TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui adanya Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDI Ramah Anak tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Eksperiment dengan Posttest-Only Control Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel yang akan digunakan ini adalah kelas IV C sebagai kelas eksperimen dan kelas IV D sebagai kelas kontrol. Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi point biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 34 soal yang terbukti valid dan 6 soal yang terbukti drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rhitung 0,913 ? Rtabel 0,361, sehingga dapat disimpulkan bahwa instrumen hasil belajar IPS telah dikatakan ?Reliabel. Uji persyaratan yaitu uji normalitas menggunakan Lilliefors dan uji homogenitas menggunakan Uji Fisher. Dari hasil belajar IPS pada kelas kontrol kondisi Post-test diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 0,1933 > 0.1062. dan di kelas Eksperimen pada kondisi Post-test diperoleh Fhitung > Ftabel 0,1933 > 0,1212 dengan n = 21 dan taraf signifikan a = 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa dari kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas didapat diperoleh Fhitung untuk Post-test = 2,124 Ftabel = 1.612 dan taraf signifikan a = 0,05. Karena hasil perhitungan Post-test Fhitung > Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa sampel tersebut adalah homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh bahwa Thitung> Ttabel= 2,926 > 2,021 pada taraf signifikan a = 0,05 dan derajat kebebasan (DK) = 40 maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh metode Scramble terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDI Ramah Anak. TI - Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV SDI Ramah Anak Y1 - 2020/// ID - repository15527 UR - http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15527/ M1 - bachelor AV - public PB - Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka A1 - Zaki, Fauzan Ismu A1 - Sukardi, Sukardi ER -