eprintid: 15497 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/54/97 datestamp: 2022-06-29 07:15:28 lastmod: 2022-06-29 07:15:28 status_changed: 2022-06-29 07:15:28 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Junaidi, Rahmat creators_name: Mustika, Sri creators_name: Ramadhan, Said creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Pesan Dakwah Dalam Film “InsyaAllah Sah” ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Media film adalah alternatif lain untuk mengemukakan gagasan. Film selalu bisa bercerita dan mengandung makna yang telah terlebih dahulu dibentuk oleh sipembuat film itu sendiri. Film juga sudah digunakan sebagai media informasi dan edukasi untuk menambah wawasan dan nilai pada sebuah film. Film sebagai peran dakwah menghadirkan kembali realita yang berkembang dalam masyarakat. Film InsyaAllah Sah merupakan film yang mengambarkan realita ditengah masyarakat. Pada penelitian ini menggunakan teori konstruksi realitas. Peneliti mengkaji pesan dakwah dalam film InsyaAllah Sah yang di produksi oleh MD Pictures. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kualitatif yang meneliti tiap gambar, adegan dan dialog yang memberikan pesan dakwah, kemudian dikaitkan dengan teori konstruksi realitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, merupakan metode penelitian yang subjektif. Jenis pada penelitian ini adalah deskriptif, yaitu penelitian yang memberikan gambaran atau uraian atas suatu kejadian sejelas mungkin tanpa ada perlakuan terhadap objek yang diteliti. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan adanya pesan dakwah yang terkandung dalam film “InsyaAllah Sah” sebagai berikut: Pertama pesan aqidah teradapat pada Scene 6 anjuran berdoa, scene 7 pesan bahwa kematian bisa datang kapan aja dan hanya amal yang jadi penolong, scene 14 tidak menyekutukan Allah. Kedua pesan ibadah pada scene 8, 11 dan 12 pesan dakwah sholat, puasa dan menyantuni anak yatim scene 17 manfaat sholat tahajut, scene 8, 9 dan 18 memenuhi janji dan scene 17 manfaat sholat tahajut. Ketiga pesan akhlak pada scene 1 dan 16 jujur dan tidak bersikap bathil, scene 2 anjuran beristigfar, Scene 3 menutupi aurat dan Scene 10, 13 dan 15 menajuhi zina. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Ardianto, Elvinaro, Q-Aness. 2007. Filsafat dan Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana. . 2008. Konstruksi Sosial Media Massa: Kekuatan Pengaruh Media Massa, Iklan Televisi dan Keputusan Konsumen Serta Kritik Terhadap Peter L. Berger & Thomas Luckmann. Jakarta: Kencana. Cangara, Hafied. 2008. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Djamal, Hidajanto. Andi Fachruddin. 2011. Dasar-Dasar Penyiaran: Sejarah, Organisasi, Operasional, dan Regulasi. Jakarta: Prenada Media Group. Effendy, Onong Uchjana. 2008. Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Adiyati Bakti. Eriyanto. 2001. Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media. Yogyakarta: LKIS Kansil, dan Julianto. 1988. Sejarah Perjuangan Pergerakan Kebangsaan Indonesia. Jakarta: Erlangga. Kriyantono, Rachmat. 2006. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana. . 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana. McQuail, Dennis. 2004. Teori Komunikasi Massa. Jakarta: Erlangga. Morrisan. 2011. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana. Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: RajaGarfindo Persada. . 2009. Pengantar Komunikasi Massa. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada. Salim, Agus. 2001. Teori dan Paradigma Sosial. Yogyakarta: Tiara Wacana Yoga. Sobur, Alex. 2009. Analisis teks Media, Pengantar Untuk analisis Wacana, Analisis Semiotik, Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sholeh, H.A Rosyad. 2010. Menajemen Dakwah Islam. Yogyakarta: Suara Muhammadiyah. Sumber Karya Ilmiah/ Skripsi: Ferdiansyah, Dian. 2017, Pesan Dakwah Dalam Film Kukejar Cinta Ke Negeri Cina (Analisis Semiotik Charles Sander Pierce), Institut Agama Islam Surakarta. Risriyanti. 2016, Pesan Dakwah Dalam Film “ Assalamualaikum Beijing” (Analisis Semiotika Roland Barthes).Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. Sumber dan Referensi: 1. Sumber http://www.risalahislam.com/2014/03/pengertian-dan-metodedakwah- islam.html Diakses pada tanggal, 18 November 2017. Pukul 18:57 WIB 2. Sumber http://www.mdentertainment.co/md_entertainment diakses pada 22 November 2017 pukul 01:28. 3. Sumber https://konsultasisyariah.com/28663-berdoa-itu-wajib.html diakses pada tanggal 30 November 2017 pada pukul 18.30 WIB 4. Sumber: http://binbaz.atturots.or.id/berita-hanya-amalan-yang-menemanidi- alam-kubur.html#ixzz4zoR8oGeH diakses pada tanggal 30 November 2017 pada pukul 18.30 WIB 5. Sumber https://muslim.or.id/8601-keutamaan-menyantuni-anakyatim. html diakses pada tanggal 30 November 2017 pada pukul 19.15 WIB 6. Sumber http://www.mdentertainment.co/md_entertainment diakses pada 22 November 2017 pukul 01:28 7. Sumber http://www.renunganislam.com/2016/05/inilah-hukum-suapmenyuap- dalam.html diakses pada tanggal 30 November 2017 pada pukul 19.33 WIB Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Istighfar diakses pada tanggal 30 November 2017 pada pukul 19.30 WIB citation: Junaidi, Rahmat dan Mustika, Sri dan Ramadhan, Said (2018) Pesan Dakwah Dalam Film “InsyaAllah Sah”. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15497/1/FISIP_ILKOM_RAHMAT%20JUNAIDI_1306015088.pdf