@phdthesis{repository15460, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka}, title = {Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar IPS Tema 7 Subtema 1 Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Baktijaya 1 Depok}, year = {2020}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada atau tidak pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS tema 7 subtema 1 pembelajaran 3 dan 4 peserta didik kelas IV SD Negeri Baktijaya 1 Depok pada semester 2 tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Pada uji validitas dengan menggunakan Korelasi Point Biseral sebanyak 40 soal pilihan ganda dengan 30 soal valid dan 10 soal drop. Sedangkan pada uji reliabilitas menggunakan rumus KR-20 memperoleh Rtt 0,873 {\ensuremath{>}} Rtabel 0,361, maka data tersebut memiliki instrumen yang reliabel. Selanjutnya data analisis uji persyaratan yaitu uji normalitas dengan menggunakan uji Chi Kuadrat diperoleh dari kelas eksperimen yaitu X2 hitung 1,56 {\ensuremath{<}} X2 tabel 7,81 berarti berdistribusi normal. Sedangkan uji homogenitas dengan menggunakan Uji f (fisher) diperoleh Fhitung 1,044 {\ensuremath{<}} Ftabel 1,955, berdasarkan hasil uji homogenitas menyatakan data varias kelompok berdistribusi homogen. Pada uji hipotesis digunakan Uji-t independent diperoleh Uji-t 2,269 {\ensuremath{>}} t tabel 2,009 maka dengan demikian Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar IPS tema 7 subtema 1 peserta didik kelas IV SD Negeri Baktijaya 1 Depok.}, author = {Amalia, Bella Riskia and Rahmiati, Rahmiati}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15460/} }