eprintid: 15467 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3872 dir: disk0/00/01/54/67 datestamp: 2022-06-29 03:59:36 lastmod: 2022-06-29 03:59:36 status_changed: 2022-06-29 03:59:36 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Kurniawan, Fery creators_name: Basuki, Maryono creators_name: Muntafa, Farhan creators_orcid: 0000-0002-9233-1557 title: Hubungan Tayangan My Trip My Adventure Kids di Trans TV dengan Minat Berpetualang Komunitas Anak Langit Tangerang ispublished: pub subjects: H subjects: Skripsi divisions: 70201 abstract: Tayangan My Trip My Adventure Kids merupakan sebuah program wisata di Trans TV yang termasuk kedalam program travel & life style,dan bertujuan untuk memberitahu kepada khalayak atau penonton tayang ini bahwa alam yang berada di Indonesia khususnya sangat indah,seperti Gunung,Hutan dan Pantai di Indonesia Perumusan masalah pokok yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu 'Bagaimana hubungan perhatian terhadap tayangan My trip My Adventure Kids di Trans TV dengan minat berpetualang komunitas Anak Langit di Tangerang ? Teori yang digunakan dalam penelitian adalah stimulus organism response(S-O-R),teori ini menjelaskan bagaimana reaksi balik dari individu ketika menerima stimuli dari media. Penelitian ini menjelaskan bagaimana hubungan perhatian terhadap tayangan My Trip My Adventure Kids di trans tv dengan minat berpetualang komunitas anak langit tangerang Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif serta jenis penelitian yang digunakan bersifat eksplanatif dan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei. Populasi dalam penelitian adalah komunitas anak langit yang beranggotakan sebanyak 38 orang. Sampel yang didapat sebanyak 38 orang dengan menggunakan total sampling. Pengumpulan data dalam penelitian menggunakan kuesioner atau angket yang diberikan kepada responden. Selanjutnya, penelitian ini melakukan uji validitas dan reliabilitas serta menganalisis datanya dengan uji korelasi dan regresi. Maka hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji korelasi Pearson’s Product Moment menunjukkan bahwa koefisien korelasi (r) sebesar 0,405, berdasarkan Tabel Guilford, termasuk dalam interval koefisien 0,400 – 0,599 dimana tingkat keeratan korelasi termasuk sedang. Hipotesis penelitian diterima karena sesuai dengan hipotesis penelitian awal, yaitu terdapat korelasi X dan Y antara perhatian terhadap tayangan My Trip My Adventure Kids di trans tv dengan minat berpetualang komunitas anak langit tangerang. Untuk penelitian selanjutnya, peneliti menyarankan agar menggunakan kualitatif, paradigma konstruktivisme serta teori motivasi pada tayangan My Trip My Adventure Kids di trans tv untuk melihat sejauh mana motivasi penonton atau khalayak untuk berpetualang. date: 2018 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Ilmu Sosial & Politik thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Alex Sobur. 2006. Semiotika Komunikasi, Bandung : Remaja Rosdakarya Andi Fachruddin. 2012. Dasar-Dasar Produksi Televisi, Jakarta : Kencana Ardianto, Elvinaro & Lukiati Komala Erdiyana, 2004. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung: Simbiosa Rekatama Media. Ardianto, Elvinaro. (2009). Public Relation Praktis. Edisi pertama. Jakarta: Widya padjajaran. Ardianto, Elvinaro. 2007. Komunikasi Massa Suatu Pengantar. Bandung : Simbosa Rektama Media Askurifai, Baksin. 2009. Jurnalistik Televisi : Teori dan Praktik. Bandung : Simbiosa Rekatama Media Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. Bugin, Burhan, 2006. Sosiologi Komunikasi (Teori, Paradigma, dan Discourse Teknologi Komunikasi di Masyarakat), Jakarta: Kencana Pernada Media Group. Denis McQuail. 1987. Mass Communication Theory (Teori Komunikasi Massa). Jakarta: Erlangga. Effendy, Onong Uchjana. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti. Fachruddin, Andi. 2012. Dasar-Dasar Produksi Televisi (Produksi Berita, Feature, Laporan Investigasi, Dokumenter, dan Teknik Editing). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup. Fiske, John. 2007. Culture and Comuniccation Studies Sebuah Pengantar Paling Komprehensif. Bandung : Jalasutra Heri, P. 1998. Pengantar Perilaku Manusia. Jakarta : EGC. J. B. Wahyudi. 1994. Dasar-Dasar Manajemen Penyiaran. Jakarta: Gramedia Kriyantono, Rachmat, 2006. Teknik Riset Komunikasi: Disertai contoh praktis riset media, Public Relation, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Predana Media Group. Morissan. 2009. Manajemen Media Penyiaran: Strategi Mengelola Radio dan Televisi. Jakarta: Kencana. Morissan. 2011. Manajemen Media Penyiaran Strategi Mengelola Radio & Televisi “Edisi Revisi’’. Kencana Jakarta. Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi; Suatu Pengantar. Bandung : Remaja Rosdakarya. Nurudin. 2007. Pengantar Komunikasi Masa. Jakarta : PT. Rajagrafindo Persada. Riswandi. 2009. Ilmu Komunikasi.Yogyakarta: Graha Ilmu. Sendjaja, Djuarsa, 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Soerjokanto, 2003. Definisi Televisi, Jakarta : PT. Gramedia Suryabrata, Sumadi. 1988. Psikologi Kepribadian . Jakarta : Rajawali. Tubbs, L Stewart dan Moss Sylvia. 2001. Human Comunication (konteks-konteks komunikasi).Remaja Rosda Karya. Bandung. Vardiansyah, Dani. 2004. Pengantar Ilmu Komunikasi. Ghalia Indonesia, Bogor. West Richard dan Lynn H. Tuner. 2008. Pengantar Teori Komunikasi: Analisis Dan Aplikasi. Buku 1 Edisi Ke 3. Terjemahan Maria Natalia Damayanti Maer. Jakarta : Salemba Humanika Winarno Surakhmad. (1980). Pengantar Interaksi Mengajar-Belajar Dasar-dasar dan Teknik Metodologi Pengajaran. Bandung : Tarsito. Witherington, H.C. 1999. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Aksara Baru. SKRIPSI : Henny Tukidja,2009. Hubungan Perhatian Terhadap Tayangan Kriminal Sidik Di TPI Dengan Perilaku Menyimpang (Deliquency) Remaja Buaran Kandang Besar Rw 06,kelurahan Babakan, Tangerang. Dwi Wulan sari,2013. Hubungan Terpaan Tayangan Iklan Kosmestik Sari Ayu ‘Pesisir sentrajava’ Di Televisi Degan BRAND IMAGE (CITRA MEREK) Di kalangan Mahasiswa Fisip Uhamka. Yul Hasanah,2011. Hubungan Perhatian Kepada Reality Show Realigi di Trans TV Dengan Perilaku Religius Ibu – ibu cengkareng Rw 11 Jakarta Barat. Ichsan Sudrajat,2016. Persepsi Komunitas Fun Daki Terhadap Tayangan My Trip My Adventure di Trans TV Sumber Lain (internet) : https://Forumgurunusantara.blogspot.com/2012/10/Pengertian-perhatian-dan-macam-macam.html https://tanngerangonline.id/2016/04/03/di-komunitas-anak-langit.html http://definisi-pengertian.com/2015/04/definisi-pengertian-minat-konsep-pendidikan.html www.transtv.co.id/program/70/my-trip-my-adventure-kids https://id.m.wikipedia.org/wiki/petualangan citation: Kurniawan, Fery dan Basuki, Maryono dan Muntafa, Farhan (2018) Hubungan Tayangan My Trip My Adventure Kids di Trans TV dengan Minat Berpetualang Komunitas Anak Langit Tangerang. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15467/1/FISIP_ILKOM_FERY%20KURNIAWAN_1106015087.pdf