penerapan Model Kooperatif Tipe NHT Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas V SDN 3 Tonggolobibi. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 3(4), 227–242. Belakang, A. L., Darussalam, J. T., & Sanjaya, M. (2018). Pahlawanku Kebanggaanku Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Example Non Example Di Kelas Iv Sdn Kelampaian Ilir 1 Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. 2(3), 53–74. Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. M A T H L I N E : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122. https://doi.org/10.31943/mathline.v1i2.23. Hasbullah, & Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model, dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. 124. Idris, H. M. (2014). Strategi Pembelajaran yang Menyenangkan (R. Luxima (ed.); Cetakan pe). PT Luxima Metro Media. Khoiriyah, I. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemrograman Web Kelas X Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (Rpl) Di Smk N 1 Kebumen. 27–28. http://www.cs.unsyiah.ac.id/~frdaus/PenelusuranInformasi/tugas2/data/kulit-muka1.pdf Kunandar. (2015). Penilaiann Autentik (cetakan 4). PT RajaGrafindo Persada. Mardiyan, R. (2012). Dalam Pembelajaran Akuntansi Materi Jurnal Penyesuaian Pada Siswa Kelas Xi Ips 3 Sma Negeri 3 Bukittinggi Dengan Metode Bermain Peran ( Role Playing ). Jurnal Pakar Pendidikan, 10(2). Metta Ariyanto. (2016). e-ISSN: 2503-3530 p-ISSN 2406-8012 Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Muka Bumi Menggunakan Model Scrambel. Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble, 3(2), 134–140. Model, P., Explicit, P., & Berbantuan, I. (2017). Kata Kunci: Ibtida’i, 5(1), 15–28. Nurdiansyah, N., & Amalia, F. (2015). Model Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pelajaran Ipa Materi Komponen Ekosistem. Jurnal Biologi, 1(1), 1–8. https://eprints.uns.ac.id/1083/1/1896-4270-1-SM.pdf. Nurdyansyah, & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi Model. Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran.Fitrah:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945 Penelitian, L. B. (2015). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Explicit Instruction Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa IPS Kelas XI Pada Pelajaran Ekonomi (Akuntansi) Di SMAN 1 Langgam (Elghina Silma). 2, 68–76. Putrayasa, I. M., Syahruddin, H., & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1), 1–11. https://doi.org/10.1093/brain/awt103. Rahyubi, H. (2016). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi pembelajaran Motorik (Nurdin (ed.); cetakan ke). Referens. Shoimin Aris. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 (KR Rose (ed.); cetakan ke). Ar-Ruzz Media. Widiana, I. W. (2017). Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 854. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8154 Di, S., Dasar, S., Educandum, P., & Nomor, V. (n.d.). DESAIN MODEL PRAKTIKUM IPA BERBASIS JAS ( JELAJAH ALAM Dwi Anggraeni Siwi , Nurratri Kurnia Sari & Koko Prasetya A . PENDAHULUAN Pelaksanaan pembelajaran IPA di SD se-Kecamatan Bendosari masih didominasi oleh suatu kondisi kelas yang masih terfokus pada g. 180–188. Belakang, A. L., Darussalam, J. T., & Sanjaya, M. (2018). Pahlawanku Kebanggaanku Melalui Model Pembelajaran Koperatif Tipe Example Non Example Di Kelas Iv Sdn Kelampaian Ilir 1 Kecamatan Astambul Kabupaten Banjar. 2(3), 53–74. Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5 Ardiyanto, G. (2012). Belajar Berpikir (1st ed.). PT Gramedia, jakarta. Nurdyansyah, & Toyiba, F. (2016). Pengaruh strategi pembelajaran aktif terhadap hasil belajar pada Madrasah Ibtidaiyah. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, 1(2), 929–930. http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/1610 citation: Indrawati, Nadilla Bissmika dan safrul, safrul (2020) Penerapan Metode Explicit Instruction Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV di SDN LOJI 2 Bogor. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15530/1/FKIP_PGSD_1601025271_NADILLA%20BISSMIKA%20INDRAWATI.pdf