eprintid: 15527 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/27 datestamp: 2022-06-29 09:57:11 lastmod: 2022-06-29 09:57:11 status_changed: 2022-06-29 09:57:11 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Zaki, Fauzan Ismu creators_name: Sukardi, Sukardi creators_id: Fismuzaki@gmail.com creators_id: edy.sukardi@uhamka.ac.id title: Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDI Ramah Anak ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui adanya Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDI Ramah Anak tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment dengan Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel yang akan digunakan ini adalah kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV D sebagai kelas kontrol. Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi point biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 34 soal yang terbukti valid dan 6 soal yang terbukti drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rhitung 0,913 ≥ Rtabel 0,361, sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen hasil belajar IPS telah dikatakan “Reliabel. Uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan Uji Fisher. Dari hasil belajar IPS pada kelas kontrol kondisi Post-test diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 0,1933 > 0.1062. dan di kelas Eksperimen pada kondisi Post-test diperoleh Fhitung > Ftabel 0,1933 > 0,1212 dengan n = 21 dan taraf signifikan a = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa dari kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas didapat diperoleh Fhitung untuk Post-test = 2,124 Ftabel = 1.612 dan taraf signifikan a = 0,05. Karena hasil perhitungan Post-test Fhitung > Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa sampel tersebut adalah homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa Thitung> Ttabel= 2,926 > 2,021 pada taraf signifikan a = 0,05 dan derajat kebebasan (DK) = 40 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh metode Scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDI Ramah Anak. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmad Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Ahmadi, A,. Prasetya, J.T. (2015). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV. Pustaka Setia. Aqib Zainal, (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya. Aunurrahman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta. _________. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Cucu Suhana, (2014). Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: PT. Refika Aditama. Dimyati, dan Mudjiono, (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. ___________________, (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Diani, Rahma & dkk. (2016). Uji Efect Size Model Pembelajaran Scramble dengan Media Video terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X MAN 1 Pesisir Barat Vol. 5 No. 2. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiruNi. Ginting, Abdurrahman. (2014). Esensi praktis belajar pembelajaran. Bandung Humainora. Hamalik, Oemar. (2000). Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara. Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia. Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kusdiwelirawan, (2014). Statistika Pendidikan. Jakarta: Uhamka Press. Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Konstektual: Konsep dan aplikasi. Bandung: Refika Aditama. M. Numan Somantri. (2001) Menggagas Pembaharuan IPS. Bandung Remaja Rosda Karya. Nur Hamiyah, dan Muhammad Jauhar, (2014). Strategi Belajar-Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Jakarta. Purwanto, (2014), Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Riadi Edi, (2014). Metode Statistika Parametrik dan Non Parametrik. Tangerang: Pustaka Mandiri. Riduwan, (2016). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta Rozana; Khalida Ulfah, Anang Santoso, Sugeng Utaya. 2016. Hubungan Motivasi Dengan Hasil Belajar IPS. Malang: Jurnal Pendidikan Vol. 1 No.8, Pendidikan Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Sugiyono, (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. ________, (2016). Cara Mudah Menyusun : Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta. ________, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. ________, (2017). Statistik Penelitian. Bandung: Alfabeta. Sumantri, Numan, (2001). Pembaharuan Pendidikan IPS. Bandung : Rosda Karya. Susanto Ahmad, (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. _____________, (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group. Nursid Sumaatmadja. (1984). Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung : Alumni. Shoimin, Aris. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum (2013). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Tri, A.C. (2007). Psikologi Belajar. Semarang: UPT MKK UNNES. Wijayanti. (2009). Psikologi Belajar. Semarang: PT Bumi Aksara. citation: Zaki, Fauzan Ismu dan Sukardi, Sukardi (2020) Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDI Ramah Anak. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15527/1/FKIP_PGSD_1601025266_FAUZAN%20ISMU%20ZAKI.pdf