eprintid: 15466 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/54/66 datestamp: 2022-06-29 04:00:56 lastmod: 2022-06-29 04:00:56 status_changed: 2022-06-29 04:00:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pertiwi, Khoirunnisa creators_name: ninawati, mimin creators_id: miminninawati30@gmail.com title: Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Teknologi Melalui Website Bagi Mahaiswa PGSD FKIP UHAMKA ispublished: pub subjects: L subjects: T1 divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis literasi melalui website yang bernama BAGUR’SD untuk mahasiswa PGSD FKIP UHAMKA, serta mengetahui kualitas produk ini yang telah dihasilkan sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran di kampus. Metode penelitian dilakukan dengan dua tahap, yaitu observasi dan metode Research and Development (R&D). Metode observasi dilakukan untuk mengetahui proses pembelajaran di dalam kelas dan penggunaan smartphone mahasiswa saat di dalam kelas dan selama Work From Home (WFH). Metode (R&D) atau penelitian dan pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Hannafin And Peck digunakan untuk mengembangkan website BAGUR’SD. Website ini diujicobakan kepada mahasiswa aktif PGSD FKIP UHAMKA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar berbasis literasi teknolgi melalui website yang telah dikembangkan bersadarkan ahli materi didapatkan skor persentase sebesar 89,28% dengan kategori sangat baik dilihat dari sisi kebermanfaatan website untuk membantu perkuliahan, selanjutnya hasil validasi oleh ahli media didapatkan skor persentase sebesar 88,73% dengan kategori sangat baik melihat pendapat dan saran dari ahli terkait website. Uji coba dilakukan pada mahasiswa aktif PGSD UHAMKA didapatkan hasil kualitas media pembelajaran sebesar 88,49% dengan kategori sangat baik dilihat dari dari banyak yang mengakses website . Berdasarkan hasil perolehan data menunjukkan bahwa pengembangan bahan ajar berbasis literasi teknologi dalam bentuk website layak digunakan sebagai sumber belajar mahasiswa PGSD date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Agung, A. A. G. (2014). Buku Metodologi Penelitian Pendidikan. Aditya Media Publishing. Darmawan, D., Harahap, E. (2016). Communication Strategy For Enhancing Quality of Graduates Nonformal Education Through Computer Based Test (CBT) in West Java Indonesia. International Journal of Applied Engineering Research, 11(15), 8641–8645. Irmawati, F., Oktaviana, I., & Rahayu, L. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Pengetahuan Lingkungan Berbasis Web Untuk Meningkatkan Motivasi Mahasiswa Ikip Budi Utomo Malang. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 3(1), 12. https://doi.org/10.25273/florea.v3i1.783 Khairunnisa, S., Amirullah, G., & Ninawati, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Mobile Learning Berbasis Android Pada Mata Kuliah Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(2), 49–56. Lestari. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sesuai dengan Kurikulum Satuan Pendidikan. Akademia Permata. Maryland State Department of Education. (2005). Maryland Technologi Education State Curriculum. marylandpublicschools.org Mimin ninawati. (2019). Efektivitas Model Pembelajaran Luterasi Kritis Berbasis Pendekatan Konsep Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Kreati Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, IV, 68–78. peterparker009.(n.d.).Retrieved.fromhttps://peterparker009.wordpress.com/unsurunsur- website/. Prastowo. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Diva Perss. Ridwan, S. (2011). Pengantar Statistik untuk Penelitian Sosial Ekonomi, Komunikasi, dan Bisnis. Alfabeta. Rose, A. (2007). Perceptions of Technological Literacy among Science Technology, Engineering, and Mathematics Leaders. Journal of Technology Education, 19 (1). Ruhimat dkk. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Rajawali press. Rusman,dkk.(2011). Pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, mengembangkan profesionalitas guru. PT Raja Grafindo. Sudijono,A. (2006). Sudijono, A. (2006). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada: Rajawali press. Sugiyono. Rajawali press. Suryani, E., & K. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Sprarkol Videoscribe pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Sumbawa Besar. Wahono. (2008). Meluruskan Salah Kaprah tentang E-Learning. Winarni, E. . (n.d.). Mengajar IPA Secara Bermakna. UNIB PRESS. Yuli Yanti, I., Pudjawan, I. K., & Wayan Suwatra, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Model Hannafin Anf Peck Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Journal of Education Technology, 4(1), 67. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24094 citation: Pertiwi, Khoirunnisa dan ninawati, mimin (2020) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Literasi Teknologi Melalui Website Bagi Mahaiswa PGSD FKIP UHAMKA. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15466/1/FKIP_PGSD_1601025248_KHOIRUNNISA%20PERTIWI.pdf