eprintid: 15521 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/21 datestamp: 2022-06-29 09:31:41 lastmod: 2022-06-29 09:31:41 status_changed: 2022-06-29 09:31:41 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wahyuningsih, Fitrah creators_name: Rohman, Izza creators_id: wahyuningsihfitrah@gmail.com creators_id: izzarohman@uhamka.ac.id title: Disiplin Siswa dalam Pembiasaan Ibadah Salat Duha ispublished: pub subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-kualitatif dengan proses pengumpulan data menggunakan triangulasi data. Yang didalamnya mencangkup observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Guru SDS Muhammadiyah 08 Plus Duren Sawit Jakarta Timur. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan mengamati kegiatan pembiasaan ibadah salat duha di SDS Muhammadiyah 08 Plus Duren Sawit Jakarta Timur dan mencoba memahami faktor yang mempengaruhi kedisiplinan siswa dalam melaksanakan kegiatan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian bahwa peserta didik dalam melaksanakan pembiasaan salat duha sudah baik dan cukup disiplin. Akan tetapi dalam pembinaannya bahwa para peserta didik harus diperintahkan oleh para guru. Proses yang dilakukan guru dalam meningkatkan kedisiplinan adalah dengan memberikan keteladanan, pembiasaan dan pemahaman date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ali, A. M. (2018). Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya (Kencana (Ed.)). Prenamedia Group. Ar-Rahbawi, A. Q. (2018). Fikih Shalat Empat Mahzab. Elex Media Komputindo. Chaer, A. (2009). Psikolinguistik : kajian teoretik. Rineka Cipta. Habibillah, M. (2015). Kitab Terlengkap Panduan Ibadah Muslim Sehari-hari (Rusdianto (Ed.)). Saufa. Ibeng, P. (2020). Disiplin : Pengertian,Tujuan, Manfaat, Macam, dan Contohnya. https://pendidikan.co.id/disiplin-pengertiantujuan-manfaat-macam-dancontohnya/ Imron, & Mustofa. (2017). Shalat Duha Dulu, Yuk! Diva Press. Kristin, F., & KencanaSari, F. F. (2019). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa dalam Mata Kuliah Konsep Dasar IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 31. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.17810 Nashir, H. (2017). Memahami Ideologi Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah. Pimpinan Pusat Muhammadiyah. (2009). Himpunan Putusan Tarjih Muhammadiyah. Suara Muhammadiyah. RI, D. (2015). Al-Quran Terjemahan Al-Muhaimin. Al-Huda Gema Insani. Rosmery. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter Disiplin. Lentera Abadi. Salahudin, A., & Alkrienciehie, I. (2013). Pendidikan Karakter Pendidikan Berbasis Agama dan Budaya Bangsa (T. R. P. Setia (Ed.)). CV Pustaka Setia. Sulistyowati, P., Sunah, V. H., & Setiawan, D. A. (2018). Kajian Pendidikan Karakter Berbasis Religi dalam Menangani Problematika Kenakalan Anak SDN Gadang 1 Malang. Kajian Pendidikan, 8(12), 37–44. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/jrnspirasi/article/view/2639 Tu’u, T. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku Dan Prestasi Siswa (Kristiadi Wibowo (Ed.)). Grasindo. Vitaria, N. (2017). Bangun Karakter Disiplin dan Etos Kerja Siswa. Vigi Bless. Wiyanti, A., & Purwandari (Eds.). (2019). Pengutan Pendidikan Karakter. Lentera Abadi. Wiyanti, N. A. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasinya Disekolah. Pedagogia. Yaumi, M. (2018). Pendidikan Karakter, Landasan, Pilar dan Implementasi (B. Nuraeni, S. Farimah, & N. Hasan (Eds.)). Prenamedia Group. Zaitun, & Habiba, S. (2013). Implementasi Salat fardu. 11. citation: Wahyuningsih, Fitrah dan Rohman, Izza (2020) Disiplin Siswa dalam Pembiasaan Ibadah Salat Duha. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15521/1/FKIP_PGSD_1601025257_FITRAH%20WAHYUNINGSIH.pdf