eprintid: 15526 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/26 datestamp: 2022-06-29 09:50:12 lastmod: 2022-06-29 09:50:12 status_changed: 2022-06-29 09:50:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Oktaviani, Indri Nur creators_name: Rohman, Izza creators_id: indrinuroktaviani16@gmail.com creators_id: izzarohman@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Tugu 11 Depok ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas V SDN Tugu 11 Depok semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain Quasi Experiment dengan jenis Posstest-Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel yang digunakan adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi point biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 30 soal valid dan 10 drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rhitung= 0,433 > 0,361 Rtabel. maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors diperoleh Lo 0,131< Lt 0,173, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan Uji Fisher diperoleh Fhitung 1,34 < Ftabel 1,95, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 4,68 dengan ttabel 2,0105 pada a = 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Tugu 11 Depok. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Arikunto. (2016b). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Dini, S. F. (2017). Pengaruh Penggunaan Model Project Citizen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam. Pengaruh Penggunaan Model Project Citizen Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, 1–9. Endayani, H. (2017). Pengembangan materi ajar ilmu pengetahuan sosial. Jurnal Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1), 92–110. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/download/1158/922 Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 24–29. https://doi.org/10.24269/dpp.v3i1.157 Fakhrurrazi, F. (2018). Hakikat Pembelajaran Yang Efektif. At-Tafkir, 11(1), 85. https://doi.org/10.32505/at.v11i1.529 Fitrianingtyas, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Melalui Model Discovery Learning Siswa Kelas IV SDN Gedang Anak. 1, 708–720. Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5 Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. https://doi.org/10.31294/ijse.v5i1.5861 Kusdiwelirawan. (2014). Statistika Pendidikan. Uhamka Press. Lazim, A. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar IPS Materi Pengertian Ruang dan Interaksi antar Ruang dengan Metode Time Token pada Siswa Kelas Vila SMPN 3 Praya Tengah Tahun 2016/2017. Society, 2(1), 14–18. https://movisa.org.mx/images/NoBS_Report.pdf Muliawan, J. U. (2016). 45 Model Pembelajaran Spektakuler. Ar-Ruzz Media. Nadawati. (2013). Belajar dalam Perspektif Psikologi Agama. Journal of Petrology, 1(1), 13–28. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 Nernia. (2011). Perbedaan Hasil Belajar Siswa yang di Ajar dengan Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) dan di Ajar dengan Tipe Teams Games Tournament (TGT) pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Wolowa. 1(1), 182–184. Pebrianti, A. P., & Pranata, O. H. (2018). Penerapan Cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share untuk Meningkatan Hasil Belajar Siswa tentang Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Beda. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 23–31. Pratiko, M. (2018). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa. 1–85. Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tanggerang. Pujangga, 1, 75–105. Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) pada Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–68. http://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/muallimuna Rahmayanti, V. (2016). Pengaruh Minat Belajar Siswa dan Persepsi atas Upaya Guru dalam Memotivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMP di Depok. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 206–216. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1027 Setiawan, S. M. (2018). “HELPER” Jurnal Bimbingan dan Konseling FKIP UNIPA. 35(1), 19–30. Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media. Simidi. (2015). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Strategi Pembelajaran Student Team Heroik Leadership terhadap kreativitas belajar pada siswa. EduTech, 1(1). Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Alfabeta. Sukirno. (2015). Pembelajaran IPS dengan Pendekatan Konstruktivisme. 2(1), 21–33. Susanto, A. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group. Syarifuddin, A. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Ta’dib, 16(01), 113–136. Tama, B. J. (2017). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Melalui Metode Team Assisted Individualization dan Metode Drill. 1(3), 322–332. Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Bumi Aksara. Widodo, & Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410 Widyawati, W. Y. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Picture and Picture Dalam Keterampilan Menulis Untuk Tingkat Universitas. KREDO : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 2(2), 226–241. https://doi.org/10.24176/kredo.v2i2.3027 Wijanarko, Y. (2017). Model Pembelajaran Make a Match. Vol. 01 No. 01 Juni 2017, 01(01), 52–59. citation: Oktaviani, Indri Nur dan Rohman, Izza (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Tugu 11 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15526/1/FKIP_PGSD_1601025265_INDRI%20NUR%20OKTAVIANI.pdf