%0 Thesis %9 Bachelor %A Oktaviani, Indri Nur %A Rohman, Izza %B Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan %D 2020 %F repository:15526 %I Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka %T Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Tugu 11 Depok %U http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15526/ %X Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture pada siswa kelas V SDN Tugu 11 Depok semester 2 tahun ajaran 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain Quasi Experiment dengan jenis Posstest-Only Control Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Sampel yang digunakan adalah kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas V B sebagai kelas kontrol. Pada uji validitas dengan menggunakan korelasi point biserial sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 30 soal valid dan 10 drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rhitung= 0,433 > 0,361 Rtabel. maka data tersebut memiliki instrument yang reliabel. Selanjutnya data dianalisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors diperoleh Lo 0,131< Lt 0,173, maka dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan Uji Fisher diperoleh Fhitung 1,34 < Ftabel 1,95, maka dapat disimpulkan bahwa uji homogenitas tersebut memiliki data varians kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan uji-t diperoleh thitung 4,68 dengan ttabel 2,0105 pada a = 0,05 maka dengan demikian Ho ditolak yang menyatakan bahwa adanya pengaruh yang signifikan pada pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Tugu 11 Depok.