eprintid: 15518 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/55/18 datestamp: 2022-06-29 08:26:37 lastmod: 2022-06-29 08:26:37 status_changed: 2022-06-29 08:26:37 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Wijayanti, Ari creators_name: Bunyamin, Bunyamin creators_id: bunyamin@uhamka.ac.id title: Konsep Etika Menurut Al-Ghazali Dan Immanuel Kant (Studi Komparatif) ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Pendidikan Merupakan Bagian Penting Dari Kehidupan Manusia Yang Tak Pernah Bisa Ditinggalkan. Pendidikan Bertujuan Untuk Membentuk Watak Dan Karakter Peserta Didik Tertuang Dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Didalam Dunia Pendidikan, Ternyata Berkembang Berbagai Bentuk Perilaku Yang Acap Justru Tidak Sesuai, Bahkan Kontradiktif Dengan Nilai-Nilai Etika. Bentuknya Bermacam-Macam, Mulai Dari Perilaku Para Pendidik Yang Tidak Mencerminkan Jiwa Kependidikan, Birokrasi Yang Menyimpang, Bisnis Disekolah, Kekerasan, Hingga Perilaku Siswa Yang Semakin Banyak Menjauh Dari Koridor Nilainilai Etika. Sesuai Dengan Karakteristik Masalah Yang Diangkat Dalam Skripsi Ini Maka Dalam Penulisannya, Penulis Menggunakan Metode Analisis Isi, Yaitu Mengambil Data Dari Beberapa Bahan Buku Yang Dijadikan Sebagai Bahan Referensi. Pendekatan Kualitatif Penulis Gunakan Untuk Menganalisis Tentan Konsep Etika Menurut Al-Ghazali Dan Immanuel Kant. Penganalisian Data Ini Lebih Difokuskan Pada Penelitian Kepustakaan (Library Research), Yakni Mencari, Mengumpulkan, Membaca, Menyusun, Serta Menganalisis Buku-Buku Yang Sesuai Dengan Judul Skripsi “Konsep Etika Menurut Al-Ghazali Dan Immanuel Kant”. Berdasarkan Penelitian Yang Telah Dilakukan, Maka Penulis Menyimpulkan Konsep Etika Al-Ghazali Dan Immanuel Kant Sangat Berpengaruh. Persamaan AntaraKonsep Etika Menurut Al-Ghazali Dan Immanuel Kant Ialah Keduanya Sama-Sama Menolak Metafisika Spekulatif Dogmatik. Sedangkan Perbedaan Etika Al-Ghazali Dan Immanuel Kant Adalah Etika Al-Ghazali Bersifat Wahyu Yakni Berlandaskan Al-Quran Dan Sunnah, Sedangkan Etika Immanuel Kant Bersifat Rasio Yakni Sesuai Dengan Kehendak Manusia. Implikasi Konsep Etika Al-Ghazali Ialah Terciptanya Disiplin Akhlak Pada Peserta Didik Yang Selalu Bersandar Al-Quran Dan Sunnah. Implikasi Konsep Etika Immanuel Kant Ialah Terwujudnya Pemikiran Peserta Didik Yang Lebih Rasional Dalam Menjalani Kehidupan Yang Lebih Adil Dan Bijaksana Dengan Mengambil Keputusan Dalam Setiap Menyelesaikan Persoalan date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdullah, M Amin, 2002, Antara Al-Ghazali dan Kant Filsafat Etika Islam, Bandung: Mizan Abdullah,Yatimin, 2006, Pengantar Studi Etika, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Aceh, Aboebakar, 1989, Sejarah Filsafat Islam, Solo: Anggota Ikapi Adisusilo, Sutarjo, 2012, Pembentukan Nilai Karakter Kontruktivisme dan VCT sebagai inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif, Jakarta: Rajawali Pers. Afrizal, 2014, Metode Penelitian Kualitatif: Sebuah Upaya Mendukung Penggunaan Penelitian Kualitatif dalam Berbagai Disiplin Ilmu. Jakarta: Rajawali Pers Assegaf, Abd Rachman, 2013, Aliran Pemikiran Pendidikan Islam: Hadharah Keilmuan Tokoh Klasik Sampai Modern. Jakarta: Rajawali Pers Bertens, K, 1993, Etika, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Daradjat, Zakiyah, 1985, Nilai-nilai Moral di Indonesia, Jakarta: Bulan Bintang Desmita, 2009, Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Djatnika, Rachmat, 1985, Sistem Ethika Islami (Akhlak Mulia), Surabaya: Pustaka Islam. Emzie, 2008, Metodelogi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Fauzan, Suwito, 2008, dan Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta: Kencana Gunawan, Imam, 2013, Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik, Jakarta: PT Bumi Aksara. Hamersma, Harry, 1983, Tokoh-tokoh Filsafat Barat Modern, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama Hanafi, Ahmad, 1991, Pengantar Filsafat Islam, Jakarta: Bulan Bintang Huberman, Miles Matthew B dan A. Michael, 1992, Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru, Jakarta: UI Press HW, Teguh Wangsa Ghandi, 2011, Filsafat Pendidikan Mazhab-mazhab Filsafat Pendidikan, Yogyakarta: AR RUZZ Media Ilyas, Yunahar, 1999, Kuliah Akhlak, Yogyakarta: Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam. Jalaluddin, 1994, Filsafat Pendidikan Islam: Konsep dan Perkembangan Pemikirannya, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Kant, Immanuel, 2005, Kritik Atas Akal Budi Praktis, penerjemah: Nurhadi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Karim, Adiwarman Azwar, 2008, Sejarah Pemikiran Ekonomi Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada Kattsoff, Louis O, 2004, Pengantar Filsafat, Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya. Leaman, Oliver, 1989, Pengantar Filsafat Islam (Abad Pertengahan), Jakarta: Rajawali Masyhur, Kahar, 1985, Membina Moral dan Akhlak, Jakarta: Kalam Mulia Mu’in, Fatchul, 2011, Pendidikan Karakter : Konstruksi Teoritik dan Praktik. Yogyakarta: AR RUZZ Media. Muhaimin, 2014, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Disekolah Madrasah dan Perguruan Tinggi, Jakarta: Rajawali Pers. Muhajir, As’aril, 2010, Ilmu Pendidikan Perspektif Kontekstual, Yogyakarta: AR RUZZ Media Mujtahid, Zainuddin nur ali, 2009, Pendidikan Islam: dari paradigma klasik hingga kontemporer, Malang: UIN Malang Press Musfiqon, 2012, Panduan Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya Nasution, Muhammad Yasir, 1988, Manusia Menurut al-Ghazali, Jakarta: Rajawali, 1988 Nasution, Muhammad Yasir, 1988, Manusia Menurut al-Ghazali, Jakarta: Rajawali, Nata, Abuddin, 2012, Akhlak Tasawuf, Jakarta: Rajawali Pers. Nazir, Mohammad, 1988, Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia. Praja, Juhaya S, 2003, Aliran-aliran Filsafat dan Etika, Jakarta: Kencana Prawironegoro, Darsono, 2010, Filsafat Ilmu, Jakarta: Nusantara Consulting. Qayyun, Abdul, 1985, Surat-surat Al-Ghazali: kepada Para Penguasa, Pejabat Negara dan Ulama sesamanya, Bandung: Mizan Quasem, Muhammad Abul, 1975, Etika Al-Ghazali Etika Majemuk di Dalam Islam, terj: J. Mahyudin. Bandung: Pustaka Ridjaluddin, 2009, Filsafat Pendidikan Islam Pandangan K.H Ahmad Dahlan dan Beberapa Tokoh Lainnya, Pemecahan Problem Pendidikan Bang, Jakarta: Pusat Kajian Islam FAI Uhamka Rusn, Abidin Ibn, 2009, Pemikiran al-Ghazali Tentang Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar Safroni, Ladzi, 2013, al-Ghazali Berbicara Tentang Pendidikan Islam, Malang: Aditya Media Publishing. Salam, Burhanuddin, 2000, Etika Individual (Pola Dasar Filsafat Moral), Jakarta: PT Rineka Cipta. Setiadi, Elly M, 2006, Ilmu Sosial dan Budaya Dasar, Jakarta: Kencana. Setyosari, Punaji, 2015, Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi Keempat, Jakarta: Prenadamedia Group. Soewadji, Jusuf, 2015, Pengantar Metode Penelitian, Jakarta: Mitra Wacana Media. Soleh, Khudori, 2009, Skeptisme Al-Ghazali, Malang: UIN Malang Press, Solomon, C Robert, 1984, Etika Suatu Pengantar, Jakarta: Sapdodadi Sugiyono, 2010, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta Surajiyo, 2005, Ilmu Filsafat Suatu Pengantar, Jakarta: PT Bumi Aksara. Susanto, A, 2010, Filsafat Ilmu: Suatu Kajian dalam Dimensi Ontologis, Epistemologi, dan Aksiologi, Jakarta: PT Bumi Aksara. Suseno, Frans Magnis, 1997, 13 Tokoh Etika Sejak Zaman Yunani Sampai Abad ke- 19, Yogyakarta: Kanisius Suseno, Frans Magniz, 1987, Etika Dasar Masalah-masalah Pokok Filsafat Moral, Yogyakarta: Kanisius. Syafiie, Inu Kencana, 2004, Pengantar Filsafat, Bandung: PT Refika Aditama. Teichman, Jenny, 1998, Etika Sosial, Yogyakarta: Kanisius. Thaha, Ahmadie, 1986, Tahafut al-falasifah: Kerancuan para filosuf, Jakarta: Pustaka Panjimas Tjahjadi, Simon Petrus L, 1991, Hukum Moral Ajaran Immanuel Kant Tentang Etika dan Imperatif Kategoris, Yogyakarta: Kanisius Tjahjadi, Simon Petrus L, 2004, Petualangan Intelektual, Yogyakarta: Kanisius Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Vos, De, 1987, Pengantar Etika, Yogyakarta: PT Tiara Wacana Yogya. Zaprulkhan, 2015, Filsafat Ilmu: Sebuah Analisis Kontemporer, Jakarta: Rajawali Pers. Zubair, Achmad Charis, 1995, Kuliah Etika, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada citation: Wijayanti, Ari dan Bunyamin, Bunyamin (2016) Konsep Etika Menurut Al-Ghazali Dan Immanuel Kant (Studi Komparatif). Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15518/1/FAI_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM_%201307015010_%20ARI%20WIJAYANTI.pdf