eprintid: 15454 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 3856 dir: disk0/00/01/54/54 datestamp: 2022-06-29 02:23:35 lastmod: 2022-06-29 02:23:35 status_changed: 2022-06-29 02:23:35 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Sabrina, Kamelia Intan creators_name: Pramudiani, Puri creators_id: Kameliaintan@gmail.com creators_id: puri.pramudiani@uhamka.ac.id creators_orcid: 0000-0002-9620-5283 title: Implementasi Kegiatan 15 Menit Membaca Sebelum Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SDN Sumur Batu 14 Pagi Jakarta Pusat ispublished: pub subjects: L subjects: Skripsi divisions: 86206 abstract: Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya budi pekerti terutama literasi di sekolah – sekolah, peneliti menyadari gerakan penumbuhan budi pekerti penting untuk dilakukan, maka melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 mendukung kegiatan ini. Upaya yang ditempuh guna mewujudkannya kegiatan pembiasaan membaca pada peserta didik. Pembiasaan ini dengan membaca buku 15 menit saat sebelum pembelajaran untuk membaca novel atau buku yang tidak hanya buku mata pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh minat membaca dengan Implementasi Permendikbud no.23 Tahun 2015 atau kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri Sumur Batu 14 Pagi Jakarta Pusat pada semester 1 tahun ajaran 2020-2021. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan beberapa siswa kelas V SDN Sumur Batu 14 Pagi yang berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner Google Form dan observasi. Kuesioner Google Form digunakan untuk mengumpulkan data minat membaca serta mengukur kemampuan membaca siswa. Observasi digunakan untuk mengumpulkan data, wawancara dan dokumentasi pendukung penelitian. Berdasarkan penelitian, diketahui hasil dari Implementasi Permendikbud Nomor 23 Tahun 2015 Terhadap Peningkatan Kemampuan Membaca di SDN Sumur Batu 14 Pagi sudah cukup baik. Hal ini ditunjukan dengan hasil kuesioner siswa, observasi, dan wawancara serta dokumentasi yang menunjukan bahwa sekolah SDN Sumur Batu 14 Pagi sudah cukup baik menerapkan Implementasi Permendikbud nomor 23 Tahun 2015 tentang kegiatan membaca 15 menit sebelum pembelajaran. date: 2020 date_type: completed full_text_status: public institution: Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka department: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan thesis_type: bachelor thesis_name: bphil referencetext: Ahyar, H., Andriani, H., & Sukmana, D. J. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif (Issue March). Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. Ardian, R. (2017). GERAKAN LITERASI SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI. Prosiding Seminar Nasional 20 Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang 25 November 2017, November, 188–192. Azra, A. (2001). Pendidikan Akhlak dan Budi Pekerti: Membangun Kembali Anak Bangsa. Jurnal Pendidikan Akhlak, 20(1), 25–29. Darmiyati, Z. (2007). Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca. Grasindo. Dr. H. Chaerul Rachman, M. P. (2005). Kepribadian Guru. Grafika, S. (2015). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta, 8. Haris, H. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jannah, B. P. dan L. M. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif. PT Raja Grafindo Persada. Kemendikbud. (2015a). Penumbuhan Budi Pekerti. https://www.kemdikbud.go.id/main/uploads/default/documents/7.pdf Kemendikbud. (2015b). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti. 1–8. Rohman. (2017). Membangun Budaya Membaca Pada Anak Melalui Program Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4, 151–174. Septiana, T. I., & Ibrohim, B. (2020). Berbagai Kegiatan Membaca untuk Memicu Budaya Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 41–54. Sugiarti, U. (n.d.). Pentingnya Pembinaan Kegiatan Membaca. Supratiknya. A. (2015). Metodologi Penelitian Kuantitatif & Kualitatif dalam Psikologi. citation: Sabrina, Kamelia Intan dan Pramudiani, Puri (2020) Implementasi Kegiatan 15 Menit Membaca Sebelum Pembelajaran Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa di SDN Sumur Batu 14 Pagi Jakarta Pusat. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. document_url: http://repository.uhamka.ac.id/id/eprint/15454/1/FKIP_PGSD_1601025235_KAMELIA%20INTAN%20SABRINA.pdf