eprintid: 15492 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/54/92 datestamp: 2022-06-29 06:55:43 lastmod: 2022-06-29 06:55:43 status_changed: 2022-06-29 06:55:43 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurbainah, Siti creators_name: Rohwiyono, Anang title: Konsep Pendidikan Budi Pekerti Perspektif Ki Hajar Dewantara Dan Kh. M. Hasyim Asy’ari ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Moral Remaja Pada Zaman Sekarang Ini Berada Dalam Kondisi Yang Mengkhawatirkan, Dimana Kaum Remaja Mengalami Degradasi Moral Dan Penurunan Kualitas Budi Pekerti Yang Terus-Menerus. Berdasarkan Latar Belakang Tersebut, Pentingnya Pendidikan Budi Pekerti Agar Terciptanya Generasi Penerus Bangsa Yang Tidak Hanya Memiliki Kecerdasan Ilmu, Tetapi Juga Cerdas Budi Pekertinya. Ki Hajar Dewantara Dan K.H Hasyim Asy’ari Sebagai Tokoh Yang Sangat Berpengaruh Dan Banyak Menyumbangkan Pemikirannya Dalam Dunia Pendidikan. Penelitian Ini Termasuk Jenis Penelitian Kualitatif Dengan Metode Library Reseach, Yaitu Mencari, Mengumpulkan, Membaca, Menyusun Serta Menganalisis Buku-Buku Yang Relevan. Dari Hasil Penelitian Yang Penulis Lakukan. Berdasarkan Penelitian Yang Telah Dilakukan, Maka Penulis Menyimpulkan Konsep Pendidikan Diarahkan Pada Pembentukan Karakter Bangsa Yang Sesuai Dengan Nilai-Nilai Agama Dan Budaya Bangsa Yang Universal Pengajaran Atau Materi Budi Pekerti Disesuaikan Dengan Tingkatan-Tingkatan Perkembangan Usia Peserta Didik. Serta Pendidikan Budi Pekerti Bertujuan Untuk Pembentukan Karakter, Prilaku Dan Kepribadian Melalui Upaya Pembiasaan Melakukan Perbuatan Terpuji Yang Dilakukan Mulai Dari Sejak Kecil Hingga Dewasa. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Adisusilo, Sutarjo, 2012, Pembelajran Nilai-Karakter, Jakarta: Raja Grafindo _______Persada. Al-abrasyi, Athiyah, 1970, dasar-dasar pokok pendidikan islam, Jakarta: bulan _______bintang. Al-Kasyi, Marwan Ibrahim, 2003, Petunjuk Praktis Akhlak Islam, Jakarta: Lentera. Asy’ari, Hasyim, 2007, Etika Pendidikan Islam, Terj. Kholil Mohammad, _______Yogyakarta: Titian Wacana. Baihaqi, Mif, 2008, Ensiklopedi Tokoh Pendidikan, Bandung: Nuansa Cendikia. Balitbang Dikbud. 1997. Pedoman Pembelajaran Budi Pekerti, Jakarta: Pusbang-_______kurrandik. Daulay, Haidar Putra, 2004, Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional di _______Indonesia. Jakarta: Prenada Media, Cet. ke-1. Dariyo, Agoes, 2013, Dasar-Dasar Pedagogi Modern, Jakarta:Indeks. Dahar, Ratna Wilis, 2006, Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Erlangga. Dewantara, Ki Hadjar, 1967, Bagian Pertama (Pendidikan), Yogyakarta: Majlis _______Luhur Tamansiswa, Dewantara, Ki Hadjar, 1952, Asas-asas dan Dasar-dasar Taman Siswa, dalam Buku -_______Peringatan Taman Siswa 30 Tah un, Yogyakarta: MLPTS. Endarswara, Suwardi, 2003, Budi Pekerti dalam Budaya Jawa, Yogyakarta: _______Hanindata Graha Widya. Faidi, 2014, Jejak-jejak Pengasingan Para Tokoh Bangsa, Jogyakarta: Saufa. Hadi, Kuncoro, 2013, Buku Pintar Super Lengkap Pahlawan Nasional , Yogyakarta: _______Familia. Hamalik, Oemar, 2001, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara. Hayati, Nur, 2013, konsep pendidikan budi pekerti, skripsi FAI UHAMKA. Hidayat, Nur, 2012 ”Tantangan Pendidikan Madrasah di Era Global ”, Jurnal _______Kependidikan Islam, Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah _______dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Ihsan, Fuad, 2001, dasar-dasar kependidikan, Jakarta:Rineka Cipta. Kartini Kartono, 1977, Tinjauan Holistik Mengenai Tujuan Pendidikan Nasional, _______Jakarta: PT. Pradnya Paramita. Komandoko, Gamal, 2007, Kisah 124 Pahlawan & Pejuang Nusantara, Yogyakarta: _______Pustaka widyatama. Kurniawan, Syamsul, dan Mahrus, Erwin, 2011, Jejak Pemikiran Tokoh Pendidikan, _______Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Mahfud, Choirul, 2006, Pendidikan Multikultural, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Musyafa, Haidar, 2015, Sang Guru, Jakarta: Imania. Nata, Abuddin, 2005, Tokoh-Tokoh Pembaruan Pendidikan Islam di Indonesia, _______Jakarta: Raja Grafindo Persada. Nugroho, Heru, 2000, “Menumbuhkan Ide-ide Kritis” Jakarta: pustaka belajar. Purwanto, ngalim, 2007, Ilmu Pendidikan Teoretis dan Praktis, bandung: Rosda _______karya. Pujiati, Rahayu Endang, 2016, Pancasila dan Budi Pekerti, Yogyakarta: Kurnia _______Kalam semesta. Rahimsyah, 2014, Kumpulan Biografi Pahlawan Bangsa, Surabaya: Serba Jaya. Ridjaluddin, 2009, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Pusat Kajian Islam FAI _______UHAMKA. Ristu, Hasriandi, K.H Hasyim Asy’ari Ulama Pembaharu, (http://ristu-_______hasriandi.blogspot.co.id/2009/06/kh-hasyim-asyari-ulama-pembaharu.html) Rohinah M Noor, 2010, K.H. Hasyim Asy'ari; Memodernisasi NU dan Pendidikan _______Islam, Jakarta,Penerbit Grafindo Khasanah Ilmu, Cet.1. Salam, Burhanudin, 1997, pengantar pedagogic; dasar dasar ilmu mendidik, Jakarta: ______Rin eka Cipta. Salahudin, Anas dan Alkrienciehie irwanto, 2013, Pendidikan Karakter, Bandung: _______pustaka setia. Sukardi, Heru, 1985, KH. M. Hasyim Asy’ari Riwayat Hidup dan Pengabdiannya, _______Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Suwendi, 2005, Konsep pendidikan KH. Hasyim Asy’ari, Jakarta: LekDis. Sianturi, deswinar, data kenakalan remaja. http://desminarsianturi.blogspot.co.id/2017/01/data-kenakalan-remaja.html. (diakses _______2 Mei 2017) Soemajido, Djoko, 2006, “Pendidikan Dipersimpangan Jalan” yayasan pawiyata n _______patria. Syafaruddin, 2012, Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat, Jakarta:Perdana _______Publishing. Tim redaksi, 2008, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat bahasa. Tim Balai Pustaka, 2012, Budi Pekerti, Jakarta: Balai pustaka. Tholkhan, Imam, dan Barizi, Ahmad, 2004, Membuka Jendela Pendidikan, Jakarta: _______Rajagrafindo persada. Undang-Undang Republik Indonesia, 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. _______Jakarta:Undang-Undang Republik Indonesia. Wasrie, Kusnaedi, 2013, Biografi Pahlawan Bangsa, Jakarta: Garda Media. Zuriah, Nurul. (2007). Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif _______Perubahan. Jakarta: PT. Bumi Aksar Yastarin, pemikiran K.H Hasyim Asy’ari tentang pendidikan islam, http://yastarin.blogspot.co.id/2014/03/pemikiran-kh-hasyim-asyari-tentang.html _______(diakses 10 juli 2017). citation: Nurbainah, Siti dan Rohwiyono, Anang (2017) Konsep Pendidikan Budi Pekerti Perspektif Ki Hajar Dewantara Dan Kh. M. Hasyim Asy’ari. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15492/1/FAI_PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM_%201307015051%20%20_%20SITI%20NURBAINAH.pdf