@phdthesis{repository15457, year = {2020}, school = {Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka}, title = {Peningkatan Keterampilan Berbicara Melalui Metode Pembelajaran Bercerita Pada Siswa Kelas V SDN Kalisari 01 Pagi Jakarta}, url = {http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15457/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V dalam pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan metode pembelajaran bercerita. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian mengacu pada model Kemmis \& Taggart meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes, observasi, catatan lapangan, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode bercerita dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran dan keterampilan berbicara siswa. Pada pra siklus, aktivitas belajar siswa 55,35\% kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 71,42\%. Pada siklus 2 terjadi peningkatan menjadi 80,35\%. Hal ini menyebabkan keterampilan berbicara siswa meningkat. Nilai rerata keterampilan berbicara pada siklus 1 adalah 69,87 dengan persentase ketuntasan 43,75\% atau hanya 14 siswa yang tuntas. Terjadi peningkatan pada siklus 1 yaitu nilai rerata siswa menjadi 75,82 dengan persentase ketuntasan 68,75\% atau 22 siswa yang tuntas. Peningkatan nilai pada siklus 2 menjadi 81,13 dengan persentase ketuntasan 87,5\% atau 28 siswa yang tuntas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran bercerita dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar.}, author = {Sari, Alfina Rahma and Solihati, Nani} }