eprintid: 15461 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/54/61 datestamp: 2022-06-29 03:18:54 lastmod: 2022-06-29 03:18:54 status_changed: 2022-06-29 03:18:54 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Pebriyati, Laely creators_name: Amaliyah, Nurrohmatul creators_id: laelypebriyati26@gmail.com creators_id: nurramaliyah@uhamka.ac.id title: Implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya dalam minat masyarakat Indonesia, dan budaya budi pekerti yang kian semakin memburuk khususnya untuk di lembaga formal yaitu di sekolah. Tujuanya untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa di SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur dengan di implementasikannya program membaca 15 menit yang berpacu pada peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang penumbuhan budi pekerti salah satu cara menumbuhkanya adalah dengan membaca. Jenis metode penelitian ini adalah Kualitatif deskritif. Dalam penelitian ini 3 (orang) yaitu kepala sekolah, guru kelas, dan orang tua murid. Dengan objek penelitian meliputi Implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi (pengamatan), dokumentasi (data sekolah), wawancara mendalam (indept interview). Data dianalisis teknik deskriptif kualitatif Miles dan Hubermen yaitu reduksi data, paparan data, dan verifikasi data. Adapun validasi data menggunakan Triangulasi dan Membercheck. Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah bahwasanya di SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur khususnya di Kelas III sudah menerapkan kegiatan 15 menit membaca buku, namun buku yang dibaca adalah buku mata pelajaran dan temanya disesuaikan dengan kurikulum tematik. Masih ada beberapa hal yang tidak sesuai dengan pelaksanaan yang dimaksud peraturan Materi Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aliyyah, RR dan O Abdurakhman. (2016). Pengelolaan Kelas Rendah Di SD Amaliyah Ciawi Bogor. Universitas Djuanda Bogor. Ardian, Ratmi. Gerakan Literasi Sekolah Dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik Di SMA Negri 1 Banyuasih I (IMPLEMENTASI PERMEDIKBUD 23 TAHUN 2015). Universitas PGRI Palembang 25 November 2017. Aisa, S., Baso, A., & Barasandji, S. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas II SDN Pinotu. 2(1), 28-51. Krismanto, Wawan, Abdul Khalik, Sayidiman. Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Pada Siswa Kelas IV SD NEGERI 46 PAREPARE.Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Listia, Milani Amri. Peningkatan Budaya Membaca Peserta Didik Di Sekolah Dasar Negri Giripeni Kecamatan Wates Kabupaten Kulon Progo.Universitas Negri Yogyakarta. Monowati dan M.yamin.Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Lesson Study Pada Penjumlahan Pecahan di Kelas IV SDN Lamsayeun. Universitas Syiah Kuala. Mustikawati, Ratih, S.Pd.Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Metode Suku Kata ( SYLLABIC METHOD ) Pada Siswa Kelas I SD Negri Nayu Barat III Banjarsari Surakarta Tahun 2014/2015. Pane, A.,& Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislama, 3(2), 333. (Rahmatullah, 2016)Aisa, S., Baso, A., & Barasandji, S. (n.d.). Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS di Kelas II SDN Pinotu. 2(1), 28–51. Samadhy, Umar, Nugraheti Sismulyasih, Suprobo Aryani. Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Strategi Know-Want- Leaned (KWL) Pada Siswa KELAS IVA SDN SEKARAN 01 SEMARANG. Universitas Negri Semarang. Samsu, Somadayo (2011). Strategi Dan Teknik Pembelajaran Membaca. Edisi pertama-Yogyakarta;Graha Ilmu. Viii+76 hlm,1 jil.:23 cm. Sugiono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta. Supriyanto, Heru, dan Samsi Haryanto. Implementasi gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat membaca siswa di SMP Negri 2 Pleret Kabupaten Bantul. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Siti, Aisya dan Andi Baso, Efendi, dan Sahrudin Barasandji.Peningkatan Kemampuan Siswa Membaca Permulaan Melalui Metode SAS Di Kelas II SD Pinotu. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tadulako. Sismulyasih, Nugraheti Sb. Peningkatan Kemampuan Membaca dan Menulis Pemulaan Menggunakan Strategi Bengkel Literas Pada Siswa SD. Universitas Negri Semarang. Sari.Konsep Dasar Gerakan Literasi Sekolah Pada Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Tentang Penumbuhan Budi Pekerti.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalman. 2013. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Press Sumadyo. 2011. Teori dan Kajian Wacana Bahasa Indonesia. PT Pustaka Mandiri Sumber Lainnya: http://www.duniapelajaran.com.2014/08/08/pengertian-peningkatan-menurutpara- ahli/ diakses pada jum’at, 22 April 2016, pukul 21:37 WIB. http://wwwinfodanpengertian.blogspot.co.id/2015/04/pengertian.kemampuanability- menurut.html.diakses.padatgl.18/04/2015.pukul.16:58WIB. citation: Pebriyati, Laely dan Amaliyah, Nurrohmatul (2020) Implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SDN Ciracas 03 Pagi Jakarta Timur. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15461/1/FKIP_PGSD_1601025245_LAELYPEBRIYATI.pdf