eprintid: 15468 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/54/68 datestamp: 2022-06-29 04:05:50 lastmod: 2022-06-29 04:05:50 status_changed: 2022-06-29 04:05:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Marha, Fildzah creators_name: Mustika, Sri creators_name: Corliana, Tellys creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Konstruksi Realitas Media tentang Wanita Karier dalam Tayangan Sitkom Tetangga Masa Gitu? di NET TV ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Sitkom Tetangga Masa Gitu? merupakan sebuah tayangan situasi komedi yang ditayangkan oleh stasiun televisi NET TV. Tayangan sitkom tersebut mengkonstruksikan tentang wanita karier pada tokoh Angel, dimana tokoh Angel ini digambarkan sebagai wanita karier sekaligus sebagai istri. Penelitian ini mengkaji konstruksi realitas media tentang wanita karier yang terdapat dalam sitkom Tetangga Masa Gitu?. Perumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimana media dalam mengkonstruksi tentang wanita karier dalam tayangan sitkom Tetangga Masa Gitu? di NET TV dan faktor-faktor apa yang melatarbelakangi media dalam mengkonstruksikan wanita karier dalam tayangan sitkom Tetangga Masa Gitu? di NET TV?”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas sosial dan model komunikasi Tubbs and Moss. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi kualitatif. Paradigma pada penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, wawancara dan studi pustaka. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif sebagai metode utama dalam mengungkapkan konstruksi isi dalam menggambarkan wanita karier dalam tayangan sitkom Tetangga Masa Gitu? di Net Tv. Adapun hasil penelitian ini, penggambaran tentang wanita karier yang dikonstruksikan dalam sebuah tayangan sitkom Tetangga Masa Gitu? di NET TV,kemudian didukung dengan adanya pemilihan gambar dan narasi yang mengkonstruksikan tentang wanita karier. Ditayangkannya sitkom tersebut juga sebagai hiburan untuk masyarakat dan penonton Net Tv. Selain itu tayangan sitkom ini merupakan sebuah bentuk gambaran sosok wanita zaman sekarang yang sudah tidak hanya di dapur, melainkan sudah berkarier di kantoran. date: 2017 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Ardianto, Elvinaro dan Komala Erdinaya Lukiati. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar, Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Ardianto, Elvinaro, Q-Aness. 2007. Filsafat dan Ilmu Komunikasi. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Bungin, Burhan. 2008. Metodelogi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Prenada. --------------------. 2006. Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Kencana. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1998. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. Effendy, Onong Uchjana. 2007. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti. Fachrudin, Andi. 2015. Cara Kreatif Memproduksi Program Televisi. Yogyakarta: Penerbit Andi. Kriyantono, Rachmat. 2008. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Kencana. Morrisan. 2011. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio & Televisi. Jakarta: Kencana. Mulyana, Deddy. 2008. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Munandar, M. 2001. Budgeting, Perencanaan Kerja Pengkoodinasian Kerja Pengawasan Kerja. Edisi Pertama. Yogyakarta : BPFE Universitas Gajah Mada. Murniati, A.Nunuk.P.2004. Getar Gender edisi kedua. Magelang: Indonesiatera Muri‟ah, Siti. 2011. Nilai-nilai Pendidikan Islam dan Wanita Karier. Semarang: Rasail Media Group. Omas Ihromi. 1990. Wanita Bekerja dan Masalah-masalahnya, dalam Toety Hearty Nurhadi dan Aida Fitalaya S. Hubeis (editor), Dinamika Wanita Indonesia seri 01: Multidimensional, Jakarta : Pusat Pengembangan Sumberdaya Wanita. Sobur, Alex. 2009. Analisis teks Media, Pengantar Untuk analisis Wacana, Analisis Semiotik, Analisis Framing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sumber web: http://www.nielsen.com/id/en/press-room/2014/nielsen-konsumsi-media-lebihtinggi- di-luar-jawa.html , diakses tanggal 13 Februari 2017, pukul 08.45 WIB http://www.netmedia.co.id/program/108/Tetangga-Masa-Gitu , diakses tanggal 13 Februari 2017, pukul 09.07 WIB https://en.wikipedia.org/wiki/Tetangga_Masa_Gitu , diakses tanggal 13 Februari 2017, pukul 08.50 WIB https://www.youtube.com/user/TetanggaMasaGitu/videos , diakses tanggal 11 Maret 2017, pukul 23.05 WIB https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20160308121332-277-116053/wanitakarier- indonesia-terbanyak-keenam-di-dunia/ , diakses tanggal 27 Oktober 2017, pukul 09.33 WIB https://finance.detik.com/wawancara/3480351/sri-mulyani-bicara-tentang-pilihanwanita- karir-atau-ibu-rumah-tangga , diakses tanggal 27 Oktober 2017, pukul 09.43 WIB citation: Marha, Fildzah dan Mustika, Sri dan Corliana, Tellys (2017) Konstruksi Realitas Media tentang Wanita Karier dalam Tayangan Sitkom Tetangga Masa Gitu? di NET TV. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15468/1/FISIP_ILKOM_FILDZAH%20MARHA_1306017005.pdf