eprintid: 15508 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/55/08 datestamp: 2022-06-29 07:55:26 lastmod: 2022-06-29 07:55:26 status_changed: 2022-06-29 07:55:26 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Safira, Putri Balqis creators_name: Kusnadi, Engkus creators_id: putribalqis2502@gmail.com creators_id: engkus255@gmail.com title: Upaya Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD Kelas III MI Assalafiyah Kampung Rambutan Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian dilakukan berangkat dari latar belakang perlu adanya pembaharuan dalam meningkatkan kreativitas guru ketika proses pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah dikarenakan lemahnya kualitas belajar siswa. Pada saat terjadinya kegiatan proses pembelajaran, materi pembelajaran tidak kontekstual dan kinerja siswa terlihat rendah, baik dari proses dan produk belajarnya. Hal itu dikarenakan guru masih menggunakan pembelajaran dengan pendekatan konvensional atau ceramah. Dengan teknik mengajar guru tersebut sehingga menimbulkan kejenuhan siswa dalam proses belajar sehingga siswa tidak memiliki minat dan motivasi dalam belajar. Berdasarkan dari permasalahan yang telah diuraikan di atas, peneliti berharap dengan adanya penelitian ini guru dapat memainkan perannya sebagai inovator pembelajarn. Guru mutlak mengembangkan kreativitasnya dalam mengajar di Kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui pendekatan kooperatif tipe STAD kelas III MI Assalafiyah Kampung Rambutan Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas untuk mendapatkan data dan analisisnya. Pengembangan program didasarkan data-data dari siswa, guru dan setting sosial kelas secara alamiah melalui dua tahapan siklus. Dalam rangka meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dilakukan PTK dengan menggunakan pendekatan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penilitian ini dilaksanakan bertempat di MI Assalafiyah Kampung Rambutan Jakarta Timur dengan tahapan dua siklus. Pada siklus pertama, siswa belum biasa belajar dengan kondisi pembelajaran kooperatif tipe STAD. Sehingga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang pembelajaran date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Abin Syamsudin M, 2003, Psikologi Pendidikan, Bandung : Rosda Karya Remaja. Aliwanto, 2017, ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA, Jurnal Konseling GUSJIGANG. Aminbojonegoro. 2009. Pembelajaran Kooperatif. Dalam jurnal pembelajaran kooperatif. An-Nahlawi, Abdurrahman, Ushulut Tarbiyatil Ilmiyah wa Asalibuha, Ter. Hery Noer Aly, Bandung: CV. Diponegoro, 1989. Nurmi, M. (2012). STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Jurnal strategi pembelajaran kooperatif. Hamalik. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara Muhibbin Syah. 2011. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nidawati, 2013, BELAJAR DALAM PERSPEKTIF PSIKOLOGI DAN AGAMA, Jurnal Pionir. Nurhadi dan Agus G. S.. 2003. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang. Perdy Karuru. 2003. “Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Seting Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Kualitas Belajar IPA Siswa SLTP.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. Slavin, Robert E.. 1995. Cooperative Learning: Theory, Research, And Practice. Boston. Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosdikarya. Sugiyono, 2014, Statistika untuk penelitian. Bandung: Alfabeta. Sulastri, Imran, dan Arif firmansyah, 2014, hal.92 Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 2 Limbo Makmur Kecamatan Bumi Raya, Jurnal Kreatif Tadulako. Ummul Khair, 2018, Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI, AR-RIAYAH : Jurnal Pendidikan Dasar. Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. Wina Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media citation: Safira, Putri Balqis dan Kusnadi, Engkus (2020) Upaya Meningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Kooperatif Tipe STAD Kelas III MI Assalafiyah Kampung Rambutan Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15508/1/FKIP_PGSD_1601025252_PUTRI%20BALQIS%20SAFIRA.pdf