eprintid: 15499 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/54/99 datestamp: 2022-06-29 07:27:50 lastmod: 2022-06-29 07:27:50 status_changed: 2022-06-29 07:27:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Indriani, Septika Putri creators_name: Rahman, Nurlina creators_name: Hariyati, Farida creators_id: idha_004@yahoo.com title: Strategi Humas Badan Pusat Statistik dalam Mensosialisasikan Sensus Ekonomi 2016 di DKI Jakarta ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Badan Pusat Statistik merupakan lembaga pemerintahan non kementerian yang bertugas menyediakan data statistik untuk masyarakat. Data statistik didapatkan melalui sensus di antaranya Sensus Penduduk, Sensus Pertanian, dan Sensus Ekonomi. Namun masyarakat kebanyakan lebih mengetahui tentang Sensus Penduduk dibandingkan dengan Sensus Ekonomi. Materi Sensus Ekonomi berkaitan dengan omset usaha. BPS, melalui Humas BPS melakukan sosialisasi agar masyarakat mengetahui apa itu Sensus Ekonomi. Dalam mensosialisasikan, tentu saja tidak terlepas dari faktor pendukung dan faktor hambatan. Bagaimana strategi Humas BPS dalam mensosialisasikan SE 2016? Apa saja faktor pendukung dan faktor hambatan dalam mensosialisasikan SE 2016? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sistem dan strategi Humas menurut Ronald D Smith dengan menetapkan 4 proses yaitu analisis situasi, strategi, taktik, dan evaluasi juga menggunakan model Humas informasi publik. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dan jenis penelitian deskriptif. Metode penelitian studi kasus dan metode pengumpulan data yaitu wawancara mendalam sedangkan teknik analisis data triangulasi data deskripsi penulis berdasarkan teori dan hasil wawancara. Hasil penelitian menjelaskan Humas BPS menggunakan 4 strategi memanfaatkan jejaring dan menjalin dukungan, mengoptimalkan fasilitas yang tersedia, merangsang partisipasi aktif, dan mengoptimalkan peran serta pegawai. Faktor hambatan anggaran dan faktor pendukung dari pemerintah terkait dan media dalam hal ini wartawan yang bersedia menyebarluaskan berita SE2016. Diharapkan penelitian ini dapat dikembangkan oleh peneliti selanjutnya dengan menggunakan teori sistem dan teori jaringan. Diharapkan penelitian ini dalam penerapannya menambah referensi bagi praktisi Humas. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Althoff, Philip dan Rush, Michael. 2005. Pengantar Sosiologi Politik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Ardianto, Elvinaro & Bambang A-Qnees. 2009. Filsafat Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. _________________. 2011. Handbook of Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Ardianto, Elvinaro dan Soemirat. 2010. Pengantar Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Butterick, Keith. 2012. Sosiologi Pengantar Public Relations Teori dan Praktik. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. _________________. 2007. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. _________________. 2010. Metodologi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Cangara, Hafied. 1998. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Danandjaja. 2011. Peran Humas Dalam Perusahaan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Devito, Joseph. 1997. Komunikasi Antar Manusia, Edisi Kelima. Jakarta: Professional Book. De Wit, Bob dan Mayer, Ron. Strategy Synthesis Resolving Strategy Paradoxes To Create Competitive Adventage. 2005. Singapura:Thomson. Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT Citra Aditya Bakti. _________________. 2006. Hubungan Masyarakat: Suatu Studi Komunikologis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. _________________. 2007. Ilmu Komunikasi, Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Jefkins, Frank. 2002. Public Relations: edisi kelima. Jakarta: Erlangga. Kasali, Rhenald. 2008. Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta: PT Pustaka Utama Graffiti. Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Pranada Media Group. _________________. 2008. Public Relations Writing: Teknik Produksi Media Public Relations dan Publisitas Korporat. Jakarta: Kencana Pranada Media Group. _________________. 2009. Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana Pranada Media Group. McQuail, Denis. 2005. McQuail’s Mass Communication Theory (Fifth Edition). London: Sage Publications. Mulyana, Deddy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya _________________. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya Nova, Firsan. 2011. Crisis Public Relations: Bagaimana PR Menangani Krisis Perusahaan. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Pace, R Wayne dan Faules Don F. 2005. Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. _________________. 2010. Komunikasi Organisasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rakhmat, Jalaluddin. 2004. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. _________________. 2005. Metode Penelitian Kualitatif: Dilengkapi Contoh Analisis Statistik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Rumanti, Maria Assumpta. 2005. Dasar-dasar Public Relations: Teori dan Praktek. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Ruslan, Rosady. 2001. Manajemen Humas & Manajemen Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers. _________________. 2008. Manajemen Public Relations dan Media Komunikasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. _________________. 2010. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Smith, Ronald D. 2002. Strategic Planning For Public Relations. London: Lawrance Erlbaum Associates. Sutaryo. 2005. Dasar-dasar Sosiologi. Jakarta: Rajawali Press. Wes, Richard dan Turner, Lynn H. 2008. Pengantar Teori Komunikasi Analisis dan Aplikasi. Jakarta: Salemba Humanika. Sumber Skripsi Arianti, Ervina Susan. Evaluasi Strategi Komunikasi Humas PT. Pertamina (PERSERO) Dalam Mensosialisasikan Kebijakan Pembatasan BBM Untuk Mobil Mewah Pribadi. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Nurfitri, Siti Eka. Sosialisasi Registrasi Kartu Prabayar Oleh Depkominfo. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA Internet: http://digilib.uin-suka.ac.id/3770/1/BAB%20I,%20IV.pdf diakses pada 18 April 2016 pukul 19:55 WIB. http://library.upnvj.ac.id/pdf/2s1hi/206612152/sk206612152.pdf diakses pada 18 April 2016 pukul 21:00 WIB. http://setkab.go.id/peran-humas-dalam-mensukseskan-program-pemerintah/ diakses pada 8 april 2016 pukul 19:00 WIB http://se2016.bps.go.id/se2016/index.php/metadata/index diakses pada 6 April 2016 Pukul 21:10 WIB http://bisnis.liputan6.com/read/2316869/anggaran-sensus-ekonomi-2016-terancamdipotong diakses pada 11 April 2016 Pukul 14:56 WIB http://www.neraca.co.id/article/40016/bps-kesulitan-dapat-data-perusahaan-besarsensus- ekonomi-2016 diakses pada 11 April 2016 Pukul 15:02 WIB http://www.p2kp.org/kamus.asp?catid=2 diakses pada 21 April 2016 pukul 21:00 WIB. http://hukum.unsrat.ac.id/pp/pp_51_1999.htm diakses pada 21 April 2016 pukul 21:17 WIB http://setkab.go.id/peran-humas-dalam-mensukseskan-program-pemerintah/ diakses pada 8 April 2016 pukul 19:00 WIB https://intama14.files.wordpress.com/2015/04/result-framework-se-2016.pdf diakses pada 15 Mei 2016 pukul 10:00 WIB http://illsionst.blogspot.co.id/2011/04/10-langkah-strategi-komunikasi.html diakses pada 19 Mei 2016 Pukul 19:00 citation: Indriani, Septika Putri dan Rahman, Nurlina dan Hariyati, Farida (2016) Strategi Humas Badan Pusat Statistik dalam Mensosialisasikan Sensus Ekonomi 2016 di DKI Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15499/1/FISIP_ILKOM_SEPTIKA%20PUTRI%20INDRIANI_1206015083.pdf