%I Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka %L repository15458 %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hubungan motivasi belajar dan gender terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDIT AT-ATQWA, (2) untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa laki-laki terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDIT AT-TAQWA, (3) untuk mengetahui hubungan motivasi belajar siswa perempuan terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V SDIT AT-TAQWA. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 73 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu teknik korelasi product moment dengan menggunakan variabel bebas motivasi belajar (X1,), Gender (X2) dan variabel terikat adalah pemecahan masalah (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V, didapat Rhitung sebesar 0,631 sedangkan Rtabel dengan N=73, Para taraf signifikansi 5% dengan nilai rtabel 0,227, jadi Rhitung lebih besar dari Rtabel (0,631 > 0,227). (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi laki-laki terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V, didapat Rhitung sebesar 0,653 sedangkan Rtabel dengan N=40 pada taraf signifikansi 5% dengan nilai Rtabel 0,312, jadi Rhitung lebih besar dari Rtabel (0,653 > 0,312). (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar perempuan terhadap pemecahan masalah matematika siswa kelas V, didapat Rhitung sebesar 0,615, sedangkan Rtabel dengan N =33 pada taraf signifikansi 5% dengan nila Rtabel 0,344. Jadi Rhitung lebih besar dai Rtabel (0,615 > 0,344). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan, Ha diterima yang menyatakan bahwa terdapat Hubungan Motivasi Belajar Berdasarkan Gender Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Di SDIT AT-TAQWA. %A Husnul Afifah %A Fitri Alyani %D 2020 %T Hubungan Motivasi Belajar Berdasarkan Gender Terhadap Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SDIT AT-TAQWA Narogong