eprintid: 15458 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/54/58 datestamp: 2022-06-29 03:08:48 lastmod: 2022-06-29 03:08:48 status_changed: 2022-06-29 03:08:48 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Afifah, Husnul creators_name: Alyani, Fitri creators_id: husnulafifah6@gmail.com creators_id: fitrialyani@uhamka.ac.id title: Hubungan Motivasi Belajar Berdasarkan Gender Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDIT AT-TAQWA Narogong ispublished: pub subjects: L subjects: QA divisions: 86206 abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan motivasi belajar dan gender terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDIT AT-ATQWA, (2) untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa laki-laki terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDIT AT-TAQWA, (3) untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa perempuan terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDIT AT-TAQWA. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 73 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu teknik korelasi product moment dengan menggunakan variabel bebas motivasi belajar (X1,), Gender (X2) dan variabel terikat adalah pemecahan masalah (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V, didapat Rhitung sebesar 0,631 sedangkan Rtabel dengan N=73, Para taraf signifikansi 5% dengan nilai rtabel 0,227, jadi Rhitung lebih besar dari Rtabel (0,631 > 0,227). (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi laki-laki terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V, didapat Rhitung sebesar 0,653 sedangkan Rtabel dengan N=40 pada taraf signifikansi 5% dengan nilai Rtabel 0,312, jadi Rhitung lebih besar dari Rtabel (0,653 > 0,312). (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar perempuan terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V, didapat Rhitung sebesar 0,615, sedangkan Rtabel dengan N =33 pada taraf signifikansi 5% dengan nila Rtabel 0,344. Jadi Rhitung lebih besar dai Rtabel (0,615 > 0,344). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan, Ha diterima yang menyatakan bahwa terdapat Hubungan Motivasi Belajar Berdasarkan Gender Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Di SDIT AT-TAQWA. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahmad Auni Hafidz, W. K. dan A. N. A. (2019). Kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa. Prosding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 32–38. Ariani, S., Hartono, Y., & Hiltrimartin, C. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 25. https://doi.org/10.29408/jel.v3i1.304 Arikunto. Suharsimi. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. In R. Damayanti (Ed.), Jakarta: Bumi Aksara (kedua). Jakarta: Bumi Aksara. Dimyati, D., & Drs. Mudjiono. (2015). Belajar & Pembelajaran (kelima). Jakarta: PT Rineka Cipta. Fiyany, Fitria N., Mawardi & Suhadi Astuti (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Bamboo Dancing Dan Jigsaw Ditinjau Dari Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Teori dan Aplikasi Matematika, 2(1), 76-86. Goenawan Roebyanto, S. H. (2017). Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD (N. N. Muliawati, ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hasanah, N., Zulhelmi, & Azizahwati. (2015). Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Berdasarkan Gender Dalam Pembelajaran Fisika Dengan Model Collaborative Learning Dikelas X Madrasah Aliyah Al-Ihsan Boarding School Kampar. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1–15. Hidayat, A., & Dwiningrum, S. I. A. (2016). Pengaruh Karakteristik Gender Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Sd. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 32. https://doi.org/10.21831/jpe.v4i1.7692 citation: Afifah, Husnul dan Alyani, Fitri (2020) Hubungan Motivasi Belajar Berdasarkan Gender Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDIT AT-TAQWA Narogong. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15458/1/FKIP_PGSD_1601025237_HUSNUL%20AFIFAH.pdf