eprintid: 15529 rev_number: 12 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/29 datestamp: 2022-06-29 10:06:36 lastmod: 2022-06-29 10:06:36 status_changed: 2022-06-29 10:06:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Juwita, Nabilah creators_name: Supriansyah, Supriansyah creators_id: Nabilahjuwita08@gmail.com creators_id: supriansyah@uhamka.ac.id title: Pengembangan Media Pembelajaran Japitan Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Di SDN JATISAMPURNA IV ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu media pembelajaran untuk materi hasil giat berusaha meraih cita-cita di negeriku dalam bentuk media konkret dengan berbasis pendidikan karakter untuk siswa SD kelas IV, serta mengetahui bagaimana kualitas yang terdapat dalam produk ini yang telah dibuat dan dihasilkan sehingga dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran tematik semester genap khususnya pada Tema 6 Subtema 3 Pembelajaran 4 yang didalamnya terdapat mata pelajaran Bahasa Indonesia, Ppkn dan IPS. Penelitian ini ialah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Dan menggunakan model pengembangan ADDIE yang dalam tahapannya yakni Analysis (Analisis), Design (Desain), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi), Evaluation (Evaluasi). Media Japitan ini dilakukan uji coba kepada 16 siswa SD kelas IV SDN JATISAMPURNA IV. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran untuk pembelajaran tematik dalam bentuk benda konkret berbasis pendidikan karakter yang telah dikembangkan berdasarkan validasi ahli media mendapatkan skor prentasi 98% dengan kategori sangat baik, sedangkan perolehan skor yang melalui validasi ahli materi mendapatkan presentase 84% dengan kategori sangat baik. Uji coba produk dilakukan pada siswa SD kelas IV mendapatkan skor presentase dengan menilai kualitas produk pada media Japitan sebesar 92% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil perolehan data membuktikan bahwa pengembangan Media Pembelajaran Japitan Berbasis Pendidikan Karakter memiliki kriteria sangat baik dan layak digunakan sebagai salah satu sumber belajar siswa SD khususnya kelas IV. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran Azhar (20th ed.). Rajawali Pers. Baharun, H. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Berbasis Lingkungan Melalui Model ASSURE. Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(2), 235. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i2.610 Busro, M., & Suwandi. (2017). Pendidikan karakter. In Informasi. Media Akademi. Farida, S. (2016). Pendidikan Karakter dalam Prespektif Islam. Kabilah, 1(1), 3. Gumanti, T. A., Yunidar, & Syahruddin. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Mitra Wacana Media Merdeka. Ismayati, R. D., & Mahsun, A. (2019). Pengembangan Media Monopoli Berbasis Triprakoro Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Dirasah, 2(2). https://doi.org/2615-0212 Kristiani, D. (2015). Ensiklopedia Negeriku Permainan Tradisional. PT Bhuana Ilmu Populer. Kurniasih, I., & Sani, B. (2017). PENDIDIKAN KARAKTER Internalisasi dan Metode Pembelajaran di Sekolah (Adi Jarot (ed.)). Kata Pena. M.Ali, A. (2018). PENDIDIKAN KARAKTER Konsep dan Implementasinya (1st ed.). PRENADAMEDIA GROUP. Majid, A. (2017). Pembelajaran Tematik Terpadu (Nita Nur Muliawati (ed.); 3rd ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA. Maryuliana, Subroto, I. M. I., & Haviana, S. F. C. (2016). Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert. Jurnal Transitor Elektro Dan Informatika (TRANSISTOR EI), 1(2), 12. https://doi.org/10.22146/gamajop.47966 Mustari, M. (2014). Nilai Karakter Refleksi Untuk Pendidikan.pdf. PT RajaGrafindo Persada. Mustika, Z. (2015). Urgenitas Media Dalam Mendukung Proses Pembelajaran Yang Kondusif. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 60–73. https://doi.org/10.22373/crc.v1i1.311 Nurhadiyati, A., Aminah, A. C. N., & Rahmawati, D. R. (2016). Pengembangan Monako (Monopoli Anti Korupsi) Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anti Korupsi Berbasis Play Based Learning Pada Siswa Sd. Pelita, XI(2). Rohiman, R., & Anggoro, B. S. (2019). Penggunaan Prezi untuk Media Pembelajaran Matematika Materi Fungsi. Desimal: Jurnal Matematika, 2(1), 23–32. https://doi.org/10.24042/djm.v2i1.3312 Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran (2. Cet.7). PT. RAJAGRAFINDO PERSADA. Sudijono, A. (2017). Pengantar Evaluasi Pendidikan. PT. Raja Grafindo. Sugiyono. (2015). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (22nd ed.). ALAFABETA. Sumantri, M. S. (2016). Model Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar (1st ed.). Rajawali Pers. Suryana, N. M., & Indrawati, D. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS PERMAINAN TRADISIONAL “ GAPREK KALENG ” UNTUK MENANAMKAN KONSEP PECAHAN SISWA KELAS III SD Novita Mila Suryana. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(3), 219–228. Susilana, R., & Riyana, C. (2018). MEDIA PEMBELAJARAN Hakikat,Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian (p. 7). CV WACANA PRIMA. https://doi.org/978-602-5816-69-7 Triastuti, D., Akbar, S., & Irawan, E. B. (2017). Pengembangan Media Papan Permainan Panjat Pinang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(10), 1344–1350. https://doi.org/2502-471X Wahidin, U., & Syaefuddin, A. (2018). Media Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 07(1), 23–46. https://doi.org/10.30868/EI.V7 Wati, E. R. (2016). Ragam Media Pembe;ajaran (Adi Jarot (ed.)). Kata Pena. Wiyani, N. A. (2018). Pendidikan Karakter Berbasis Total Quality Management (N. Hidayah (ed.)). AR-RUZZ MEDIA. Yaumi, M. (2014). Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Impelementasi. KENCANA. Yaumi, M. (2018). Media & Teknologi Pembelajaran (S. F. S. Sirate (ed.); 1st ed.). KENCANA. Yuberti. (2014). “Penelitian Dan Pengembangan” Yang Belum Diminati Dan Perspektifnya. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 3(2), 1–15. Yusuf, S., & M.Sugandhi, N. (2018). Perkembangan Peserta Didik (7th ed.). PT RajaGrafindo Persada. citation: Juwita, Nabilah dan Supriansyah, Supriansyah (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Japitan Berbasis Pendidikan Karakter Pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV Di SDN JATISAMPURNA IV. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15529/1/FKIP_PGSD_1601025270_NABILAH%20JUWITA.pdf