eprintid: 15503 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/55/03 datestamp: 2022-06-29 07:37:04 lastmod: 2022-06-29 07:37:04 status_changed: 2022-06-29 07:37:04 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Aulia, Suci Hardianty creators_name: Basuki, Maryono creators_name: Rahman, Nurlina creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pengaruh Visual Merchandising The Body Shop terhadap minat beli customer di The Body Shop Plaza Senayan ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Visual Merchandising merupakan bagian dari komunikasi pemasaran yang digunakan untuk mengkomunikasikan nilai dari perusahaan dan citra kualitas dari produknya kepada customer dengan tujuan untuk mendorong customer melakukan pembelian. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori SOR yang asumsi dasarnya adalah bahwa media komunikasi menimbulkan efek yang terarah dan langsung terhadap komunikan serta terori hirarki AIDA yang merupakan salah satu teori dasar yang banyak digunakan dalam dunia marketing sebagai tahapan yang harus diingat dalam proses penjualan sebuah produk atau jasa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksplanatif. Penelitian ini tidak sekedar menggambarkan fenomena tapi telah mencoba menjelaskan mengapa fenomena itu terjadi dan apa pengaruhnya. Dengan kata lain penelitian ini menjelaskan hubungan antar dua variabel. Data dikumpulkam dengan menyebarkan angket kepada responden yang masuk ke toko The Body Shop Plaza Senayan atau yang biasa disebut dengan Accident Sampling. Setelah itu hasil penelitian di analisa dengan data statistik dengan uji validitas dan reliabilitas serta korelasi non parametric Kendal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, tabel X yakni kualitas visual merchandising The Body Shop berada pada kategori sedang dengan skor 87,75 –99,77. Tabel variabel Y berada pada kategori minat beli sedang dengan skor 32,11 – 40,14, dengan nilai signifikan -0,163 Ho ditolak karena karena lebih dari 0,05, artinya kualitas Visual Merchandising The Body Shop tidak mempengaruhi minat beli customer di The Body Shop Plaza Senayan date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Alvonco, Johnson. 2011. Practical Communication Skill. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. Anoraga, Pandji. 1995. Manajemen Bisnis. Jakarta: Rineka cipta Ardianto, Elvinaro dan Q Annes, Bambang. 2009. Filsafat Ilmu Komunikasi, Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Belch, Nurbenny. 1995, Teori Keputusan Pembelian “AIDA(S)”. Jakarta: Kencana Blackwell, R D., Miniard, P.W., & Engel, J. F. 1995. Consumer Behaviour. Texas: Harcourt Collage Publishers Colborne, R. 1996. Visual merchandising the business of merchandise presentation. Albany, New York: Delmar. Conny R. Semiawan, Made, Putrawan dan Setiawan.1999. Dimensi Kreatif dalam Filsafat Ilmu. Bandung: Remaja Rosdakarya Davis, B. and Ward, P. 2002. Managing Retail Consumption. Wiley, London. Effendy, OnongUchjana. 1993. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra AdityaBakti Effendy, OnongUchjana. 2003. Ilmu Komunikasi, Teori, dan Filsafat Komuniaski. Bandung: PT Citra AdityaBakti Effendy, OnongUchjana. 2007. Ilmu, Teori, dan Praktek. Bandung: PT Citra AdityaBakti Effendy, OnongUchjana. 2009. Komunikasi, Teori, dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Hurlock, Elizabeth. 1978. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga Kriyantono, Rachmat. 2006. Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Pranada Media Group Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran Edisi Millenium. Jakarta: Prehallindo Kartini Kartono, 1980. Pengantar Metodologi Research Sosial. Alumni, Bandung Lewison, Dale M. & DeLozier, M. Wayne. 1989. Retailling,3rd ed. Ohio: Merrill Publishing Company McGoldrick, P. 1990. Retail Marketing. Maidenhead: McGraw-Hill. Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. RemajaRosdakarya Offset-Bandung Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi. Bandung: PT. RemajaRosdakarya Offset-Bandung Morrison, M Alstair. 2007. Marketing. Dialih bahasakan oleh Hilmi Alifahmi: Jakarta Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Mowen, J. C., & Minor, M. 2001. Consumer Behaviour: A Framework. New Jersey: Prentice Hall. Nurbenny, 2005. Model-model Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Rosdakarya Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada Omar, O. 1999. Retail Marketing. London: Pitman Publishing. Pace, R Wayne dan Faules Don F. 2006.Komunikasi Organisasi. Bandung: PT. RemajaRosdakarya. Pandji, Iskandar. 1995. Psikologi Konsumen. Jakarta: Bumi Aksara. Priandanu, F R. 2012. Pengaruh Selebriti Endoser Terhadap Minat Beli Konsumen yang Dimediasi Oleh Sikap Beli. Skrispi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: P.T. RemajaRosdakarya. Rudy, Jusup Sutiono. 2009. Visual Merchandising Atraction. Jakarta: PT. Gramedika Pustaka Utama Rumanti, Maria Assumpta. 2005. Dasar- dasar Public Relation, Teori dan Praktek. Bandung : Remaja Rosdakarya Rumanti, Maria Assumpta. 2002. Dasar- dasar Public Relation, Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Grasindo Salim, A. (2001). Teori & Paradigma Penelitian Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana. Schiffmen, L. G., Kanuk, L. K. 2006. Consumer Behaviour. India: Pearson Education Inc. Sendjaja, Sasa Djuarsa dan kawan-kawan. 2002. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Universitas Terbuka. Soekamti, Toeti. 1995. Validasi Pengukuran di Kawasan Afektif. Jakarta: PP IKIP. Suryabrata, Sumardi. 1985. Metode Penelitian. Jakarta: CV. Rajawali. Karya Ilmiah Arifin, 2004. Pengaruh Tayangan Iklan The Sariwangi versi “Mari Ngeteh Mari Bicara” Episode Undangan Di Televisi terhadap Minat Khalayak Di lingkungan RW. 02 Kelurahan Keramat Pela Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Wismoyo, A. Pambudi. 2011. Penagruh Atmosfir Toko terhadap minat beli customer pada MIrota Batik Jogja. Depok: Universitas Indonesia Ignatius, V Wijaya Adi. 2015. Pengaruh Suasana Toko (Store Atmosphere) dan lokasi terhadap Minat Beli konsumen pada Koffin Store di Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Bakaji, K., dan Babu, Kishore. (2016). The Impact of Visual Merchandising on Consumer Impulse Buying Behavior with Reference to Retail Stores in Tirupati, Andhrapradesh, India. International Journal of Core Engineering & Management (IJCEM). Volume 3, Issue 1, April 2016 Baker, Julie, A. Parasuraman, Dhruv Grewal, & Glenn B. Voss.2002. The influence of multiple store environment cues on perceived merchandise value and patronage intentions. Journal of Marketing, 66, 2, 120-141. Husain, Mohd. Arif. 2013. Impact of Visual Merchandising on Consumer Buying Behaviour at Big Bazaar. IJEMR – March 2013 – Vol 3 Issue 3 – Online – ISSN 2249 – 2585 – Print – ISSN 2249 – 8672. Iqbal, Azmiya et. Al. 2011. Visual Merchandising dan Customer Appeal. Bahrain: Birla Institute of Technology Kerfoot, S., Davis, B., Ward, P. 2003. Visual merchandising and the creation of discernible retail brands. International journal of Retail and Distribution Management, Vol. 31, 143-152. Madhavi, S. dan Leelavati, T. S. 2013. Impact of Visual Merchandising on Consumer Behaviour towards Women Apparel. International Journal of Management Research and Business Strategy. Vol. 2, No. 4, October 2013. Marsh, H. 1999. Pop Stars of the Retail World. Marketing, January, pp 20-32 Mehta, Abhilasha. 1994. How Advertising Respon Modeling (ARM) can Increase Ads Effectiveness. Jounal of Marketing Research Online http://www.antarnews.com/berita/400824/pasar-kosmetik-indonesia-menjanjikan/ Diakses pada hari Kamis tanggal 07 April 2016, Pukul 12:30. http://www.retail-week.com/sectors/health-and-beauty/the-body-shop-generates- 91-profit-jump-in-2012-with-brand-revamp/5046074.article/ Diakses pada hari Minggu tanggal 08 Mei 2016, Pukul 12:00. http://www.thebodyshop.co.id// Diakses pada hari Senin tanggal 05 September 2016, Pukul 08:30 http://www.seanterogarment.com//visual-merchandising-didalam-bisnis-fashionretail/. Diakses pada Senin tanggal 05 September 2016, Pukul 14.00 citation: Aulia, Suci Hardianty dan Basuki, Maryono dan Rahman, Nurlina (2018) Pengaruh Visual Merchandising The Body Shop terhadap minat beli customer di The Body Shop Plaza Senayan. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15503/1/FISIP_ILKOM_SUCI%20HARDIANTY%20AULIA_1206015086.pdf