eprintid: 15523 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/23 datestamp: 2022-06-29 09:41:29 lastmod: 2022-06-29 09:41:29 status_changed: 2022-06-29 09:41:29 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aji, Galih Baskoro creators_name: Zulherman, Zulherman creators_id: galih.baskoro.aji@gmail.com creators_id: zulherman@uhamka.ac.id title: Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Android Pada MilleaLab Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya proses pembuatan dan mengembangkan media pembelajaran berbasis android pada virtual reality pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya pada kelas V. Tahap awal uji media dilakukan pada 3 orang ahli media, 3 orang ahli materi, 3 guru kelas dari 3 sekolah yang berbeda wilayah. Jumlah sampel penelitian ini berjumlah 65 orang peserta didik. Data yang diambil menggunakan instrument angket kuesioner skala likert dengan nilai 1 sampai 5. Data yang diperoleh menunjukkan nilai: (1) Rata-rata nilai uji ahli media sebesar (76%) termasuk kriteria “Valid”. (2) Rata-rata nilai uji ahli materi sebesar (81%) termasuk kriteria “Sangat Valid”. (3) Rata-rata uji coba kelayakan produk oleh guru sebesar (83%) termasuk kriteria “Sangat Baik”. Dan (4) Rata-rata hasil ujicoba produk media oleh peserta didik sebesar (82%) termasuk kriteria “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media, ahli materi, uji kelayakan pada guru dan uji coba pada peserta didik bahwa media video pembelajaran pada millealab sangat baik dan layak digunakan pada pembelajaran kurikulum 2013 kelas V Sekolah Dasar pada materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Astuti, Endang Widia. 2017. “Aplikasi Sms Gateway Untuk Absensi Siswa Smk Menggunakan Skala Likert Di Smk Negeri 1 Nguling.” Jurnal SPIRIT 9(1): 62–67. Eka Irma Wati, Mohammad Ilyas, Endang Dwi Sulistyowati Program. 2017. “Pengembangan Media Mobile Learning Dalam Pembelajaran Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas X SMK.” Ilmu Budaya 1(May): 291–304. https://media.neliti.com/media/publications/240569-pengembangan-media-mobile-learning-dalam-2d6956eb.pdf. Endah, Norhayati, and Dkk. 2015. “Muallimuna : Jurnal Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Madrasah Ibtidaiyah 3(2): 116–27. Fitria, Nini et al. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Organ Tubuh Manusia Berbasis Videografis SMPN 1 Limbong.” Jurnal UNM. JANNAH, M., and J. JULIANTO. 2018. “Pengembangan Media Video Animasi Digestive System Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA Kelas V.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6(2): 254798. Lukman, Aprizal, Dwi Kurnia Hayati, and Nasrul Hakim. 2019. “Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal p Ada Pembelajaran I PA Kelas V d i Sekolah Dasar.” 5(21): 153–66. Muammad, Wasil, Samsu2 .M.L, and Putra3 Kuspandi Yupi. 2020. “Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Homestay Di Lombok Timur Berbasis Android.” Jurnal Informatika dan Teknologi 3(1): 2. O, Okediran O, Arulogun O T, Ganiyu R A, and Oyeleye C A. 2014. “Mobile Operating Systems and Application Development Platforms: A Survey.” Int. J 2201: 2195–2201. Panjaitan, Ruqiah Ganda Putri, Eko Sri Wahyuni, and Mega Mega. 2019. “Film Dokumenter Sebagai Media Pembelajaran Submateri Zat Aditif.” JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi) 4(2): 52–59. Pradana, Rizky, Sulton Sulton, and Arafah Husna. 2020. “Pengembangan E-Modul Berbasis Mobile Learning Seni Budaya Materi Konsep Budaya, Seni, Dan Keindahan Untuk Siswa Kelas X SMKN 1 Turen Malang.” JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 6(2): 89–96. Prayudha, I Putu Astya, A A Kt Agung Cahyawan Wiranatha, and I Made Sunia Raharja. 2017. “Aplikasi Virtual Reality Media Pembelajaran Sistem Tata Surya.” Merpati 5(2): 72–80. Rahadian, Miftah Fauzan, Addy Suyatno, and Septya Maharani. 2016. “Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game ‘The Relationship.’” Informatika Mulawarman : Jurnal Ilmiah Ilmu Komputer 11(1): 14. Rahman, Ahmad Zaid, Taufik Nur Hidayat, and Indra Yanuttama. 2017. “Media Pembelajaran Ipa Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android.” Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 5(1): 4-6–43. http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1797. Wahyuni, Eko Sri, and Yokhebed Yokhebed. 2019. “Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi Sma Negeri Di Kota Pontianak.” Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains 8(1): 32. Warsita, Bambang. 2018. “Mobile Learning Sebagai Model Pembelajaran Yang Efektif Dan Inovatif.” Jurnal Teknodik 14(1): 062. Yoyo Sudaryo, S E et al. 2019. METODE PENELITIAN SURVEI ONLINE DENGAN GOOGLE FORMS. Penerbit Andi. Yudhanto, Yudha, and Ardhi Wijayanto. 2018. Mudah Membuat Dan Berbisnis Aplikasi Android Dengan Android Studio. Elex Media Komputindo. citation: Aji, Galih Baskoro dan Zulherman, Zulherman (2020) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Android Pada MilleaLab Pada Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr.Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15523/1/FKIP_PGSD_1601025260_GALIH%20BASKORO%20AJI.pdf