eprintid: 15511 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/11 datestamp: 2022-06-29 08:00:36 lastmod: 2022-06-29 08:00:36 status_changed: 2022-06-29 08:00:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Azzhara, Nadya creators_name: Erwin, Erwin creators_id: Azzhara23@gmail.com title: Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Matraman Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L subjects: Q1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di SD Muhammadiyah 3 Matraman Jakarta Timur pada semester II tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimen, dengan pengambilan data skor menggunakan desain Posttest Only. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik sampling jenuh. Sampel yang diteliti sebanyak 50 siswa yang terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Uji instrumen dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Dari uji validitas dengan Korelasi Point Biserial didapat 30 soal yang valid dari 40 butir test. Untuk pengujian reliabilitas dengan K-R 20 didapat Rhitung > Rtabel (0,882 > 0,361), sehingga instrumen ini dikatakan reliabel. Dari hasil pengujian normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors untuk kelas eksperimen, diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0.0787 < 0,173, dan untuk kelas kontrol diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0.1100 < 0,173. Maka dapat disimpulkan kedua data tersebut berdistribusi normal.. Hasil perhitungan homogenitas dengan menggunakan uji Fisher diperoleh Fhitung< Ftabel yaitu 2,113 < 2,62. Maka dapat disimpulkan bahwa kedua data tersebut homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan nilai rata-rata kelas eksperimen didapat sebesar 85,28 dan rata-rata nilai untuk kelas kontrol sebesar 75,76. Dari hasil perhitungan diperoleh Thitung= 4,407 pada taraf signifikan a=0,05 dengan derajat kebebasan (dk) = 48 seharga 2,018. Karena Thitung> Ttabel (4,407 > 2,018) maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, maka hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Visual Auditori Kinestetik pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 3 Matraman. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aqib, Z. (2011). Pendidikan Karakter Membangun Prilaku Positif Anak Bangsa. Jakarta: Yrama Widya. Aunurrahman. (2012). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. Dalyono, M. (2010). Psikologi Pendidikan Jakarta. Jakarta: Rineka Cipta. DePorter, B. dkk. (2013). Quantum Learning. Bandung: Kaifa. Emzir. (2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers. Kusdiwelirawan, A. (2014). Statistika Pendidikan. Uhamka Press. Muakhirin, B. (2014). PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN INKUIRI PADA SISWA SD Binti. Jurnal Ilmiah Guru “COPE,” (01). Nurdyansyah, & Fahyun, E. F. (2016). Inovasi MOdel Pembelajaran. Sidoarjo: NIzamia Learning Center. Priansa, D. J. (2017). Pengembangan Model Pembelajaran dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia. Purwanto. (2013). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Russel, L. (2012). The Accelerated Learning Fieldbook. Bandung: Penerbit Nusa Media. Sadirman. (2011). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Sayekti, I. C., & Kinasih, A. M. (2017). Kemampuan Guru Menerapkan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Ipa Pada Siswa Kelas Iv B Sdm 14 Surakarta. Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 97–105. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.4464 Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media. Siregar, E., & Nara, H. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Ghalia Indonesia. Siregar, S. (2012). Statistika Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara. Sudjana. (2005). Metode statistika. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kaalitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Suharsimi, A. (2012). Prosedur Penelitian. 2012: Rineka Cipta. Sumantri, M. S. (2016). Strategi Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Suprijono, A. (2015). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Surya, Y. F. (2017). PENERAPAN METODE EKSPERIMENUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 011 LANGGINI KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Basicedu, 1(1), 10–20. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.416 Susanto, A. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana. Syaiful, S. (2012). konsep Dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta. 1. Tursinawati. (2013). ANALISIS KEMUNCULAN SIKAP ILMIAH SISWA DALAM PELAKSANAAN PERCOBAAN PADA PEMBELAJARAN IPA DI SDN KOTA BANDA ACEH. Jurnal Pionir, 1(1), 67–84. citation: Azzhara, Nadya dan Erwin, Erwin (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Visual Auditory Kinestetik (VAK) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 3 Matraman Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15511/1/FKIP_PGSD_1601025255_NADYA%20AZZHARA.pdf