eprintid: 15460 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/54/60 datestamp: 2022-06-29 03:14:47 lastmod: 2022-06-29 03:14:47 status_changed: 2022-06-29 03:14:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Amalia, Bella Riskia creators_name: Rahmiati, Rahmiati creators_id: amaliariskia1997@gmail.com creators_id: rahmiati@uhamka.ac.id title: Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS Tema 7 Subtema 1 Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Baktijaya 1 Depok ispublished: pub subjects: H subjects: L divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 dan 4 peserta didik kelas IV SD Negeri Baktijaya 1 Depok pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biseral sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rtt 0,873 > Rtabel 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Chi Kuadrat diperoleh dari kelas eksperimen yaitu X2 hitung 1,56 < X2 tabel 7,81 berarti berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan Uji f (fisher) diperoleh Fhitung 1,044 < Ftabel 1,955, berdasarkan hasil uji homogenitas menyatakan data varias kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan Uji-t independent diperoleh Uji-t 2,269 > t tabel 2,009 maka dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS tema 7 subtema 1 peserta didik kelas IV SD Negeri Baktijaya 1 Depok. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Aryani, W. dan M. (n.d.). (2017). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Mistar Hitung Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. 55–78. http://jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/417 (27 Januari 2020) Fariyatul Fahyuni, E. dan N. (2016). Inovasi Model Pembelajaran (Pertama). Nizamia Learning Center. Febrianawati, Y. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.researchgate.net/publication/327699726_Uji_Validitas_dan_Reliabilitas_Instrumen_Penelitian_Kuantitatif/fulltext/5b9fb09ea6fdccd3cb5ed355/Uji-Validitas-dan-Reliabilitas-Instrumen-Penelitian-Kuantitatif.pdf&ved=2ahUKEwiWjY_rz-zrAhUVyDgGHU_iDMgQFjAAegQIBBAB&usg=AOvVaw1i1YUIsM5UJ3NkwwVvNtaB (22 Januari 2020) Karmilasari, D. dan W. (2017). KOMPETENSI PROFESIONAL MATA PELAJARAN : GURU KELAS SD. 6. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/f1l3/PLPG2017/Download/materi/SD/ILMU-PENGETAHUAN-SOSIAL.pdf&ved=2ahUKEwjZwZSAz-zrAhXFF3IKHVz0COgQFjAAegQIBBAB&usg=AOvVaw1nSApBiFhyhJJNKdh7WIDt (22 Januari 2020) Khuluqo, I. El. (2017). Belajar dan Pembelajaran (Abi Fairuz Ulil Albab (ed.); 1st ed.). Pustaka Pelajar. Kristin, F. (2016). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(1). http://jurnal.stkippersada.ac.id/jurnal/index.php/JPDP/article/view/25 (23 Januari 2020) Kusdiwelirawan. (2017). Statistik Pendidikan (3rd ed.). Uhamka Press. Lastrijanah, T Prasetyo, dan M. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Geoboard Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Didaktika Tauhidi, 4(2), 87–100. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004 (26 Januari 2020) Lisnawati. (n.d.). Pengembangan Pembelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Di SD/MI Berbasis Integrasi Interkoneksi. 41–50. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/atTadbir/article/view/2994 (22 Januari 2020) Melati, M. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa melalui Model Pembelajaran Arias Berbantuan Media Audio Visual. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 9(2), 213–223. https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jupiis/article/view/8278 (23 Januari 2020) Mudjiono, D. dan. (2015). Belajar dan Pembelajaran (5th ed.). PT Rineka Cipta. Nara, E. S. dan H. (2017). Teori Belajar dan Pembelajaran (Asep Jamaludin (ed.); 3rd ed.). Ghalia Indonesia. Ni Nyoman Parwati, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). PT Rajagrafindo Persada. Nupiksani, S. (2015). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Pada Siswa Kelas IV SDN Rejoagung 01 Kecamatan Semboro. 4, 14. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/pancaran/article/view/2174 (21 Januari 2020) Prof. Dr. Aunurrahman, M. P. (2013). Belajar dan Pembelajaran (7th ed.). Prof. Dr. Oemar Hamalik. (2011). Proses Belajar Mengajar (Prof. Dr. Oemar Hamalik (ed.); 12th ed.). PT Bumi Aksara. Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) pada Sekolah Dasar. Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67–78. https://www.neliti.com/id/publications/222455/kedudukan-ilmu-pengetahuan-sosial-ips-pada-sekolah-dasar (23 Januari 2020) Riadi, P. dan S. (n.d.). Pengantar Pedagogik Transformatif. Paedea. Rusman. (2016). Model-Model Pembelajaran (6th ed.). PT Rajagrafindo Persada. Sanjaya, H. W. (2016). Strategi Pembelajaran (12th ed.). KENCANA. Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media. Siyoto, S. dan M. A. S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); Pertama). Literasi Media Publishing. Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (1st ed.). PT Kharisma Putra Utama. Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods) (8th ed.). Alfabeta. Trianto. (2015). Model Pembelajaran Terpadu (F. Yustianti (ed.); 7th ed.). PT Bumi Aksara. Yusuf, A. M. (2017). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. KENCANA. citation: Amalia, Bella Riskia dan Rahmiati, Rahmiati (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS Tema 7 Subtema 1 Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Baktijaya 1 Depok. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15460/1/FKIP_PGSD_1601025244_BELLA%20RISKIA%20AMALIA.pdf