eprintid: 15463 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3873 dir: disk0/00/01/54/63 datestamp: 2022-06-29 03:49:14 lastmod: 2022-06-29 03:49:14 status_changed: 2022-06-29 03:49:14 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Alfi, Muhammad creators_name: Wahid, Abdurrahman title: Pengaruh Metode Al Barqy Terhadap Kemampuan Membaca Al - Qur’an Secara Tartil Di SMK Muhammadiyah 9 Jakarta ispublished: pub subjects: LB1603 subjects: Skripsi divisions: 86208 abstract: Sebagai Seorang Muslim Kita Diwajibkan Bisa Membaca Al-Qur’an, Dan Membaca Al-Qur’an Yang Baik Adalah Secara Perlahan (Tartil). Untuk Bisa Membaca Al-Qur’an Diperlukan Pengajaran Dengan Menggunakan Metode Yang Tepat. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Mengetahui Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 9 Jakarta Yang Mengikuti Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Dengan Menggunakan Metode Al Barqy Tahun Ajaran 2016/2017. Pada Penelitian Ini Penulis Menggunakan Metode Kuantitatif Deskriptif. Teknik Pengumpulan Data Yang Digunakan Adalah Teknik Kuesioner (Angket), Wawancara Dan Dokumentasi. Teknik Analisis Yang Digunakan Adalah Mendeskripsikan Dari Hasil Analisis Regresi Linear Sederhana. Hasil Dari Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Metode Al Barqy Berpengaruh Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Secara Tartil. Hal Ini Dapat Dilihat Dari Tingkat Presentase Pengaruh Metode Al Barqy Terhadap Kemampuan Membaca Al- Qur’an Secara Tartil Adalah 95,4% Dan 4,6% Kemampuan Membaca Al-Qur’an Secara Tartil Dipengaruhi Faktor Lain. Berdasarkan Hasil Penelitian Dapat Disimpulkan Bahwa Terdapat Pengaruh Yang Cukup Kuat Antara Metode Al Barqy Terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur’an Secara Tartil. date: 2016 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka department: Fakultas Agama Islam thesis_type: bachelor thesis_name: other referencetext: Abdul Hafidz Suwaid, Muhammad Nur. Mendidik Anak Bersama Nabi. Diterjemahkan oleh Salafuddin Abu sayyid Solo: Pustaka Arafah, 2003 Abidin S, Zainal. Seluk Beluk Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta, 1992 Abtokhi, Ahmad. Akankah Al-Qur’an yang Ku Baca Menolongku? Sebuah Kajian Tasawuf Modern dalam Perspektif Fisika. Malang: UIN-Malang Press, 2007 Chaer, Abdul Perkenalan Awal dengan Al-Qur’an. Jakarta: Rineka Cipta, 2002 Chirzin, Muhammad. Al-Qur’an dan Ulumul Qur’an. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa, 2003 Hasanuddin. Hukum Dakwah. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996 Ibrahim. Sarah Ta’limul Muta’allim. Surabaya: Haromanian Jaya, 2006 Ilyas, Yunahar. Kuliah Ulumul Qur’an. Yogyakarta: ITQAN Publishing, 2013 Khalil Al-Qattan, Manna. Studi Ilmu-Ilmu Qur’an. Bogor: Pustaka Litera Antar Nusa, 2001 Muhammad, Najamuddin. Tips Membuat Anak Rajin Ibadah Sejak Dini. Jogjakarta: SABIL, 2011 Mustafa, Zainal. Mengurai Variabel Hingga Instrumen. Yogyakarta : Graha Ilmu, 2013 Purwanto, Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2012 Rachman Ustman, Fathur. Panduan Statistika Pendidikan. Yogyakarta : Diva Press, 2013 Riduwan. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta 2011 Shihab, M. Quraish. Tafsir Al- Misbah. : vol 14. Jakarta: Lentera Hati, 2010 Sobur , Alex. PsikologiUmum. Bandung: Pustaka Setia, 2003 Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2010 Sulthon, Muhadjir KH. Al Barqy 8 jam. Surabaya: CV. Penasuci, 1999 Sunjoyo, dkk. Aplikasi SPSS untuk SMART Riset. Bandung: Alfabeta, 2013 Supardi, Perbandingan Metode Baca Qur’an Bagi Pelajar di TKA/TPQ Kelurahan Bareng Malang. Mataram: Lemlit Stain Mataram, 2004 Syarifudin, Ahmad. Mendidik Anak Membaca, Menulis dan Mencintai Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani, 2004 Yahya, Ashim. Metode Al-Huda Tajwid Al-Qur’an Mudah dan Praktis Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2009 Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional Wawancara pribadi dengan Sukhemi. Jakarta, 20 September 2016 Al-Qur’an dan Terjemah Pengaruh citation: Alfi, Muhammad dan Wahid, Abdurrahman (2016) Pengaruh Metode Al Barqy Terhadap Kemampuan Membaca Al - Qur’an Secara Tartil Di SMK Muhammadiyah 9 Jakarta. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15463/1/Fai_Pendidikan%20Agama%20Islam_1207015038_Muhammad%20Alfi.pdf