eprintid: 15516 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3871 dir: disk0/00/01/55/16 datestamp: 2022-06-29 08:21:14 lastmod: 2022-06-29 08:21:14 status_changed: 2022-06-29 08:21:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hilya, Hilya creators_name: Trihandayani, Dewi title: Hubungan Islamic Parenting Dan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Agresi Anak SMP Negeri 139 Jakarta Timur ispublished: pub subjects: BF subjects: Skripsi divisions: 16 abstract: Agresivitas yang dilakukan oleh individu akan berdampak terhadap individu terkait, terlebih bagi anak SMP. Tidak hanya di sekolah, anak SMP sudah banyak melakukan agresi dimana saja. Penelitian ini ingin melihat hubungan antara islamic parenting dan kecerdasan emosi dengan perilaku agresi. Dalam penelitian ini melibatkan 122 responden dengan menggunakan 3 skala yaitu, islamic parenting questionnaire (IPQ), Trait Emotional Intelligence Questionnaire (TEIQue), Aggression scale. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang signifikan anatara kecerdasan emosi dengan islamic parenting , begitu juga kecerdasan emosi dengan perilaku agresi, tetapi islamic parenting dengan perilaku agresi tidak memiliki hubungan yang signifikan. Jika kecerdasan emosi dengan perilaku agresi di kendalikan (di control) oleh islamic parenting adalah sebesar -0.197 dengan taraf signifikansi sebesar 0.030 < 0,05 . Hal ini menunjukan bahwa terjadi hubungan negative yang rendah namun signifikan. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA department: Fakultas Psikologi thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agresivitas yang dilakukan oleh individu akan berdampak terhadap individu terkait, terlebih bagi anak SMP. Tidak hanya di sekolah, anak SMP sudah banyak melakukan agresi dimana saja. Penelitian ini ingin melihat hubungan antara islamic parenting dan kecerdasan emosi dengan perilaku agresi. Dalam penelitian ini melibatkan 122 responden dengan menggunakan 3 skala yaitu, islamic parenting questionnaire (IPQ), Trait Emotional Intelligence Questionnaire (TEIQue), Aggression scale. Hasil penelitian menunjukan ada hubungan yang signifikan anatara kecerdasan emosi dengan islamic parenting , begitu juga kecerdasan emosi dengan perilaku agresi, tetapi islamic parenting dengan perilaku agresi tidak memiliki hubungan yang signifikan. Jika kecerdasan emosi dengan perilaku agresi di kendalikan (di control) oleh islamic parenting adalah sebesar -0.197 dengan taraf signifikansi sebesar 0.030 < 0,05 . Hal ini menunjukan bahwa terjadi hubungan negative yang rendah namun signifikan. Orpinas, Pamela, Nancy Murray, and Steven Kelder. "Parental influences on students’ aggressive behaviors and weapon carrying." Health Education & 2Behavior 26.6 (1999): 774-787 Petrides, Kostantinos V. "Psychometric properties of the trait emotional intelligence questionnaire (TEIQue)." Assessing emotional intelligence.Springer US, 2009. 85-101 Rachman.F.(2014). Islamic Teen Parenting.Ciracas,Jakarta : Erlangga Riswanto,Indra. (2013). Pemgembangan Soal Tes Potensi Akademik Numerik Penerimaan Siswa Baru SMP Berbantuan Media Berbasis Wireless Application Protocol Java 2 Micro Edition (J2ME). Salovey, Peter, and John D. Mayer."Emotional intelligence." Imagination, cognition and personality 9.3 (1990): 185-211 Santrock.J.W. (2007) Perkembangan Anak Edisi Kesebelas Jilid 2, Ciracas, Jakarta : Erlangga Santrock.J.W. (2015).remajaedisi ke sebelas jilid 1. Ciracas : Erlangga Sugiyono (2007).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,Dan R&D. Bandung : Alfabeta Sugiyono. (2015) metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung : Alfabeta Syamsir.H. (2014) Modern Isamic Parenting.Solo : PQS Media Group Syarbini.A .(2016). Pendidikan Karakter Berbasis KeluargaJogjakarta : AR-RUZZ MEDIA Wahyuni,S.W (2015). Islamic Parenting: Solusi Komperensif Terhadap Permasalahan Remaja Indonesia. The 1st Nasional Conference on Islam Psychology and The 1st inter-Islamic University Conference on Psychology. Book of abstract hal 1 paragraf 1 Walgito.B. (1981).Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta : C.V ANDI citation: Hilya, Hilya dan Trihandayani, Dewi (2016) Hubungan Islamic Parenting Dan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Agresi Anak SMP Negeri 139 Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15516/1/FPSI_PSIKOLOGI_1209015042_HILYA.pdf