%I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %T Kepemilikan Media dan Pengaruhya Terhadap Pemberitaan Partai Nasional Demokrat (NasDem) di Surat Kabar Media Indonesia (Analisis Isi Kualitatif Pada Pemberitaan Partai NasDem di Media Indonesia edisi Februari 2014) %A Ummi Hadyah Saleh %A Said Ramadhan %A Husnan Nurjaman %X Sejak era reformasi muncul kecenderungan kepemilikan tunggal berbagai media massa baik cetak, elektronik dan online. Kecenderungan ini mengakibatkan pengurangan informasi oleh pemilik media tersebut. Terlebih lagi, jika ia adalah seorang ketua Partai Politik. Karena itu, menjelang Pemilu legislatif atau Pemilu Presiden 2014, banyak media menjadi ajang kampanye bagi caleg atau capres tertentu. Peneliti tertarik mengkaji kepemilikan media dan pengaruh pemberitaan Partai NasDem di Surat Kabar Media Indonesia. Paradigma untuk penelitian ini adalah kritis. Penelitian menggunakan teori ekonomi politik media untuk membongkar praktik ekonomi politik. Selain itu, penelitian menggunakan teori pola isi media untuk melihat pola pemberitaan di Surat Kabar Media Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam, dokumentasi dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis isi kualitatif untuk menjelaskan ideologi apa yang ada di balik pemberitaan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pola pemberitaan di Media Indonesia cenderung menonjolkan sisi positif Partai NasDem edisi Februari 2014. Selain itu, adanya pemberitaan Partai NasDem yang menjadi alat komoditas untuk bersaing pada Pemilu 2014 dan dipengaruhi juga oleh faktor-faktor yang mempengaruhi isi media dan ideologi kapitalis yang menjadikan isi pemberitaan Media Indonesia dalam memenangkan Pemilu 2014. Untuk penelitian sejenis pada masa mendatang, peneliti menyarankan agar dikaji pemberitaan terhadap kepemilikan media dengan Teori Kapitalis di mana orientasi media lebih mencari keuntungan sebanyak-banyaknya. Selain itu, diharapkan masyarakat lebih peka, terhadap pemberitaan menyangkut kepemilikan media, agar lebih selektif dan kritis dalam menerima setiap informasi yang disampaikan oleh media massa. %D 2015 %L repository15510